Cara Aman Mengobati Bagian Tubuh Yang Terluka Akibat Luka Sayatan

By Admin | kesehatan

cara aman mengobati bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan

Luka tersayat atau yang biasa dikenal dengan sebutan luka teriris merupakan suatu jenis luka yang diakibatkan oleh sayatan, goresan atau irisan benda runcing atau benda yang tajam. Sedangkan untuk jenis dan tipe bagian tubuh yang terluka akibat sayatan tersebut dapat diketahui tergantung dengan seberapa dalam dan lebar sayatan atau irisan yang ada.

Adapun cara aman mengobati bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan tersebut dapat dilakukan dengan berberapa cara, diantaranya yaitu sebagai berikut:


– Untuk penanganan atau pengobatan bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan yang yang sudah parah, disarankan agar sesegera mungkin untuk dibawah ke rumah sakit, ini bertujuan untuk memperoleh perawatan dokter ahli. Karena biasanya jika luka sayatan yang sudah terlalu parah embutuhkan jahitan untuk menutup luka yang tersayat.

– sedangkan untuk bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan yang masih tergolong ringan, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan antiseptic pada bagian kulit tubuh yang terluka, ini sebagai pertolongan pertama.

– Mengobati bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan ramuan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, diantaranya sebagai berikut:

• Anda dapat memanfaatkan batang brotowali, dengan cara direbus secukupnya dan kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian kulit tubuh yang terluka.

• Selain batang brotowali, Anda juga dapat memanfaatkan daunnya, tumbuk daun brotowali hingga halus dan tempelkan pada bagian kulit tubuh yang terluka. Ganti ramuan tiap 2 kali sehari.

• Memanfaatkan kunyit, dengan cara menaburi bagian kulit tubuh yang tersayat dengan kunyit yang sudah dihaluskan sebelumnya (kunyit bubuk). Kunyit telah terbukti mampu menyembuhkan luka dengan tanpa meninggalkan bekas.

• Memanfaatkan lendir lidah buaya dengan bawang putih, tumbuk hingga halus kedua bahan herbal tersebut, kemudian campurkan keduanya dan tempelkan ke luka yang tersayat.

• Memanfaatkan bonggol pisang, dengan cara bersihkan bonggol pisang tersebut, kemudian tumbuk dan tempelkan kebagian kulit tubuh yang terluka akibat luka sayatan.

Itulah beberapa cara aman mengobati bagian tubuh yang terluka akibat luka sayatan, dan semoga apa yang telah ditulis dapat membawa kesembuhan bagi Anda yang terkena luka sayatan.

 


Related Pos :