Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Kapalan

By Admin | kesehatan

cara ampuh mencegah dan mengatasi kapalan
Kapalan merupakan suatu kondisi di mana lapisan kulit mengeras dan menebal akibat sebuah tekanan dan gesekan yang terjadi terus menerus. Pada umumnya kapalan sering muncul pada bagian tumut dan jari kaki, telapak dan buku jari tangan. Kapalan berbentuk datar dengan penebalan kulit namun tidak menyebabkan sakit bila ditekan. Sebaliknya mata ikan memiliki tonjolan di tengah dan akan terasa sakit bila ditekan.

Penyebab utama kapalan yaitu adanya proses gesekan dan tekanan yang terjadi secara terus menerus. Misalkan saja tekanan yang terjadi akibat sepatu yang terlalu kekecilan, kebiasaan cara berjalan yang salah, atau gesekan terus menerus dengan suatu benda. Cara ampuh mencegah dan mengatasi kapalan pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit jika Anda ingin menerapkannya.

Berikut beberapa cara ampuh mencegah dan mengatasi kapalan, diantaranya:


Kapalan dapat Anda cegah dan atasi dengan beberapa tindakkan seperti di bawah ini:

 Memilih dan memakai sepatu yang memiliki ukuran pas dan cocok pada kaki serta memiliki ujung yang cukup lebar sehingga jari-jari kaki lebih leluasa bergerak dan tidak terjadinya gesekan dan tekanan yang dapat menyebabkan terjadinya kapalan.

 Istirahat secara berkala selama menggunakan, mengenggam, atau memakai alat berat rutin tiap harinya.

 Selalu menggunakan lotion atau krim dan pelembab pada bagian yang rentan terkena kapalan untuk menghaluskan kulit.

 Rendam kaki kapalan dengan air hangat yang telah dicampur dengan sabun lembut, diamkan selama lebih kurang 15 menit dan gosok dengan batu apung secara perlahan untuk menipiskan penebalan kulit.

 Kapalan juga dapat diatasi lewat penanganan medis menggunakan kasa atau plester khusus dan memakai krim pelunak kapalan. Namun perlu diingat, sebelum menggunakan krim ini, gosok terlebih dahulu dengan batu apung. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kulit.

 Dan kapalan juga dapat diatasi dengan pengobatan secara herbal, berikut beberapa ramuannya:

• Getah kamboja: teteskan getah kamboja secukupnya ke kulit yang terkena kapalan. Lakukan ini tiap hari hingga sembuh.

• Buah pepaya muda: potong-potong buah pepaya muda secukupnya dan oleskan getahnya pada bagian kulit yang kapalan.

• Dahan dan ranting patah tulang: cuci bersih ½ kg dahan dan ranting patah tulang, potong-potong, rebus dengan 4 liter air bersih hingga tersisa 2 liter. Gunakan air rebusan tersebut selagi hangat untuk merendam bagian kulit yang kapalan selama 30 menit.

Semoga beberapa uraian singkat tentang cara ampuh mencegah dan mengatasi kapalan diatas dapat bermanfaat bagi semua terutama bagi Anda yang terkena kapalan, semoga membantu!


Related Pos :