5 Tips Mengelola Keuangan Saat Omzet Naik

Mendapatkan omzet besar di moment-moment tertentu, pastinya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pelaku usaha. Namun sayangnya ketika mendapatkan omzet besar, kerapkali para pengusaha kalap dalam membelanjakan keuangan usaha. Karena itu seorang pebisnis harus tahu Manajemen Mengelola Keuangan Saat Omzet Naik.

5 Tips Mengelola Keuangan Saat Omzet Naik

Kebiasaan para pelaku usaha yang sering kali terlalu konsumtif dalam membelanjakan keuangannya, membuat pemanfaatan dana yang dilakukan kurang optimal. Masalah inilah yang dialami oleh hampir semua pelaku usaha. Mereka merasa omzet yang didapatkannya cukup besar, namun karena penggunaanya kurang tepat maka dana tersebut menguap begitu saja tanpa jejak atau hanya numpang lewat saja di rekening mereka.


Tips Mengelola Keuangan Saat Omzet Naik

Padahal, sejatinya omzet usaha yang sedang naik pun penggunaannya bisa direncanakan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara bijak mengelola keuangan ketika omzet usaha naik.

1. Buat perencanaan sedini mungkin

Agar para pelaku usaha tak terjebak pada pengeluaran konsumtif yang sebenarnya tidak terlalu penting, sebaiknya buatlah perencanaan sedini mungkin agar besarnya dana yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Tanpa adanya perencanaan keuangan, biasanya para pelaku usaha terjebak pada pengeluaran konsumtif setelah melihat omzet usaha yang mereka terima melebihi pendapatan rutin yang mereka terima sebelumnya.

2. Buat pemetaan anggaran pendapatan dan belanja

Pemetaan anggaran pendapatan dan belanja berfungsi untuk memperkirakan pendapatan yang Anda terima selama setahun dan menyusun pengeluaran apa saja yang akan Anda realisasikan pada tahun tersebut. Pemetaan ini sangat membantu Anda untuk mengatur arus kas setiap bulannya, sehingga ketika ada pengeluaran besar di bulan tertentu maka arus kas bulanan Anda tidak ikut terganggu.

3. Anggarkan untuk melunasi hutang

Hal terpenting yang tak boleh Anda lupakan ketika mendapatkan omzet cukup besar yaitu mengeyelesaikan seluruh hutang usaha yang dimiliki. Poin ini perlu Anda garis bawahi mengingat sebagian pelaku usaha mengesampingkan hutang usaha yang dimilikinya dan lebih mengedepankan rencana pengembangan bisnis mereka.

4. Sisihkan dana darurat

Apabila Anda tidak memiliki hutang usaha cukup besar, maka langkah yang perlu Anda lakukan yaitu menyisihkan sebagian omzet tersebut untuk persiapan dana darurat. Idealnya dana darurat yang perlu Anda persiapkan yaitu tiga hingga enam kali biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulannya.

5. Tingkatkan investasi

Ketika mendapatkan omzet usaha cukup besar, tak ada salahnya bila Anda meningkatkan anggaran biaya untuk berinvestasi. Langkah ini perlu Anda pertimbangkan agar dalam jangka waktu yang cukup panjang Anda masih memiliki tabungan investasi yang bisa dipergunakan dalam kondisi mendesak.

Selanjutnya, tugas Anda adalah memilah-milah omzet usaha yang didapatkan dan mengelolanya dengan bijak agar tak habis dalam satu waktu.

Nah, itulah beberapa Tips Mengelola Keuangan Saat Omzet Naik yang harus anda ketahui agar dana tidak dibelanjakan sia-sia. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *