Inilah 6 Museum di Yogyakarta yang Wajib di Kunjungi

daftar 6 museum di Yogyakarta yang wajib dikunjungi saat liburan ke kota Jogja. Selain budayanya, kota Yogyakarta juga tidak lepas dari sejarah yang melingkupinya. Nah, tak ada salahnya jika sesekali kita mengunjungi beberapa museum yang ada di Jogja, untuk mengetahui lebih tentang budaya dan sejarah Jogjakarta.

6 Museum di Yogyakarta yang Wajib di Kunjungi

Museum di Jogja tak melulu tentang sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa tentunya, banyak juga museum yang berisi tentang budaya, sastra, dan bahkan museum 3D yang pasti tak akan membuat kalian bosan. Buat kalian yang ada niatan untuk berpetualang mengunjungi museum yang ada di Jogja tapi masih bingung mau ke museum apa, dibawah ini ada beberapa museum di Yogyakarta yang sayang untuk anda lewatkan.

6 Museum di Yogyakarta yang Wajib anda Kunjungi

Buat kamu yang bingung museum apa yang bisa anda kunjungi saat berada di kota Joga. Berikut ini rekomendasi untuk anda 6 Museum di Jogja yang menarik untuk dikunjungingi :

1. Museum Ullen Sentalu

Lokasi: Jalan Boyong, Taman Wisata Kaliurang, Yogyakarta.

Di sisi utara Jogjakarta, ada satu museum yang tak boleh dilewatkan. Adalah Museum Ullen Sentalu yang menjadi salah satu museum di Yogyakarta yang harus kalian kunjungi. Museum ini mempunyai atmosfer yang berbeda jika dibanding dengan museum-museum lain di Jogja. Dengan bangunan yang mirip dengan kastil di Eropa, gaya gothic terlihat begitu mendominasi museum ini. Meskipun museum ini terlihat misterius dan menyeramkan bagi sebagian orang, keunikan yang ditawarkannya membuat museum Ullen Sentalu justru semakin ramai dikunjungi. Tak hanya terkenal di kalangan masyarakat lokal, museum ini juga sudah terdengar gaungnya oleh wisatawan mancanegara.

Ullen Sentalu merupakan singkatan dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”, yang memiliki arti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Dari namanya saja, museum ini sudah terdengar keren, kan? Nah, didalam museum ini terdapat berbagai lukisan para bangsawan Dinasti Mataram, koleksi batik Yogyakarta dan Surakarta, serta seperangkat gamelan. Jangan kuatir tersesat di museum ini ya, karena setiap wisatawan yang datang akan ditemani oleh pemandu yang juga akan menjelaskan setiap koleksi yang ada di museum ini.

Meskipun di dalam museum ini dilarang mengambil foto, pengelola sudah menyiapkan beberapa spot yang memang ditujukan untuk pengunjung yang ingin mengabadikan momen lewat lensa kamera. Oya, museum di Jogja ini juga menyediakan minuman gratis untuk pengunjung lho. Konon katanya, minuman ini adalah minuman untuk awet muda. Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi museum unik ini, jangan ragu untuk sesekali berkunjung ya. Dengan harga tiket sebesar Rp 30.000 kalian sudah bisa menikmati guided tour selama kurang lebih 50 menit dan bisa bersantai di area sekitar museum ini untuk berfoto.

TERKAIT:  Candi Barong: Mengungkap Rahasia Candi untuk Sang Dewa Wisnu

Baca juga: Wisata Air Water park di Jogja

2. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Lokasi: Jalan Lingkar Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Monjali atau Monumen Jogja Kembali tak diragukan lagi adalah salah satu museum di Jogja yang banyak menarik perhatian wisatawan. Terletak di Jalan Lingkar Utara, Monumen Jogja Kembali adalah monument yang dibangun untuk mengenang peristiwa sejarah perjuangan bangsa. Museum ini berbentuk gunung yang terdiri dari tiga lantai. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000, kalian sudah bisa melihat-lihat koleksi di museum ini.

Di pintu masuk monument, terpahat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara. Setelah itu, memasuki lorong di lantai satu, kalian dapat melihat replika berbagai tempat dan suasana saat perang kemerdekaan. Selain itu, ada pula foto, dokumen, berbagai jenis senjata, serta replika dapur saat suasana perang kemerdekaan tahun 1945 hingga 1949.

Yang menarik adalah, pada malam hari, kawasan Monjali ini akan disulap menjadi Taman Pelangi yang dipenuhi dengan berbagai lampion warna-warni dengan berbagai bentuk yang menarik. Tak heran jika banyak muda-mudi dan keluarga yang menghabiskan waktu malam mereka di taman ini. Nah, jika pagi atau siang hari kalian sudah mengunjungi Monumen Jogja Kembali, jangan lewatkan juga untuk menikmati malam dengan lampion-lampion lucu di Taman Pelangi ya!

3. Museum Affandi

Museum Affandi

Lokasi: Jalan Laksda Adisucipto 167 (Jalan Solo), Yogyakarta.

Berkunjung ke Jogjakarta, sayang rasanya jika melewatkan salah satu museum seni terbaik di Jogjakarta ini. Museum Affandi memang telah tersohor menjadi salah satu museum di Jogja yang sayang jika dilewatkan. Terletak di Jalan Laksda Adisucipto, museum ini di desain sendiri oleh alm. Affandi; sang maestro. Berbagai bangunannya mempunyai bentuk yang unik. Salah satunya adalah gerobak yang dimodifikasi menjadi mushola atau tempat sholat. Selain itu, disini kita juga bisa menilik ruang tidur milik sang maestro.

Museum Affandi adalah salah satu museum di Jogja yang namanya sudah bergaung hingga ke wisatawan mancanegara. Berbagai lukisan karya Affandi Koesoema dipampang di museum ini. Dengan penjelasan yang tertera di setiap lukisannya, pengunjung serasa dibawa untuk tak hanya menikmati lukisan-lukisan tersebut namun juga tahu arti di balik karya-karya sang Maestro Seni Lukis Indonesia. Selain lukisan-lukisan Affandi, museum ini juga mempunyai koleksi lukisan dari anak-anak Affandi, Kartika dan Rukmini, serta sulaman sang istri, Maryati. Selain itu, kalian juga bisa menaiki gardu yang ada di sebelah galeri untuk melihat pemandangan sekitar dari atas. Perpaduan lukisan-lukisan yang indah dan bangunan yang didesain unik, tak heran jika Museum Affandi menjadi salah satu museum di Jogja yang paling terkenal.

TERKAIT:  8 Rekomendasi Desa Wisata di Yogyakarta

Untuk harga tiket masuk berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 dengan rincian Rp 10.000 untuk anak-anak, Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 50.000 untuk wisatawan internasional. Oya, buat kalian yang membawa kamera DSLR atau sejenisnya (bukan kamera hp), dikenakan biaya tambahan (biaya kamera) sebesar Rp 20.000.

4. Museum Tembi (Tembi Rumah Budaya)

Museum Tembi (Tembi Rumah Budaya)

Lokasi: Jalan Parangtritis km 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Di Sewon, Bantul, tak hanya pantai parangtritis saja yang bisa kalian kunjungi. Jika kalian tertarik mengunjungi museum yang berisikan benda-benda warisan Jawa, Museum Tembi bisa menjadi alternatif destinasi wisata kalian. Lebih dikenal dengan nama Tembi Rumah Budaya, museum ini adalah salah satu museum di Yogyakarta yang menyimpan berbagai peralatan tradisional masyarakat jawa. Disini, banyak peralatan tradisional yang bisa kita lihat, seperti peralatan dapur tradisional, senjata seperti tombak dan keris, gamelan, dan bajak untuk bertani. Selain itu, disini juga di pampang berbagai mainan anak tradisional yang pernah berjaya pada jamannya. Mungkin beberapa permainan tradisional disini juga pernah kalian mainkan.

Berbagai koleksi sepeda dan sepeda motor kuno juga terdapat di Rumah Budaya Tembi. Jika kalian mencari museum di Jogja yang menyimpan berbagai foto-foto dan buku sastra jawa kuno, di Tembi ini pula tempatnya. Jika beruntung, kalian juga bisa mendapati pengrajin keris yang sedang mengukir kerisnya di rumah budaya ini. Tak ketinggalan, Rumah Budaya Tembi juga mempunyai agenda rutin tiap bulannya. Berbagai pertunjukan wayang, musik tradisional ataupun pertunjukan tari tradisional kerap kali diadakan di rumah budaya ini. Tak heran jika Tembi Rumah Budaya merupakan salah satu museum di Jogja yang tak pernah sepi pengunjung. Terlebih lagi, pengunjung juga tidak dikenakan biaya masuk, kecuali jika ingin menginap di penginapan yang sediakan.

5. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Lokasi: Komplek Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta

Museum di Yogyakarta yang satu ini cocok sekali buat kalian yang ingin berwisata bersama anak-anak. Museum Dirgantara adalah museum yang menyimpan berbagai pesawat milik TNI AU. Tak hanya anak-anak, orang dewasapun pasti senang berfoto kece dengan latar belakang pesawat-pesawat AU yang gagah-gagah ini.

Di Musem Dirgantara ini, selain banyak hal menarik yang bisa dilihat, banyak juga pelajaran yang bisa kita ambil. Disini, kita bisa mengetahui lebih lanjut sejarah perjuangan bangsa dan peranan TNI AU dalam perjuangan tersebut. Pesawat yang dipajang di museum ini bukan hanya pesawat tempur saja lho, ada juga beberapa pesawat angkut yang di pajang. M

TERKAIT:  Objek Wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta

useum ini buka setiap hari dari jam 8 pagi. Harga tiket yang dipatok juga sangat murah. Cukup dengan Rp 3.000 saja, kalian sudah bisa mengeksplor museum ini dan berfoto kece dengan latar belakang pesawat TNI AU. Bagaimana? Bagi yang belum berkunjung, pastikan untuk menyempatkan waktu bertandang ke salah satu museum di Jogja yang paling keren ini ya!

6. Museum 3D: De Mata Trick Eye Museum

Museum 3D: De Mata Trick Eye Museum

Lokasi: XT Square Gedung UmarKayam, Lantai Basement, Jalan Veteran, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buat kalian yang mempunyai hobi fotografi, tentunya satu museum di Yogyakarta ini tak boleh kalian lewatkan; 3 D De Mata Trick Eye Museum. Museum yang baru di buka pada bulan Desember 2013 lalu ini merupakan satu-satunya museum tiga dimensi yang ada di Jogjakarta. Museum ini menampilkan kurang lebih 120 buah lukisan tiga dimensi dengan berbagai tema seperti public figure, super hero, obyek wisata alam, olahraga dan lain sebagainya. Tak heran jika museum ini mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) pada bulan Januari 2014 sebagai museum tiga dimensi dengan koleksi terbanyak.

Berbagai lukisa tiga dimensi di De Mata Trick Eye Museum siap memanjakan pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang yang unik. Ini tentu menjadi alasan kenapa museum ini harus masuk daftar museum di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Disini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang jembatan dengan jurang dalam di bawahnya, atau berfoto sambil seolah-olah menerima setangkai bunga dari Sri Sultan HB X. Tak hanya itu, bagi yang nge-fans sama pemain olahraga terkenal, disini kalian juga bisa berfoto dengan mereka; mereka dalam bentuk lukisan tiga dimensi tentunya.

Dengan 120 koleksi lukisan tiga dimensinya, mengunjungi museum ini selagi kalian berada di Jogja tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Oya, museum ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam dengan harga tiket sebesar Rp 25.000 pada hari biasa dan Rp 35.000 pada akhir pekan.

Baca juga: Obyek Wisata di Yogyakarta yang Ngehits

Tentunya, selain museum-museum yang dijelaskan diatas, masih banyak museum di Yogyakarta yang sayang jika dilewatkan. Untuk kali ini, altundo merekomendasikan keenam museum diatas untuk teman-teman travelers semua kunjungi. Terutama buat kalian yang tidak tinggal di Jogja, ayo agendakan liburan dan jangan ragu berwisata museum di Jogja! Keenam museum diatas dijamin tak akan membuat liburan kalian mengecewakan. Jadi, kapan ke Jogja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *