Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Kadas Pada kulit

By Admin | kesehatan

cara mencegah dan mengatasi penyakit kadas

Penyakit kadas hampir serupa dengan panu, kadas juga muncul akibat infeksi jamur pada kulit. kadas biasanya sering muncul di kulit, kuku, lipatan lengan, lipatan paha, dan kaki. Kadas timbul akibat kebiasaan yang tak sehat seperti kurang menjaga kebersihan badan dan pakaian. Kadas memiliki gejala-gejala seperti, munculnya bintik-bintik yang disertai perubahan warna kulit agak kemerahan, gejala lainnya yaitu terasa sangat gatal dan jika digaruk akan terasa enak, tetapi setelah itu akan terasa perih dan gatal. Maka, mencegah dan mengatasi penyakit ini adalah jalan terbaik yang harus diambil. Namun, bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit kadas pada kulit? Dan jawabannya ada pada pembahasan kali.

Berikut beberapa penjelasan singkat tentang cara mencegah dan mengatasi penyakit kadas pada kulit:


– Tahap pencegahan

Melakukan pencegahan terhadap penyakit kadas hampir sama dengan penanganan panu, yaitu dengan :

 Selalu menjaga kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari.

 Selalu mengeringkan handuk yang basah setelah digunakan, agar pada saat menggunakannya lagi, dapat terhindar dari jamur yang bisa saja tumbuh pada handuk yang basah.

 Hindari juga kebiasaan berbagi handuk dan pakaian kepada orang lain, dan usahkan agar selalu rutin mencuci/mengganti handuk.

 Sesegera mungkin mengganti pakaian dengan yang kering dan yang bersih setiap kali melakukan aktivitas yang menyebabkan munculnya keringat berlebih.

 Membiasakan rajin mengelap keringat.

 Tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain khususnya penderita. Seperti sabun, handuk, sepatu, sandal dan lainnya.

 Selalu menggunakan alas kaki pada saat berada di tempat atau lokasi lembap.

 Setelah selesai berenang segera mandi dengan sabun antiseptik.

– Tahap penanganan/mengatasi

Adapun cara penanganan/ cara mengatasi penyakit kadas ini yaitu dengan tidak menggaruk bagian kulit tubuh yang terkena penyait. Olesi dengan krim atau sampho anti jamur. Namun, jika kadas masih juga membandel dan menjangkit pada area kuku, segera memeriksakan kedokter.

Anda pun dapat memanfaatkan bahan alami seperti bawang putih dalam mengatasi penyakit kadas ini. Sebab, antifungus yang dikandung bawang putih dipercaya sanggup memberantas jamur karena mengandung zat sulfur. Namun, saat memakai ramuan bawang putih, kulit akan terasa panas dan pedas. Cara pengobatannya, siapkan 1 siung bawang putih,kemudian tumbuk bawang putih tersebut secara halus dengan ketepeng cina dan laos. Dan setelah itu, oleskan ramuan yang telah dihaluskan ke kulit yang terkena kadas secara teratur, lakukan setiap kali selesai mandi. Semoga membantu!


Related Pos :