Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kurap

By Admin | kesehatan

cara mencegah dan mengobati penyakit kurap

altundo.com Baik penyakit panu, kadas maupun kurap sejatinya masih satu keluarga. Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi akibat jamur tertentu yang ditandai dengan bentuk cincin kemerahan, bersisik, atau gurat-gurat panas pada kulit. Penyakit kurap memiliki nama medis tinea, penyakit ini biasanya sering menyerang kulit, rambut dan kuku.

Penyakit kurap memiliki beberapa jenis. Adapun beberapa bentuk dan jenis dari penyakit kurap tergantung menurut lokasinya. Namun, jenis yang paling umum yakni kurap pedis yang disebabkan lecet serta gatal di antara jari-jari kaki. Kemudian ada juga jenis yang lainnya, yaitu jenis kurap korparis, kurap ini berciri-cirikan gurat-gurat gatal pada tubuh yang melingkar dengan bagian tepi-tepi tampak menonjol. Terakhir jenis kurap krunis, kurap yang satu ini muncul karena disebabkan karena adanya daerah yang terinfeksi memerah serta gatal dan menyebar dari alat kelamin kea rah luar hingga bagian dalam paha. Jenis kurap ini biasanya sering menyerang pria. Adapun cara mencegah dan mengobati penyakit kurap ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang akan dibahas pada pembahasan dibawah ini.


Berikut beberapa cara mencegah dan mengobati penyakit kurap, diantaranya yaitu:

– Cara mencegah penyakit kurap

Untuk mencegah penyakit kurap juga hampir sama dengan penyakit panu dan kadas. Selain menjaga kebersihan dan berprilaku higienis, sangat dianjurkan untuk tidak bersentuhan langsung dengan penderita.

– Cara menggobati penyakit kurap

Untuk pengobatan secara medis sangat dianjurkan menggunakan obat-obatan antijamur dalam bentuk krim, salep, dan cairan pembersih. Namun jika infeksi telah menyebar luas atau menyerang rambut dan kuku sangat dianjurkan segera berkonsultasi ke dokter. Selain melalui pengobatan secara medis, penyakit kurap dapat juga diobati melalui pengobatan alami antara lain sebagai berikut:

 Siapkan 2 siung bawang putih, haluskan dan campur dengan minyak dari 3 butir kapsul vitamin E dan usapkan pada kulit yang terkena kurap sebanyak 3 kali dalam sehari.

 Haluskan 1 genggam daun kerepeng china segar dan tambahkan 1 sendok makan tawas/kapur sirih kemudian gosokkan kuat-kuat pada kulit. Lakukan 2 kali sehari.

 Tumbuk daun sirih dan kapur sirih secukupnya kemudian oleskan pada kulit yang terkena kurap.

 Siapkan daun jarak pagar segar secukupnya, panaskan di atas api hingga lemas dan remas-remas lalu tempelkan ke bagian kulit yang terkena kurap.


Related Pos :