Biografi dan Kisah Sukses Adam D’Angelo Pendiri Quora

Pada ksempatan kali ini, Altundo.com akan membahas kisah sukses anak muda yang tak kalah jenius dibanding pengusaha internet terkaya di dunia saat ini: Adam D’Angelo. Mau tahu seperti apa kisah sukses dan biografi pendiri situs tanya jawab Quora ini? Yuk simak biografi singkat Adam D’Angelo.

Biografi dan Kisah Sukses Adam D’Angelo Pendiri Quora

Adam D’Angelo adalah pendiri sekaligus CEO Quora, sebuah situs tanya jawab online yang berbasis di California, Amerika Serikat. Sebelum mendirikan Quora, ia adalah Chief Executive Officer (CTO) pertama Facebook yang juga menjabat sebagai Vice President of Engineering. Ia berhenti bekerja di Facebook pada tahun 2008, dan mendirikan Quora bersama Charlie Cheever, mantan pegawai Facebook lainnya.

Bukti kejeniusan Adam D’Angelo adalah saat ia menduduki peringkat ke-8 Olimpiade Komputer untuk Siswa SMA se-Amerika Serikat pada tahun 2001. Ia juga sempat menjadi finalis untuk Kompetisi Programming Tingkat Dunia di California Institute of Technology. Di tahun 2005, ia sukses menjadi sala satu dari 24 finalis Top Coder International Challenge.

Adam D’Angelo diakui sebagai salah satu sosok paling jenius di dunia teknologi. Hal itu bahkan diakui sendiri oleh Pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Zuckerberg bahkan pernah berujar kalau Adam D’Angelo merupakan satu dari 6 orang di dunia yang memiliki ide paling cemerlang. Kemampuan teknis dan programming Adam D’Angelo sudah sangat diakui dunia.

Dalam sebuah rekaman percakapan Greenspan dan Mark Zuckerberg terungkap bagaimana pendiri Facebook ini sangat mengagumi sosok Adam D’Angelo. Kemampuan D’Angelo sangat memukau Zuck: “Adam hampir mengajari saya semua hal. Dari setiap satu hal yang mampu saya kerjakan, Adam mampu melakukannya 6 kali lebih baik dari saya.” Sayang kebersamaan dua tokoh muda top di bidang teknologi ini harus terputus sejak Adam DAngelo memutuskan untuk keluar dari Facebook dan memulai usahanya sendiri.

Eksekusi lebih penting dari ide

Quora adalah sebuah situs tanya jawab yang sangat populer saat ini, hanya Yahoo Answer! satu-satunya situs tanya jawab yang lebih populer dari Quora saat ini. Lalu apa sebenarnya Quora menurut pendirinya, Adam D’Angelo:
“Quora adalah sebuah platform yang menakjubkan. Hal terbaik yang anda dapatkan dari berkontribusi di Quora adalah ketika jawaban anda dibaca oleh jutaan orang.

Anda bisa melihat banyak orang berbagi pengetahuan secara gratis dan mereka mendapatkan kesenangan dari berbagi pengetahuan yang mereka punya. Banyak pengacara dan profesional lainnya menggunakan Quora untuk membangun reputasi mereka. Saat ini, Quora fokus untuk bertumbuh dan terus tumbuh. Kami belum memikirkan bisnis model untuk Quora.” ujar Adam D’Angelo ketika diwawancarai GigaOm.

Adam sangat mempercayai idenya ini, ia pun tak ragu menanamkan uang pribadinya sebesar $50 juta untuk terus mengembangkan Quora. Baca juga artikel: Ben Kauffman Pendiri Quirky.Com

Ketika ditanya tentang hal apa yang paling berkesan saat ia masih di Facebook. Menurut Adam, Facebook saat itu bukanlah ide yang baru. Sudah banyak social media yang lahir sebelum Facebook. Namun mereka sangat fokus untuk terus eksekusi ide, meningkatkan kualitas layanan mereka, dan berkembang serta terus tumbuh lebih besar dari sebelumnya. Target mereka adalah terus membesarkan Facebook 100 kali lipat dari sekarang. Setelah beberapa waktu tekad mereka membuahkan hasil. Facebook mampu merajai jejaring sosial di dunia. Sama seperti saat ini, Adam fokus untuk mengembangkan Quora 100 kali lipat lebih besar dari sekarang. “Dari Facebook, saya belajar kalau eksekusi itu jauh lebih penting dari ide.” ujar Adam D’Angelo.

Kemampuan Mendelegasikan Tugas

Kendati menyandang predikat sebagai sosok paling jenius dalam dunia programming di dunia dan jenius di bidang teknis, Adam D’Angelo belajar kalau ia tidak bisa melakukan hal tersebut sendiri lagi. Ada banyak hal lain yang menuntut pemikirannya seperti pemasaran dan manajemen perusahaan.

Ia pun belajar untuk mendelegasikan tugasnya kepada orang lain kendati ia masih sangat mencintai dunia programming dan sebetulnya ia ingin menulis kode sendiri. Tapi ia sadar kalau ia tidak bisa terlalu egois untuk menuruti keinginannya karena ia harus mendelegasikan tugasnya pada orang lain demi hasil yang lebih maksimal.

Pesan Adam D’Angelo untuk entrepreneur muda.

  • fokuslah untuk tujuan jangka panjang
  • jangan pernah tergoda untuk mengambil keputusan jangka pendek

Demikianlah tadi biografi singkat Adam D’Angelo Pendiri Quora. Semoga kisah sukses Adam D’Angelo mampu menginspirasi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *