Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Kudis

By Admin | kesehatan

cara mencegah dan mengatasi penyakit kudis

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit kudis? Mungkin itulah yang sering kali jadi pertanyaan bagi sebagian orang baik yang belum mengalaminya maupun yang sudah terserang dari penyakit ini. Namun sebelum kita membahas tentang beberapa cara mencegah dan mengatasi penyakit kudis alangkah baiknya, jika terlebih dahulu kita mengenal apa itu penyakit kudis?

Penyakit kudis merupakan salah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau sarcoptes scabiei yang bercirikan adanya keropeng, kebotakan, dan kegatalan pada kulit. Penyakit menular ini memiliki gejala awal gatal dan akan semakin gatal di waktu malam. Umumnya penyakit kudis menyerang pergelangan tangan, ketiak, pantat, kunci paha, dan celah jari tangan dan kaki. Selain itu, kudis biasanya sering menyerang mereka yang sering mengesampingkan budaya kebersihan.


Adapun beberapa cara mencegah dan mengatasi penyakit kudis dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini:

Cara mencegah agar terhindar dari penyakit kudis dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan selalu menjaga kebersihan lingkungan seperti mandi minimal 2 kali sehari, mengenakan pakaian yang terjaga kebersihannya, dan sebagainya.

Untuk penanganan/mengatasi penyakit kudis dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan antara lain sebagai berikut:

 Rebus 5 lembar daun sendok segar dan 7 lembar daun sambiloto dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu sampai tersisa 1 gelas saja. Saring ramuan yang sudah direbus kemudian diminum penderita.

 Rebus 30 gram daun ingu dalam 1 liter air mendidih dan dinginkan. Cuci luka dengan air rebusan yang telah dingin.

 Tumbuk kulit batang kenanga secukupnya hingga halus dan tempelkan ke bagian yang terkena kudis.

 Cuci dan tumbuk 3 jari batang brotowali dan belerang (sebesar kemiri) hingga halus, kemudian remas dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan hasil remasan ke kulit yang terkena kudis, lakukan 2 kali sehari.

 Cuci dan tumbuk halus 50 gram bunga kenanga dan tambahkan 20 cc menyak goreng, lalu panaskan sebentar. Setelah dingin, oleskan minyak tersebut pada area kulit yang terkena luka akibat kudis.


Related Pos :