9 Cara Menakjubkan Merangsang Kecerdasan Otak Anak

By Admin | Umum

kecerdasan otak anak

Setiap orang tua pastinya selalu menginginkan agar anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakat dengan memiliki kecerdasan, kepandaian dan kearifan melebih anak lain. Sekalipun, fakta membuktikan bahwa kecerdasan kebanyakkan muncul karena adanya faktor genetika, namun ternyata faktor yang mempengaruhi kecerdasan seorang anak juga ditentukan oleh lingkungannya.

Para dokter menyatakan bahwa bayi dalam kandungan usia tiga bulan sudah mempunyai perasaan, empat bulan sudah mampu merasakan suara dari luar. Suara dari luar ini akan terus merangsang organ indera anak dalam kandungan dan mendorong pertumbuhannya, mempunyai peran yang penting bagi pertumbuhan intelegensi.


Pada dasarnya, bagian otak yang penting untuk mengingat, memperhatikan, menyadari, berpikir, mengerti bahasa dan lain sebagainya, pada bayi dalam kandungan sudah terbentuk pada usia 5-6 bulan, bila pada masa ini diperdengarkan music ataupun dilakukan pemijatan lembut pada bagian perut akan dapat meningkatkan pertumbuhan intelegensi sang anak.

Sejak bayi dilahirkan, ayah-bunda sudah mempunyai peran penting untuk mengajarkan pengetahuan dasar kepadanya. Kalau saja ayah bunda pada tahap ini dapat membimbing si buah hati dengan murah hati, hormat dan penuh kasih sayang, maka bukan saja dapat meletakkan dasar kepribadian yang unik bagi sang anak, bahkan dapat membuat anak memiliki kemampuan belajar dan sikap bergaul yang baik. Dengan demikian, peran ayah bunda bukan hanya membesarkan, bahkan juga memikul tanggung jawab besar sebagai “guru pribadi”.

Anak-anak pada rentang usia 4 sampai dengan 13 tahun, karena belum banyak mengecap asam garam dunia, hatinya masih murni, merupakan masa dengan daya ingat yang paling kuat selama hidupnya. Jika pada masa keemasan ingatan ini memperoleh pendidikan yang baik, akan sangat bermanfaat bagi sepanjang hidupnya.

Ada 9 cara  menakjubkan merangsang kecerdasan otak anak yang dapat orang tua lakukan dalam membina dan meningkatkan IQ (intelligence quotient) anak, diantaranya sebagai berikut:

  1. Beri minum air susu ibu

ASI merupakan makanan otak ang paling dasar. Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa air susu ibu (ASI) selain menyediakan berbagai macam zat gizi, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi bayi. Seorang bayi yang mengonsumsi ASI selama Sembilan bulan secara nyata lebih pandai dari pada seorang bayi yang hanya mengkonsumsi ASI selama satu bulan.

2. Tingkatkan kesehatan

Hubungan antara kesehatan dan kecerdasan otak anak memang sangat erat kaitannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian dari Oppenheimer Funds yang menunjukkan bahwa olah raga berkelompok bukan saja meningkatkan rasa percaya diri, membangun spirit kebersamaan, bahkan dapat memupuk kecakapan memimpin.

3. Memupuk rasa ingin tahu

Dengan menaruh perhatian yang besar terhadap minat anak, mengenal dan mengajarkan keterampilan baru kepada mereka pada setiap ada kesempatan mendidik di luar rumah, semua ini merupakan cara yang baik sekali guna memupuk dan mengembangkan rasa ingin tahu  anak dan intelektualnya. Para pakar mengungkapkan, ketika orang tua mendorong anak untuk mempunyai pemikiran sendiri, sesungguhnya adalah sedang mengarahkan mereka pada pentingnya menuntut pengetahuan.

4. Memberikan sarapan yang sehat

Para peneliti meyakinkan bahwa mengkonsumsi sarapan yang sehat akan meningkatkan memori dan konsentrasi anak dalam belajar. Pepatah mengatakan “burung yang bangun pagi  akan mendapatkan makanan”, bukanlah tanpa dasar. Anak-anak yang tidak biasa sarapan cenderung  lebih mudah marah dan kurang konsentrasi pada waktu belajar, sementara anak yang sarapan akan tetap focus dan bergerak selama jam sekolah. Fakta lainnya menyebutkan bahwa jauh sejak 1970, penelitian ilmiah menemukan seorang anak yang sarapan pada pagi hari memiliki ingatan yang lebih baik, lebih mampu berkonsentrasi dan juga mampu belajar lebih cepat.

5. Budayakan membaca dengan teliti

Sejalan dengan kemajuan teknologi, banyak orang yang mengabaikan pentingnya membaca. Membaca merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan kognitif anak-anak segala usia. Cara ini bisa dimulai dengan sering membacakan anak dongeng sebelum tidur. Karena membacakan cerita untuk anak, menjadi anggota perpustakaan dan menambah koleksi buku bacaan semuanya merupakan cara yang baik untuk memupuk minat membaca seorang anak dan sering-seringlah memberikan anak hadiah buku yang bisa menarik perhatiannya.

6. Menyingkirkan makanan yang siap saji

Mengurangi asupan gula, lemak trans dari makanan yang siap saji dan menggantinya dengan makanan yang bergizi tinggi yang baik untuk perkembangan mental anak usia dini serta berfungsi dalam perkembangan jaringan otak anak yang sehat, anak yang bisa mengembangan rasa ingin tahu anak dan intelektualnya.

7. Bermain permainan yang berpikir

Catur, teka-teki silang dan Sudoku selain menyenangkan juga mendukung strategi berpikir anak-anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang kompleks. Games soduko malah dapat memupuk cara berpikir yang bijaksana dan memupuk kemampuan memecahkan masalah.

8. Bermain musik

Menurut sebuah studi di Universitas Toronto, diadakannya pelajaran music bisa membrikan keuntungan dalam menigkatkan IQ anak dan performa akademisnya. Selain menyenangkan, bermain musik juga bisa merangsang pertumbuhan otak kanan. Semakin lama waktu yang digunakan untuk bermain music maka efek yang dihasilkan juga semakin  besar.

9. Membiasakan berolahraga

Fakta mebuktikan bahwa semakin bugar badan sang anak maka kemampuan dalma menerima pelajaran juga meningkat. Sebaiknya mendorong anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik atau organisasi olahraga tertentu sesuai dengan minat anak.

 

Selain 9 cara menakjubkan merangsang kecerdasan otak anak di atas, pada saat seorang anak masih sangat muda harus sering diajak bercengkrama. Mintalah anak mengingat perbendaharaan kata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari ataupun mintalah anak menghafal. Semua ini merupakan jurus piawai untuk membantu anak memupuk intelligence quotient.

Para pakar menyatakan, “Matikan TV, mintalah anak keluar rumah, mendekatkan diri dengan alam dan mengolah tubuh, merupakan salah satu, metode terbaik untuk melatih anak menjadi pandai , cekatan dan bertubuh sehat”.

 

 

 


Related Pos :