7 Gejala Diabetes Pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

By Admin | kesehatan

7 gejala diabetes pada wanita yang perlu diwaspadai

Penyakit Diabetes tentunya tidak asing lagi ditelinga anda, penyakit yang biasa disebut kencing manis ini merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang banyak orang. Sebelum kita membahas tentang 7 gejala diabetes pada wanita, alangkah baiknya bila kita mengenal terlebih dahulu apa itu penyakit diabetes?

Dewasa ini beragam jenis penyakit mengintai kehidupan manusia modern. Tidak sedikit kita jumpai jumlah penyakit yang mematikan. Setiap tahun, korban yang meninggal akibat terserang penyakit semakin bertambah. Munculnya beragam penyakit, tentu tidak lepas dari pola hidup masyarakat akhir-akhir ini. Kepadatan penduduk dan tingkat rutinitas kesibukan masyarakat, menyebabkan sebagian orang mengabaikan pola hidup sehat.


Konsumsi asupan makanan serba instan turut menjadi penyebab lahirnya beragam penyakit. Sederet jenis makanan siap saji yang disuguhkan setiap hari juga mempengaruhi metabolisme tubuh manusia menjadi tidak berimbang. Hasilnya penyakit demi penyakit tumbuh dalam tubuh kita.

Dalam pembahasan kali ini, penulis ingin menjelaskan mengenai salah satu jenis penyakit yang dewasa ini menjadi momok bagi banyak orang. Penyakit tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah penyakit diabetes.

Diabetes atau yang biasa dikenal dengan istilah diabetes Mellitus (DM), dalam bahasa Yunani memiliki arti tembus (pancuran air). Adapun dalam bahasa latin memiliki arti rasa manis.

Di Indonesia sendiri diabetes mellitus lebih dikenal dengan penyakit kencing manis. Dimana kadar Glukosa (gula sederhana) dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi (mengeluarkan) insulin secara cukup. Dari beberapa tes secara langsung, pada umumnya air seni dari para pengidap diabetes memiliki rasa manis karena mengandung banyak gula. Gejala atau tanda-tanda penyakit diabetes ini dibagi dua ketagori yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Setiap makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Dalam lambung dan usus, makanan diuraikan menjadi beberapa elemen dasarnya, termasuk salah satu jenis gula yaitu glukosa. Jika terdapat gula, maka pankreas menghasilkan insulin yang membantu mengalirkan gula ke dalam sel-sel tubuh. Kemudian, gula tersebut dapat diserap dengan baik dalam tubuh dan dibakar untuk menghasilkan energi.

Ketika seseorang menderita diabetes maka pankreas orang tersebut tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Itu yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi akibat timbunan gula dari makanan yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energi. Penyebab diabetes lainnya adalah insulin yang cacat atau tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan baik.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas, sebuah organ di samping lambung. Hormon ini melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel agar glukosa memasuki sel.

Lalu sel-sel tersebut mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kata lain, insulin membantu menyalurkan gula ke dalam sel agar diubah menjadi energi. Jika insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes akut.

Penyakit Diabetes bisa menyerang siapa saja, tidak hanya kaum pria saja tetapi wanita juga berpeluang besar terserang diabetes. Namun, dari beberapa tanda-tanda atau gejala khusus yang sering dialami wanita, kebanyakan tidak disadari mereka. Lantas, gejala-gejala atau tanda-tanda apa saja itu biasanya muncul? Dibawah ini ada 7 gejala diabetes pada wanita yang umum terjadi dan harus anda waspadai dan segera konsultasikan ke dokter, diantaranya sebagai berikut:

1. Infeksi vagina yang yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang, meskipun telah mendapatkan pengobatan. Wanita yang mempunyai penyakit diabetes lebih mudah terkena infeksi jamur di daerah organ intim karena daerah tersebut mengalami kelembaban cukup tinggi.

2. Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar.

3. Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome.

4. Keseimbangan hormon terganggu yang akan mengganggu sistem reproduksi. Pemicu diabetes juga, biasanya ditemukan pada wanita yang mengalami depresi.

5. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibanding pria. Jika anda memiliki kadar kolertoerl yang tinggi melebihi kolesterol pada pria kemungkinan itu tanda penyakit diabetes.

6. Sering Buang Air Kecil
Racun dalam tubuh dibuang melalui buang air kecil, namun terlalu sering buang air kecil juga berbahaya. Apalagi jika buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Jika anda mengalami sering buang air kecil sebaiknya pergi ke dokter bisa jadi itu tanda atau gejala diabates.

7. Mudah Lelah
Rasa lelah merupakan masalah umum yang sering dialami banyak orang yang disebabkan berbagai hal. kelelahan terjadi karena tubuh tidak mampu memproses glukosa untuk energi. Bila anda mudah lelah sebaiknya periksa ke dokter bisa jadi ini merupakan tanda atau gejala diabetes.

Baca juga: Obat Alami Diabetes Mellitus

Nah, itulah sekilas uraian mengenai 7 gejala diabetes pada wanita yang perlu anda waspadai dan wajib anda ketahui. tentunya uraian singkat ini dapat menambah wawasan anda tentang penyakit yang sering dialami banyak orang ini. Semoga bermanfaat.


tags: , , ,

Related Pos :