Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Kutil

By Admin | kesehatan

cara alami mencegah dan mengatasi kutil

Kutil merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan peningkatan pertumbuhan jaringan kulit lokal. Dalam bahasa medis kutil disebut veruka, suatu kondisi pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Virus HPV merupakan salah satu virus yang menyebabkan kanker rahim. Namun sebagian kutil tak akan menjadi ganas seperti kanker serta tak berbahaya. Virus HPV akan menyebabkan keratin, protein keras di lapisan atas kulit (epidermis). Tetapi kutil kadang dapat menjadi ganas menginfeksi rahim, leher rahim, penis, serta jenis kutil tertentu.

Menurut pertumbuhannya, penyakit kutil dibedakan menjadi empat tipe, diantara sebagai berikut:


1. Kutil plantaris, kutil yang muncul di telapak kaki.

2. Kutil filiformis, kutil yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher, dan bibir.

3. Kutil datar, kutil ini umumnya tumbuh di dalam sebuah kelompok bintik-bintik halus berwarna kuning cokelat di wajah. Kutil ini menyerang anak-anak dan orang orang dewasa muda.

4. Kutil genitalis, kutil ini muncul dan ditemukan di area lembap seperti kemaluan.

Adapun cara alami mencegah dan mengatasi kutil dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

 Mencegah

Dalam melakukan pencegahan agar tidak terkena dan tertular oleh penyakit kutil, penderita dan calon sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal-hal berikut:

– jangan sekali-kali memegang atau menyentuh permukaan benda yang telah disentuh penderita baik itu secara langsung maupun intim.

– Jika mengalami luka parut atau luka ringan, disarankan agar tidak sampai tersentuh oleh si penderita. Kutil sangat mudah menular di jenis luka tersebut.

– Sedangkan bagi penderita kutil, disarankan agar tidak mengutak-atik (menyikat, menjepit, menyisir, mencukur, dan lain-lain) kulit yang terkena kulit. Sebab tindakan itu justru akan mengakibatkan kutil gampang menyebar ke bagian tubuh (kutil) lain.

– Kutil biasanya suka tumbuh pada area yang lembap, karena itulah disarankan bagi Anda agar selalu menjaga kebersihan tubuh terutama pada area tangan. Usahakan juga agar selalu mencuci tangan setiap kali selesai memegang sesuatu dan usahakan tetap kering.

– Biasakan setelah menyentuh kulit agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan bersih.

– Segera obati luka parut atau luka ringan dengan air hangat dan sabun kemudian keringkan.

 Penanganan/cara mengatasi

Kutil memang bisa hilang sendiri dalam jangka waktu tertentu, namun ada pula yang memerlukan penanganan khusus. Cara mengatasi/pengobatan kutil disesuaikan dengan jenis dan lokasinya serta berapa lama kutil tersebut tumbuh. Cara mengatasi kutil selain konsultasi ke dokter, dapat juga dilakukan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan herbal dengan tindakan seperti berikut:

– Siapkan 1 siung bawang putih, tumbuk halus dan oleskan ke permukaan kulit yang terkena kutil dan balut dengan perban. Lakukan ini secara teratur hingga sembuh. Saat diobati kutil akan terasa panas namun menunjukan perubahan dari yang mulanya kasar akan menjadi lembut dan empuk. Cara lain dengan menyiapkan 1 siung bawang putih, potong dan oleskan ke kulit yang berkutil.

– Rendam 1 irisan bawang merah dalam larutan cuka. Tempelkan irisan bawang merah pada kutil dan lekatkan dengan plester. Untuk hasil yang lebih baik diamkan selama 2 hari.

– Siapkan getah kamboja secukupnya, teteskan getah kamboja pada kutil. Lakukan secara teratur tiap hari.

– Oleskan getah buah papaya muda pada kutil dan lakukan ini secara teratur setiap hari.

Itu beberapa cara alami mencegah dan mengatasi kutil yang dapat Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Related Pos :