Candi Abang, Wisata Candi di Bukit Teletubies

Berada tak jauh dari Candi Barong, Candi Abang bisa menjadi salah satu alternatif wisata candi jika kamu berkunjung ke kota pelajar, Yogyakarta. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kota indah ini menyimpan berbagai sejarah yang sangat menarik untuk digali.

Candi Abang, Wisata Candi di Bukit Teletubies

Salah satu cara yang menyenangkan untuk mempelajari sejarah ini adalah dengan wisata candi. Diantara banyak candi yang tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta, candi yang berada di Berbah, Sleman ini bisa menjadi pilihan yang menarik.


Alamat dan Akses ke Candi Abang

Lokasi Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk mencapai candi ini bisa mengambil jalur ke Candi Prambanan. Setelah sampai di pasar Prambanan bisa ambi jalur ke arah piyungan. Untuk lebih jelasnya silahkan liat peta dibawah:

Candi ini diperkirakan di bangun pada abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Salah satu hal yang menjadikan wisata liburan di Candi Abang ini menarik adalah banyaknya bukit atau gundukan tanah yang ditumbuhi rerumputan hijau. Ini membuat candi ini dari jauh nampak seperti bukit Teletubies. Karena gundukan bukit kecil inilah, candi yang berupa segi empat dengan ukuran 36 m x 34 meter ini sedikit banyak menarik perhatian beberapa pelancong.

Saat pertama kali ditemukan, dalam Candi Abang ini terdapat arca dan alas yoni lambing dewa Siwa yang berbentuk segi delapan. Meskipun keutuhan candi ini tidak lagi sempurna, bukan berarti keindahan dan keunikan candi ini ikut sirna.

Candi yang berbentuk seperti piramida ini masih berdiri kokoh di puncak bukit hijau yang sedap di pandang. Dikarenakan letaknya yang berada di atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan petak-petak sawah yang menyejukkan mata dari atas puncak candi. Selain itu, pemandangan Gunung Merapi juga bisa dinikmati dari tempat ini. Nah, jika cuaca cerah, kamu juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di area candi ini.

Untuk mencapai obyek wisata Candi Abang ini, kamu perlu usaha yang sedikit lebih keras dikarenakan tidak banyak orang yang mengetahui jalan menuju candi ini. Bagi para turis luar kota Yogyakarta, ada baiknya jika membawa teman atau tour guide yang sudah hafal jalur menuju ke candi ini. Hal ini dikarenakan candi ini memang tak terlalu terkenal jika di bandingkan dengan candi-candi lain di daerah Sleman, seperti candi Prambanan dan Candi Ratu Boko yang namanya sudah tersohor di kalangan pelancong.

Ada beberapa tips juga untuk kamu yang ingin berwisata ke Candi Abang ini. Dikarenakan akses jalan yang terbilang tidak terlalu lebar, ada baiknya untuk menggunakan sepeda atau sepeda motor untuk mencapai obyek wisata ini. Buat kamu yang memang hobi bersepeda, merencanakan liburan dan bersepeda ke candi ini bisa menjadi alternatif liburan yang dijamin tak akan mengecewakan. Menarik untuk di coba, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *