Cara Memulai Bisnis Jualan Buku yang Cukup Menjanjikan

By Admin | bisnis

cara memulai bisnis jualan buku

Peluang bisnis jualan buku memang cukup menjanjikan dan bisa dilakukan siapapun. Adapun cara memulai bisnis, hambatan bisnis dan strateginya akan penuliskan jelaskan dibawah. Keberhasilan beberapa negara maju tidak dapat dipisahkan dari minat baca masyarakatnya yang tinggi. Tidak heran kalau di sana, penjualan buku begitu dinamis dan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Wajar saja kalau pada akhirnya profesi sebagai penulis buku begitu menjanjikan.

Di Indonesia akhir-akhir ini, terjadi peningkatan daya beli dan baca buku masyarakat yang menggembirakan. Jadi, meskipun terjadi krisis global dan bahan dasar produksi meningkat, bisnis buku tidak kehilangan pelanggan. Krisis Global yang membuat banyak orang stress dan kebingungan, justru membuat banyak orang melirik buku sebagai obat penenang. Melihat kenyataan seperti ini, sangat tepat jika anda mengambil bisnis di bidang perbukuan karena prospeknya terlihat cerah.


#I. Cara Memulai Bisnis Jualan Buku

Bagaimana cara memulai bisnis jualan buku? Bila anda ingin berbisnis sebagai pedagang buku ada beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

– Sediakan modal awal secukupnya. Tidak perlu banyak tetapi tepat sasaran dalam penggunaan.

– Mencari informasi dan menguatkan jaringan untuk mendapatkan barang dagangan, buku dengan harga miring. Dalam hal ini, Anda bisa mengambil buku langsung dari penerbit atau dari distributor besar. Tapi untuk pedagang buku pemula disarankan mendatangi distributor buku terdekat karena kalau mendatangi penerbit langsung biasanya akan mengalami sedikit kesulitan. Apalagi untuk wajah-wajah baru, mereka biasanya hanya melayani pembelian cash dalam jumlah banyak. Prosedur yang harus dilalui pun sedikit ribet, tidak seperti distributor yang biasanya lebih longgar dan fleksibel aturannya. Di tempat distributor pun anda bisa menemukan produk yang lebih variatif dari berbagai sumber. Seperti di Bandung ada Palasari, Pasar senen di Jakarta dan Shoping di Jogja.

– Mencari tempat-tempat strategis untuk berjualan. Misalnya, lingkungan Universitas, bazar, majelis taklim dan lain sebagainya. Untuk di wilayah Bandung anda bisa mencoba keberuntungan di Masjid Raya Bandung, di selasar Masjid Salman, Jalan dewi Sartika, Jalan Cikapundung dan lain-lain.

– Selanjutnya membuat list buku-buku yang sekiranya akan dibeli dan laku di pasaran. Untuk mengetahui suatu buku itu akan cepat laku atau tida, anda bisa melihat tren buku yang sedang digandrungi.

– Memajang buku-buku yang ada secantik dan semenarik mungkin sehingga banyak yang tertarik untuk membeli.

– Khusus untuk produk Buku tidak disarankan berjualan ditempat-tempat keramaian lain seperti lapangan tempat orang berolahraga, disana peminatnya kurang karena orang kebanyakan hanya refresing dan berolahraga.

#II. Hambatan Bisnis yang Mungkin di Hadapi

Dalam berbisnis hambatan akan selalu ada, pada bisnis buku hambatan yang umum terjadi adalah banyaknya pesaing. Di Kota Bandung saja misalnya sudah ada Pasar Palasari yang sudah sangat terkenal murah dan lengkap. Begitu pula dengan toko-toko menengah keatas seperti Tobucil atau Togamas. Begitu pula dengan pedagang-pedagang buku kulakan yang sering anda lihat dipelataran masjid atau pertokoan.

Tidak bisa dipungkiri juga buku pun mengalami musim. Pada awal pelajaran atau masuk sekolah buku-buku akan diserbu pembeli. Begitu pula jika ada buku yang memang sudah ditunggu-tunggu pembeli. Sebaliknya, ada pula musim di mana tidak adanya pembeli yang datang. Untuk itulah anda harus jeli melihat strategi agar penjualan buku bisa berlangsung secara normal.

Baca juga: Bisnis Sampingan Modal Kecil di Rumah

#III. Strategis Pasar Bisnis Buku

Ada beberapa strategi pemasaran dalam penjualan buku yang dirangkum mengambil dari pengalaman beberapa orang yang telah lebih dulu menekuni bisnis ini.

– Membangun dan menjaga kepercayaan yang baik dengan penerbit atau distributor yang bekerja sama, juga kepada konsumen.

– Memberi peluang bagi konsumen untuk membaca buku gratis di kios kita.

– Bagi penjual buku yang berjualan didekat kampus, beriklan untuk majalah kampus atau buletin internal kampus bisa dilakukan dan membuat pamflet yang disebar di sekitar toko atau di dalam kampus. Hal ini dilakukan karena mayoritas pembeli di tempat seperti ini adalah mahasiswa dari kampus terdekat.

– Strategi penetapan harga. Menawarkan diskon kepada konsumen terbukri mampu membuat bisnis ini lebih cepat berkembang karena modal cepat kembali dan perputaran bisnis lancar daripada memasang harga tinggi, meski keuntungan besar tetapi perputaran bisnis lambat.

– Membeli buku lebih banyak dari penerbit dengan sistem cash terutama untuk buku-buku yang memiliki peluang penjualan bagus.

– Mengikuti berbagai pameran buku atau bazar.

– Mencatat kebutuhan pembeli bila koleksi buku tidak ada, bahkan bisa memesan bila mereka membutuhkan.

#IV. Analisis Bisnis Buku

Modal awal:
Terpal untuk lapak =========================> Rp 300.000,-
Troli ======================================> Rp 500.000,-
———————————————————-
Jumlah total ===============================> Rp 800.000,-

Peralatan mengalami penyusutan selama 1 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,- dengan menggunakan metode garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 800.000-Rp 1.000): 1 = Rp 799.000,- per tahun atau sama dengan Rp 66.583,- per bulan.

Perlengkapan :
Kardus ==============================> Rp 100.000,-
Lakban ==============================> Rp 30.000,-
Label ===============================> Rp 50.000,-
Kantong plastik =====================> Rp 100.000,-
Alat tulis ==========================> Rp 20.000,-
————————————————–
Jumlah total ========================> Rp 300.000,-

Barang dagangan :
Buku ================================> Rp 5.000.000,-

Asumsi diskon yang diterima dari agen 40% karena pembelian cash maka harga pokok pembelian buku tersebut kurang lebih 3 jutaan.

Perhitungan Laba/Rugi per bulan:
Pendapatan penjualan barang dagangan ===> Rp 5.000.000,-
Diskon 10% (untuk konsumen) ============> Rp 500.000,-
——————————————————-
Laba kotor =============================> Rp 4.500.000,-

Biaya-biaya pengeluaran:
Harga pokok buku =======================> Rp 3.000.000,-
Biaya perlengkapan =====================> Rp 300.000,-
Biaya transportasi =====================> Rp 100.000,-
Biaya retribusi ========================> Rp 60.000,-
Biaya penyusutan =======================> Rp 66.583,-
Biaya lain-lain ========================> Rp 50.000,-
——————————————————
Jumlah biaya ===========================> Rp 3.576.583,-
——————————————————-
Laba Bersih ============================> Rp 923.417.00

Baca juga: Analisis Bisnis Gas Elpiji

Selain menggunakan modal untuk memulai bisnis ini anda juga bisa bermodal kemauan saja. Caranya, Anda membangun hubungan kepercayaan dengan distributor buku, kemudian anda memasarkan buku dari distributor tersebut. Anda dapat memperoleh sekitar 10% dari keuntungan penjualan buku. menarik bukan?

Contoh beberapa aturan yang ada pada distributor yang membuka kerja sama penjualan buku oleh orang lain.

– Bisa free tanpa uang jaminan yaitu untuk kegiatan dakwah. Misalnya sebuah masjid yang ingin menambah pemasukan untuk perawatan masjid atau agar masjid tersebut dilingkupi ilmu, mereka ingin berjualan buku di dekat masjid. Bila benar-benar serius dan bisa dipertanggung jawabkan, pengurus DKM masjid tersebut bisa mengambil dulu buku untuk jualan di masjid tersebut tanpa uang jaminan. Asal laporannya lancar, biasanya mereka bisa bertahan sekitar 2-3 tahun. sampai pergantian pengurus masjid.

– Menyimpan dana minimal 50% dari nominal buku yang diambil. Biasanya untuk toko buku yang memang murni untuk bisnis.

– Bisa tanpa uang jaminan asal meninggalkan ktp asli. Biasanya untuk pameran, berjualan di majelis taklim, seminar-seminar mahasiswa dan lain-lain. Baik dilakukan perorangan atau oleh organisasi mahasiswa. Untuk diskon di setiap bukunya sekitar 10-25%.

Nah, setelah anda membaca penjelasan peluang bisnis buku diatas, apakah anda tertarik untuk jualan buku? Jika anda tertarik silahkan pelajari dan pahami lebih dalam mengenai bisnis ini sehingga anda tidak mengalami kesulitan ketika ada masalah.


tags: , , ,

Related Pos :