9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Daun Sukun mempunyai cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi tidak hanya buah sukun saja yang bisa digunakan. Dengan mengetahui Manfaat Daun Sukun bagi kesehatan anda bisa menggunakan daun tanaman ini sebagai obat tradisional untuk mengatasi suatu penyakit seperti hepatitis, pegal-pegal, jantung, kanker, sariawan dan masih banyak lagi. untuk lebih jelas simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

9 Manfaat Daun Sukun bagi kesehatan

Sukun merupakan pohon yang buahnya dapat dikonsumsi. Dalam bahasa latin, sukun dikenal dengan nama Artocarpus altilis. Buah sukun ini bulat dant tidak memiliki biji. Sukun dikenal oleh bangsa Eropa sebagai buah roti. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang empuk. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter. Buah sukun sangat budah diolah. Salah satunya dengan digoreng. Setiap buahnya memiliki berat antara 400 gram hingga 1200 gram. Dalam setahun, pohon sukun dapat menghasilkan buah sekitar 200 buah pada tiap pohonnya. Selain buahnya, ternyata daun sukun ini dapat dimanfaat untuk berbagai hal. Ehm, sangat unik bukan?


Daging buah sukun sering dijadikan sebagai bahan pangan, seperti olahan tepung. Getah dari pohon sukun ini juga dapat digunkan untuk menambal perahu. Selain itu, getah sukun adalah salah satu bahan dasar pembuatan permen karet. Batangnya yang kuat sering dimanfaatkan dalam pembuatan mebel. Berikutnya adalah daun sukun. Daun sukun ini ternyata juga memiliki kandungan kimia alami yang serbaguna. Beberapa kandungan kimia alami yang terdapat pada daun sukun adalah kalium, asam amino esensial, polifenol, tanin, hidrosianat, asteilcolin dan riboflavin. Setiap kandungan kimia tersebut ternyata memiliki manfaat yang besar. Nah, apa saja khasiat dari daun sukun tersebut? Baca juga: 18 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Nah, bagi anda yang ingin menggunakan ramuan dari Daun Sukun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, Berikut 9 khasiat dan Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan dan cara mengolahnya dengan benar.

1. Mengobati pegal-pegal

Manfaat pertama yang dapat kita peroleh dari daun sukun adalah dapat mengatasi pegal-pegal. Badan yang pegal ini dapat disebabkan karena aktivitas yang terlalu berlebihan. Untuk mengobati pegal-pegal, caranya dengan rebus daun sukun dalam 2 liter air dan ditambahkan dengan 1 sendok makan garam. Setelah panas (jangan sampai mendidih), angkat dan gunakan sebagai air untuk merendam kaki ataupun tangan.

2. Mengobati hepatitis

Manfaat kedua dari daun sukun adalah untuk mengobati hepatitis. Hepatitis termasuk kedalam penyakit yang menular dan membutuhkan penanganan khusus. Untuk mengobati hepatitis, caranya dengan rebus daun sukun yang telah berwarna kuning pada 1,5 liter air. Rebus hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya pada pagi dan sore hari.

3. Menjaga kesehatan jantung

Daun sukun ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Caranya dengan rebus 20 gram daun sukun kering, 10 gram daun dewa kering dan 10 gram daun sembung kering dalam 1 liter air. Rebus hingga tersisa sekitar 600 ml. Minumlah airnya sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin.

4. Anti kanker

Manfaat selanjutnya dari daun suku adalah sebagai anti kanker. Untuk mencegah dan mengatasi kanker, caranya dengan rebus daun sukun yang sudah tua pada 5 gelas air. Setelah dingin saring dan minum airnya.

Baca juga: 25 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

5. Mengobati sariawan

Sariawan dapat terjadi karena kurang asupan vitamin C. Hal ini dapat menyebabkan gusi berdarah, bibir pecah-pecah dan sariawan. Untuk megobati sariawan caranya cukup mudah. Tumbuk selembar daun sukun hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sariawan.

6. Mengatasi panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit. Selain panu, jenis penyakit kulit yang sering menyerang kulit yaitu kurap atau kudis. Nah, untuk mengatasi penyakit kulit tersebut caranya dengan remas daun sukun yang sudah tua, kemudian balur dan gosokkan pada bagian tubuh yang terdapat panu. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari hingga panu hilang dengan sendirinya.

7. Manfaat daun sukun untuk diabetes

Sediakan tiga lembar daun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di dahan pohon. Bersihkan di air mengalir, rajang kemudian jemur sampai kering. Siapkan juga wadah lalu isi air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika tidak ada bisa menggunakan panci stainless steel. Rebus daun sukun kering tadi dalam wadah yang sudah disiapkan. Tunggu hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air bersih satu liter dan rebus lagi sampai separuh. Dinginkan, minum secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes serta menurunkan kadar kolesterol darah.

8. Manfaat daun sukun untuk ginjal

Meminum rebusan daun secara teratur dibarengi doa kepada yang maha kuasa bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan sakit ginjal. Kuncinya adalah disiplin dalam mengkonsumsi ramuan herbal daun sukun setiap hari. Jangan lupa untuk memilih daun terbaik yaitu segar, tidak berlubang, bersih dari kotoran.

9. Khasiat daun sukun untuk penyakit lever

Cara mengolahnya : ambil daun yang sudah tua kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua. Tunggu hingga dingin, minum air rebusan daun sukun dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.

Nah, Itulah beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan dan cara mengolahnya menjadi ramuan herbal. Bagi anda yang ingin mencobanya dan merasakan khasiat daun Sukun silahkan coba di rumah. Demikianlah semoga berguna dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *