Arti Hijrah dan Tujuan Rasululah Saw dan Umat Islam Berhijrah

By Admin | pengertian

arti hijrah dan tujuan Nabi Muhammad Saw dan umat Islam berhijrah

Setidaknya ada dua macam arti hijrah yang harus diketahui umat Islam. Pertama, hijrah berarti meninggalkan semua perbuatan yang dilarang dan yang dimurkai oleh Allah Swt untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, yang disuruh Allah Swt dan di ridhai-Nya. Contohnya, semula siswa itu malas mengerjakan shalat lima waktu dan malas belajar. Kemudian dia membuang jauh sifat malasnya itu, sehingga ia menjadi siswa yang berdisiplin dalam shalat lima waktu dan rajin dalam menuntut ilmu. Arti hijrah dalam pengertian pertama ini wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Rasulullah Saw bersabda:

“Orang yang berhijrah itu ialah orang yang meninggalkan segala apa yang dilarang Allah Swt.” (H.R. Bukhari)


Arti kedua dari hijrah ialah berpindah dari suatu negeri kafir (non muslim), karena dinegeri itu umat Islam selalu mendapat tekanan, ancaman dan kekerasan, sehingga tidak memiliki kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. Kemudian umat Islam di negeri kafir itu, berpindah kenegeri Islam agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah dan beribadah.

Arti kedua dari hijrah ini pernah dipraktikkan oleh Rasulullah Saw dan umat Islam, yakni berhijrah dari Mekkah ke Yarsib pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun pertama hijrah, bertepatan dengan tanggal 28 Juni 622 M.

Adapun tujuan dari hijrahnya Rasulullah Saw dan umat Islam dari Mekkah (negeri kafir) ke Yarsib (negeri Islam) adalah, sebagai berikut:

• Yang pertama, beliau hendak menyelamatkan diri dan umat Islam dari tekanan, ancaman, dan kekerasan kaum kafir Quraisy. Bahkan pada waktu Rasulullah Saw meninggalkan rumahnya di Mekkah untuk berhijrah ke Yarsib (Madinah), rumah beliau sudah dikepung oleh kaum kafir Quraisy dengan maksud untuk membunuh beliau.

• Dan yang kedua bertujuan agar beliau memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah, sehingga dapat meningkatkan usaha-usahanya dalam berjihad dijalan Allah Swt, untuk menegakkan dan meninggikan agama-Nya (Islam). Allah berfirman:

“Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka didunia. Dan sesungguhnya pahala diakherat adalah lebih besar kalau Allah mengetahuinya. (Yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan saja mereka bertawakal.” (Q.S. An-Nahl: 41-42).

Related Pos :