Cara menangani dan mengatasi luka memar secara tepat dan aman

By Admin | kesehatan

cara menangani dan mengatasi luka memar secara tepat dan aman

Luka memar merupakan salah satu luka yang terjadi akibat pendarahan dalam jaringan kulit. Luka ini disebabkan oleh cidera (kontusio) yang sejatinya tidak terlalu serius dan bakal sembuh. Namun meskipun tergolong luka yang tidak terlalu serius, tidak ada salahnya jika mengetahui beberapa cara menangani dan mengatasi luka memar secara tepat dan aman melalui pembahasan pada artikel kali ini. Lebih-lebih lagi jika luka memar terjadi pada bagian kepala bisa saja memiliki cidera yang lebih berbahaya di bagian dalam. Seperti tulang kepala retak atau terjadi pendarahan di bagian otak. Luka memar terjadi akibat benturan atau pukulan benda tumpul secara keras.

Cara menangani dan mengobati luka memar secara tepat dan aman dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut:


– Pertolongan pertama

Cara menangani luka memar pada pertolongan pertama dapat dilakukan dengan cara mengompres bagian luka memar dengan menggunakan es atau air. Kapan perlu jika dibutuhkan beri balutan pada bagian yang mengalami luka memar tersebut dengan disertai penekanan. Terkadang juga luka memar dapat menimbulkan bengkak, dan hal ini bisa disusutkan dengan menggunakan salep lasonil atau sejenisnya.

Selain dengan cara pertolongan pertama seperti di atas, luka memar dapat juga disembuhkan atau diatasi dengan menggunakan pengobatan herbal seperti berikut ini:

• Siapkan bawang merah besar beserta akar-akarnya, tumbuk dengan jahe dan kencur secukupnya hingga halus. Kemudian, setelah ketiganya telah halus tempelkan ramuan tersebut pada bagian kulit tubuh yang mengalami luka memar. Untuk lebih meresap, gunakan kain perban untuk menempelkannya.

• Ramuan herbal yang terbuat dari daun ki tolod, adapun cara membuat ramuan ini, yaitu pertama cuci bersih daun ki tolod secukupnya lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan ke luka memar kemudian balut dengan kain bersih. Ganti balutan tiap 2-3 kali sehari.

• Ramuan herbal yang terbuat dari daun komfrey, cara pembuatan dengan menyiapkan 4 lembar daun komprey yang masih segar, cuci bersih, kemudian rebus daun komfrey tersebut dengan 4 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 3 gelas. Ramuan ini dapat Anda minum sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing 1 gelas.


Related Pos :