Cara Alami Mengatasi Rasa Nyeri Pada Saat Menstruasi

By Admin | kesehatan

cara alami mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan perubahan psikologis dalam tubuh wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Setiap wanita yang normal dan sehat yang sedang tidak hamil dan belum menopause akan mendapatkan menstruasi pada setiap bulannya. Namun, sebagian dari mereka tersebut, ada juga yang mengalami rasa sakit/nyeri pada saat menstruasi, dan hal ini menjadikan keluhan bagi mereka. Rasa nyeri pada saat menstruasi ini bisa saja membuat si penderita tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, karena menahan rasa sakit yang terlalu berlebihan.

Untuk itulah kami menghadirkan artikel ini, yaitu beberapa cara alami mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi. Setelah membaca artikel ini, semoga saja dapat membantu keluhan bagi Anda yang menderita rasa nyeri pada saat menstruasi.
Berikut beberapa cara alami mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi yang dapat Anda coba dan rasakan manfaatnya, diantaranya:


 Pijatlah daerah perut secara perlahan

 Tempelkan botol berisi air panas pada daerah perut yang akan mengurangi rasa nyeri/sakit

 Dianjurkan juga agar melakukan olahraga ringan pada saat haid, hal ini berfungsi agar melancarkan aliran darah pada sekitar otot rahim sehingga rasa nyeri pun berkurang.

 Anda juga dapat menggunakan beberapa tumbuhan alami untuk mengobati rasa sakit pada saat menstruasi seperti berikut ini, diantaranya:

• Siantan/soka

Bagian yang digunakan adalah bunganya, berkhasiat dapat meredakan rasa sakit, mengecilkan bekuan darah, dan melancarkan sirkulasi.

• Temulawak

Bagian yang digunakan adalah rimpangnya, berkhasiat sebagai peluruh haid, anti radang, hepatiprotektor dll.

• Teki

Bagian yang digunakan adalah umbinya, berkhasiat untuk menormalkan siklus haid, menghilangkan rasa sakit, melancarkan vital energi. Dan tumbuhan ini juga merupakan salah satu tumbuhan penting yang dapat digunakan untuk penyakit-penyakit pada wanita.

• Daun hia

Gunakanlah seluruh dari bagian tumbuhan ini, berkhasiat dapat menghilangkan rasa sakit, melancarkan peredaran darah dan mengatur menstruasi.

• Ginjean

Bagian yang digunakan adalah seluruh dari bagian tumbuhan berkhasiat melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid dan menghilangkan pembengkakan.

• Daun dewa

Gunakanlah seluruh bagian dari tumbuhan ini, tumbuhan ini dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah dan mencairkan bekuan darah.

• Mawar

Bagian yang digunakan adalah bunganya, berkhasiat melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang dan menghilangkan bengkak.

Cara membuat ramuan:

– Ramuan pertama: siapkan 15-30 gram daun dewa segar dan 20 gram kunyit. Cuci kedua bahan hingga bersih, kemudian rebus dengan 600 cc air, tunggu hingga air berkurang menjadi 300 cc. angkat dan saring airnya. Usahakan minum 2 kali sehari.

– Ramuan kedua: 30 gram temu lawak, 30 gram temu hitam, 20 gram asam jawa, gula aren secukupnya. Setelah itu cuci bahan-bahan kecuali gula aren, dan rebus semua bahan dengan menggunakan air 600 cc tunggu hingga tersisa 200 cc, saring dan minum.

– Ramuan ketiga: 3 kuntum bunga mawar merah, 2 kuntum bunga soka, 15 gram bunga bugenvil. Cucilah dan rebus bahan-bahan dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, saring airnya dan minum 2 kali sehari.

– Ramuan keempat: siapkan daun ginjean kering, 10 gram umbi rumput teki kering. Cuci dan rebuslah dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc. saring airnya dan minum 2 kali sehari.

– Ramuan terakhir: siapkan 30 gram daun hia segar atau 15 gram daun hia kering. Rebuslah dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. saring airnya dan minum.

Itulah beberapa cara alami mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi yang dapat langsung Anda coba sekarang juga. Semoga membantu!

Related Pos :