9 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun singkong ternyata cukup banyak, tidak hanya untuk sayur tetapi daun singkong juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Daun singkong memiliki khasiat untuk mencegah stroke, menjaga berat badan, mengatasi diarea dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas mengenai kandungan Nutrisi dan manfaat daun singkong simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Daun Singkong bagi kesehatan

Pohon singkong yang dapat dikonsumsi adalah bagian umbi dan daunnya. Daun singkong ini merupakan salah satu sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Daun singkong biasanya disantap sebagai lalapan. Citra rasa daun singkong ini sedikit pahit, tetapi tidak sepahit dengan daun pepaya. Tanaman singkong berasal dari Amerika Selatan. Kemudian menyebarluas ke Asia, khususnya Indonesia. Tanaman singkong termasuk kedalam tumbuhan tropik dan subtropik. Ciri khas daun singkong memiliki tekstur daun yang kasar. Mengolah daun singkong cukup mudah. Bisa dengan merebusnya atau mencampurkan daun singkong pada masakan seperti buntil dan sebagainya.


Kandungan Nutrisi yang terdapat Pada Daun Singkong

Rasa yang nikmat pada daun singkong sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pada daun singkong juga terdapat beberapa macam kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Nah, apa saja kandungan nutrisi tersebut?

Berikut ini kandungan nutrisi daun singkong, yaitu:

  • Energi daun singkong sebesar 73 kkal
  • Protein daun singkong sebesar 6,8 gr
  • Lemak daun singkong sebesar 1,2 gr
  • Karbohidrat daun singkong sebesar 13 gr
  • Kalsium daun singkong sebesar165 mg
  • Fosfor daun singkong sebesar 54 mg
  • Zat besi daun singkong sebesar 2 mg
  • Vitamin A daun singkong sebesar 11000 IU
  • Vitamin B1 daun singkong sebesar 0,12 mg
  • Vitamin C daun singkong sebesar 275 mg

Itulah kandungan nutrisi yang terkandung pada setiap 100 gram daun singkong. Selain itu pada daun singkong juga terdapat asam amino esensial. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi daun singkong, ternyata terdapat manfaat yang besar bagi tubuh. Baca juga: 9 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Nah, bagi anda yang selama ini hanya tahu manfaat daun singkong sebagai sayur, Berikut beberapa khasiat dan Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh, yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

1. Mencegah penyakit stroke

Manfaat pertama dari daun singkong adalah dapat mencegah dan mengatasi penyakit stroke. Stroke ini sering sekali menyerang manusia, khususnya kaum pria. Pada daun singkong terdapat kandungan isoflavon yang dapat mencegah terjadinya stroke.

2. Mengatasi diare

Diare ini dapat menyerang seseorang karena masuknya bakteri ke dalam tubuh yang mengganggu sistem pencernaan. Untuk mengatasi diare, caranya cukup mudah. Dengan cara membuat jus daun singkong atau dengan menyantap daun singkong sebagai lalapan ketika menyantap makanan. Lakukanlah hingga diare berangsur-angsur membaik.

3. Menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi daun singkong adalah pilihan yang tepat. Kandungan serat pada daun singkong ini dapat melancarkan pencernaan. Selain itu serat juga akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Sehingga berat badan tetap stabil.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat berikutnya dari daun singkong adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang dimiliki daun singkong tidak kalah menarik dengan kandungan vitamin A pada wortel. Sehingga dengan asupan vitamin A ini, maka kesehatan mata tetap terjaga dan dapat menghindarkan dari penyakit rabun.

5. Mengobati luka

Manfaat yang ke lima dari daun singkong ini dipercaya dapat mengobati luka. Kandungan zat besinya sangat ampuh dalam mempercepat penyembuhan terhadap luka. Dengan demikian bekas luka akan tersamarkan.

Baca juga: 18 Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan

6. Sebagai obat sakit kepala

Daun singkong juga dipercaya berkhasiat dapat mengobati sakit kepala. Untuk mengobati sakit kepada dengan daun singkong cukup mudah. Caranya dengan merebus daun singkong secukupnya. Kemudian gunakan daun singkong yang telah direbus menjadi lalapan ketika mengkonsumsi makanan. Yang perlu diperhatikan adalah ketika sakit kepala hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung santan.

7. Mencegah proses penuaan

Daun singkong juga bermanfaat untuk kecantikan yang mana khasiatnya dapat mencegah proses penuaan. Bagi para wanita, mencegah proses penuaan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mencegah proses penuaan dengan daun singokong yaitu mengkonsumsinya secara rutin. Hasilnya dapat dilihat setelah beberapa minggu mengkonsumsi daun singkong.

8. Mengatasi cacingan

Manfaat selanjutnya dari daun singkong adalah dapat mengatasi cacingan. Senyawa yang terdapat pada daun singkong sangat ampug dalam mengatasi masalah cacingan dan meredakan rasa nyeri pada sendi.

9. Menjaga kesehatan tulang

Daun singkong ternyata sangat berguna dalam menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor pada daun singkong ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang. Osteoporosis merupakan keadaan dimana tulang kehilangan kalsium yang dapat menurunkan kekuatan tulang.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi daun singkong. Mengkonsumsi daun singkong juga harus diperhatikan dan sesuai dengan kebutuhan. Pada daun singkong terdapat senyawa yang dapat menyebabkan asam urat. Hal ini dikarenakan adanya purin. Demikianlah artikel tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh. Semoga berguna.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *