Cara Aman mengobati bagian tubuh yang mengalami luka bakar

By Admin | kesehatan

cara aman mengobati bagian tubuh yang mengalami luka bakar

Luka bakar biasanya terjadi akibat beberapa faktor. Seperti cairan (air, uap, minyak), benda-benda panas (setrika, peralatan masak), terkena api langsung atau listrik. Cairan umumnya mengakibatkan luka bakar di permukaan kulit yang tak dalam namun luas. Sedangkan benda panas dan api dapat menyebabkan luka bakar yang lebih dalam dan hebat namun tidak luas. Akibat luka ini, jaringan kulit menjadi rusak akibat pemanasan yang berlebihan.

Berdasarkan derajat luka, umumnya luka dibagi dalam tiga tingkatan, diantaranya:


1. Stadium ke-1 dengan ciri kulit berwarna merah, kering, dan dengan rasa agak pedih.

2. Stadium ke-2 dengan ciri sama, kulit berwarna merah dan kering namun lembap dan terkadang melepuh.

3. Stadium ke-3 dengan ciri berwarna kuning putih, tak nyeri sebab ujung saraf kulit ari telah hilang terbakar Bila terjadi luka bakar hebat maka muncul bercak-bercak hitam.

Setelah mengetahui beberapa tinggkatan luka bakar tersebut, sekarang yang menjadi pertannyaanya bagaimana cara aman mengobati bagian tubuh yang mengalami luka bakar tersebut?

Cara aman mengobati bagian tubuh yang mengalami luka bakar tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini:
– Untuk luka bakar stadium ke-1 dengan lepuh biarkan utuh tanpa kasa selama 24 jam serta jangan gunakan salep atau krim sebab memiliki risiko infeksi meningkat.

– Untuk luka bakar stadium ke-2 dengan lepuh, bisa dipecahkan dengan tusukan jarum yang telah disterilkan dengan api kemudian bersihkan di bawah air mengalir. Olesi dengan salep antiseptik dan tutup dengan kain steril.

– Untuk luka bakar stadium ke-3 biasanya mengancam nyawa sehingga harus segera dibawa ke rumah sakit . pertolongan pertama untuk luka bakar ringan yakni dengan membersihkan dan mendinginkannya di bawah air mengalir (kran air) minimal 10 menit hingga nyeri hilang jangan dinginkan dengan es batu sebab dapat merusak jaringan lebih lanjut.

– Selain itu penanganan luka bakar bisa juga melalui cara atau pengobatan tradisional dan herbal sebagai berikut:

• Luka bakar stadium ke-1 dapat diatasi dengan menutup luka bakar menggunakan rebusan kulit kentang. Luka akan sembuh berkat zat-zat tertentu yang terkandung di bawah kulit kentang.

• Cara lainnya dengan menggunakan getah tumbuhan lidah buaya. Setelah 2-3 hari setelah luka bakar, gunakan getah lidah buaya untuk menghilangkan rasa nyeri.

• Cuci lalu parut umbi bidara secukupnya dan taburkan pada luka bakar. Bila perlu, buat parutan dalam porsi banyak dan taburkan kemudian balut dengan perban.

• Siapkan akar jombang 1 pohon dan tumbuk lalu peras airnya. Gunakan perasan air tersebut untuk mengolesi luka bakar.

Related Pos :