7 Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Urat

By Admin | kesehatan

cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat

Inilah 7 cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat bagi anda yang ingin mengantisipasi timbulnya asam urat dengan aman tanpa efek samping. Pada dasarnya semua jenis penyakit bisa diantisipasi, dengan jalan seseorang bisa jeli dalam melihat setiap gejala yang ada dalam diri kita masing-masing. Begitu pun juga dengan penyakit asam urat.

Semua orang berpotensi terkena penyakit asam urat. Karena itulah mencegah lebih baik daripada mengobati. Lantas, bagaimana proses pencegahan asam urat itu? Bagaimana pula cara mengatasi penyakit asam urat melalui ramuan herbal?


Pada kesempatan ini akan kami uraikan cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat. Mencegah dalam artian mencari cara agar kadar asam urat dalam tubuh tidak melonjak. Menjaga agar kadar asam urat tidak meningkat merupakan bagian penting dari target jangka panjang dalam mencegah asam urat berlebih.

Asam urat muncul secara alami di dalam tubuh manusia. Adapun jumlahnya bisa meningkat, lantaran ada faktor dari luar, semisal jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Itulah mengapa pemilihan jenis makanan yang akan kita konsumsi menjadi bagian penting dalam proses mencegah timbulnya penyakit asam urat.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Melalui pemilihan jenis makanan, kita sesungguhnya telah melakukan tindakan untuk mengurangi timbulnya penyakit asam urat dalam diri. Dengan kata lain, bagaimana kita bisa meminimalisir asam urat dalam tubuh agar tidak meningkat tajam. Nah, bagi anda yang ingin menghindari agar asam urat tidak naik, berikut 7 cara mencegah penyakit asam urat :

1. Menghindari Makanan yang Kaya Purin
Dalam hal ini, bila kebiasaan anda mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat purin tinggi, maka cobalah tukar dengan makanan rendah purin atau yang kadar purinnya sedang-sedang saja. Cara ini cukup efektif untuk menghindari lonjakan asam urat.

2. Kurangi Asupan Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol terutama bir, merupakan jenis minuman dengan kadar purin tertinggi. Jika tidak dapat meninggalkan alkohol minumlah dengan porsi sedang yaitu tidak lebih dari satu atau dua gelas sehari.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral, sangat baik untuk kesehatan serta kekebalan tubuh kita. Minumlah delapan hingga 12 gelas air putih sehari. Kurangi mengkonsumsi air alkalin dan jangan minum air berbaking soda, sebab mengandung banyak garam.

4. Minum Susu dan Jus Jeruk
Menurut beberapa riset, susu dapat menurunkan kadar asam urat. Jika anda potensial menderita asam urat, risikonya dapat diturunkan dengan minum segelas susu setiap hari. Satu gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dl. Demikian juga dengan Jus jeruk, walaupun keampuhannya sedikit dibawah susu.

5. Minum Kopi
Dalam beberapa penelitian, didapat hasil bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat. Kopi juga dapat sedikit menurunkan kadar asam urat untuk mereka yang telah terkena.

6. Mengkonsumsi Buah Ceri dan Stroberi
Makan langsung buahnya atau minum jusnya bisa membantu terhindar dari penyakit asam urat. Karena semuanya mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Beberapa pasien melaporkan nyeri asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu mencegah asam urat. Empat besar buah beri yang disarankan merupakan elderberi, stroberi, bluberi dan bilberi. Semuanya dapat mencegah penyakit asam urat karena kaya antioksidan, berpurin rendah dan tidak terlalu asam.

7. Multivitamin
Asupan satu tablet multivitamin setiap hari bisa membantu seseorang dalam membentengi diri dari serangan penyakit asam urat. Pilih yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan zinc, terutama untuk mereka yang telah berusia diatas 40 tahun.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Mencegah asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini merupakan suatu upaya atau cara mengatasi asam urat agar tidak melebihi batas normal. Perlu diketahui, bahwa kadar asam urat normal pada pria dan wanita berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperurisemia.

Sebaiknya kita mencari cara mengatasi asam urat agar tidak melebihi batas yang telah direkomendasikan secara medis. Bagi anda yang telah mengalami serangan gejala asam urat segeralah lakukan langkah pencegahan agar gejala tidak merambat pada serangan gejala yang lain.

Adapun bagi anda yang belum mengalami serangan gejala asam urat ada baiknya sekali-kali melakukan cek secara medis untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Apabila kadar asam urat anda melebihi ambang batas yang direkomendasikan maka segeralah lakukan tindakan pencegahan agar tidak terus meninggi dan segera lakukan diet makanan dan terapkan pola hidup sehat.

Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi asam urat naik melebihi ambang batas dan beberapa cara mencegah serangan gejala asam urat melebar. Cara mengatasi asam urat dibedakan berdasarkan penyebab timbulnya asam urat itu sendiri. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Akibat Ketidakseimbangan Hormon
Cara mencegah dan mengatasinya yaitu

  • Selalu menjaga emosi dan selalu berpikir positif.
  • Mengendalikan emosi dan menghindari konflik.
  • Lakukan pola hidup yang baik dengan menyeimbangkan masa aktif dan istirahat.
  • Melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh.

2. Karena Proses Pengeluaran Asam Urat Terganggu
Cara Mengatasinya yaitu

  • Selalu menjaga kesehatan ginjal anda.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, terutama bagi anda yang lagi punya masalah dengan ginjal anda.
  • Perbanyaklah minum air putih untuk memperingan kerja ginjal dan detoksifikasi.
  • Lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun secara terpadu.

3. Akibat Konsumsi Makanan Tinggi Purin
Cara mengatasinya yaitu

  • Perbanyak minum air putih untuk mengencerkan asam urat dan melarutkannya sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal.
  • Lakukan detoksifikasi secara terpadu dan terarah.
  • Lakukan diet yang tepat dan terarah.
  • Lakukan pengobatan secara tepat dan alami. Usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan obat-obatan kimia. kecuali dalam keadaan darurat.

4. Karena Mengkonsumsi Alkohol dan Obat-obatan Kimia
Cara mencegah dan mengatasinya yaitu

  • Hindarkan sama sekali dari minuman beralkohol karena lebih banyak negatifnya.
  • Hindari sebisa mungkin obat-obatan kimia kecuali kondisi darurat. Usahakan menjadikan obat-obatan herbal sebagai alternatif utama dan pertama sebelum terpaksa menggunakan obat-obatan kimia.
  • Perbanyaklah minum air putih.
  • Lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun.
  • Lakukan pengobatan secara alami.

Melakukan tindakan pencegahan memang lebih bak daripada melakukan pengobatan. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak perduli akan hal ini, semua baru melakukan tindakan mencari cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat setelah menderita penyakit tersebut.


tags: , ,

Related Pos :