6 Kebutuhan Mendasar untuk Strategi Bisnis

Untuk dapat memgambil keputusan bagaimana strategi marketing secara online maupun offline maka dibutuhkan pengetahuan tentang tren perubahan perilaku masyarakat.

6 Kebutuhan Mendasar untuk Strategi Bisnis

Jika pada tahun 1943 Abraham Maslow melalui tulisannya menggagas mengenai “human basic need” maka pada era “social media” saat ini Communispace menggagas istilah baru yaitu “human social need”


Melalui riset online-nya Communispace sampai pada hipotesis bahwa masyarakat akan memenuhi kebutuhan sosialnya melalui social networking.

Keenam kebutuhan social dasar tersebut adalah:

1. Expresing Personal Identity

yaitu kebutuhan untuk mengekspresikan diri melalui penampilan, pemikiran, suasana hati hingga detail kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan akan ekspresi ini kemudian bertemu dengan social media yang memberi feature gambar pribadi, pendapat dan ungkapan suasana hati yang bisa di tulis setiap detik. Inilah alasan boomingnya facebook dan social media yang lain.

2. Status and self-esteem

yaitu kebutuhan untuk mendapatkan otonomi personal, pengakuan diri, dan pencapaiannya diapresiasi orang lain yang menjadikan kehidupan mereka lebih berarti.

Saat koneksi antar manusia terhubung maka setiap tindakan akan membawa arti bagi manusia. Saling menyapa, memuji dan menolong akan menjadi sering terjadi.

3. Giving and getting help

yaitu kebutuhan untuk mendapatkan dan memberi bantuan kepada sesama. Kehidupan sebagai makhluk sosial akan sangat mendominasi bentuk strategi bisnis. Berkumpulnya manusia dengan beragam kesamaan akan membantu mereka menunjukan kebutuhan, minat dan kecenderungan untuk meminati suatu produk atau layanan jasa.

4. Affilitiation and belonging

yaitu kebutuhan menemukan dan menjalin hubungan dengan orang lain dengan minat yang sama, orientasi yang sama, tujuan yang sama.

Keterhubungan atau konektifitas ini akan menciptakan proximity atau kemungkinan interaksi yang lebih besar antar individu untuk melakukan kegiatan ekonomi

5. Sense of community

yaitu kebutuhan untuk berhubungan dan membangun komitmen jangka panjang dengan orang lain. Affilitiation ini mendasari marketing waralaba, sekelompok orang yang memiliki minat kewirausahaan dan etos kerja yang hampir sama.

6. Reassurance of value and selft worth

yaitu kebtuhan akan adanya keyakinan dan jaminan bahwa apa yang telah kita lakukan berharga dan memiliki nilai di mata orang lain. Kebutuhan untuk berlaku benar, berguna bagi lebih banyak orang akan menjadi alasan yang amat mendasari strategi bisnis pada masa-masa mendatang.

Itulah 6 kebutuhan mendasar masyarakat yang perlu anda ketahui untuk menentukan strategi bisnis yang akan dijalankan baik online maupun offline.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *