5 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang Bila di Tekuni

By Admin | bisnis

Setiap orang tentu memiliki hobi dan terkadang rela menghabiskan waktu dengan hobinya. Padahal dimanfaatkan sebuah hobi bisa menghasilkan uang kalau ditekuni, misalnya seseorang yang hobi menulis memanfaatkan hobinya tersebut dengan menjadi content writer, ada juga yang hobi memasak kemudian memanfaatkannya dengan membuka usaha kuliner. Akan tetapi masih sedikit orang yang memanfaatkan hobinya untuk meraup rupiah.

5 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang Bila di Tekuni

 

Di zaman modern sekarang ini apapun bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang termasuk hobi. Namun, sayangnya masih sedikit orang yang melakukannya padahal disitu terdapat peluang besar untuk mendapatkan rupiah.


Tips Agar Minat dan Hobi Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan minat merupakan salah satu faktor yang ampuh mendorong motivasi seseorang menjalankan pekerjaan. Berangkat dari hal ini, bisa saja Anda menyiasati minat dan hobi untuk dapat menghasilkan uang tambahan.

Nah, untuk Anda yang belum mendapat kesempatan menekuni bakat terpendam atau hobi lebih serius dan menghasilkan jangan khawatir. Berikut ini beberapa Tips Agar Minat dan Hobi Bisa Mendatangkan Uang.

1. Perdalam bakat dan hobi

Keahlian dan keterampilan juga mutlak dibutuhkan untuk menjalankan sebuah hal. Misalnya Anda suka dunia fotografi. Tentunya kita tidak hanya bermodal kamera biasa dengan pengaturan otomatis dari pabriknya.

Kemampuan mengoperasikan kamera, baik digital maupun analog, plus pengaturannya, diperlukan untuk menghasilkan hasil foto dengan objek yang menarik. Agar bisa mendatangkan uang, ikuti workshop fotografi.

Bahkan bila memungkinkan ikut kursus sekalian agar bekal ilmunya lebih dalam. Misalnya ikut kursus di kelas fotografer ternama. Bisa juga jadi peserta kursus fotografi yang disediakan media bila tertarik di bidang jurnalistik. Makin dalam kemampuan, makin besar potensi uang yang bisa didatangkan.

2. Jadikan minat dan hobi sebagai pekerjaan sampingan

Memiliki satu macam pekerjaan itu merupakan hal yang baik, tapi kalau bisa dua sekaligus kenapa tidak? Apalagi salah satunya berkaitan dengan minat dan hobi Anda.

Namun tentunya jangan jadikan keduanya sebagai pekerjaan utama. Minat dan hobi bisa diarahkan untuk menjadi pekerjaan sampingan yang mendatangkan uang sekaligus motivasi kerja.

Contohnya bila Anda suka dan hobi menulis, manfaatkan waktu untuk menjadi content writer usai jam kantor atau saat akhir pekan. Yang penting, harus dicari cara agar pekerjaan utama tak terganggu oleh kerja sampingan dan dapat menghasilkan uang tambahan.

3. Jadikan bisnis sampingan

Bisnis sampingan berbeda dengan kerja sampingan. Bisnis sampingan memerlukan waktu, tenaga, dan pikiran yang lebih daripada kerja sampingan.

Misalnya punya hasrat besar memancing ikan. Mungkin bisa buka usaha online peralatan pancing. Memang, tak perlu tiap hari jaga toko. Tapi pastikan smartphone Anda selalu online untuk membalas pesanan yang masuk. Artinya, tidak boleh lalai mengurus bisnis ini agar tetap berjalan.

4. Edukasi

Setelah Anda berhasil dan sukses, tularkan keahlian yang Anda miliki ke orang lain. Misalnya Anda yang hobi fotografi dapat menjadi pengajar fotografi dan membuka workshop bagi orang lain. Buat komunitas sendiri, sehingga Anda langsung menduduki posisi penting selaku founder.

5 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang Bila di Tekuni

Melakukan sebuah kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat akan lebih menyenangkan dan mudah dilakukan serta tidak cepat bosan. Ada beragam hobi yang bila di tekuni bisa menghasilkan uang. Berikut ini adalah 5 Hobi yang dapat menghasilkan uang bila di tekuni, mungkin salah satunya hobi anda.

1. Hobi Memasak

Jika kami Hobi masak dan bila setiap kamu masak banyak yang bilang enak itu berarti kamu memiliki bakat memasak yang handal. Kamu bisa memanfaatkan hobi memasak kamu dengan membuka usaha di bidang kuliner.

Selain itu kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobi memasak seperti yang dilakukan oleh chef cantik dan terkenal Indonesia, Rinrin Marinka atau yang dikenal dengan Chef Marinka.

Chef Marinka memang sudah hobi memasak sejak kecil. Untuk mengembangkan bakatnya, ia masuk ke sekolah Le Cordon Bleu, Sydney, Australia, dengan keahlian khusus French Cuisine & Patisserie dan kini berprofesi sebagai chef profesional.

2. hobi Menjahit

Hobi yang bisa menghasilkan uang lainnya adalah hobi menjahit. Anda bisa membuka jasa menjahit dan bahkan menjadi seorang desainer terkenal. Seperti yang dilakukan oleh desainer terkenal Ivan Gunawan. Baca juga: Tips Memulai Bisnis Jahitan di Rumah

Lewat tangan dinginnya, pria berusia 36 tahun ini sukses menciptakan karya yang sangat luar biasa. Bahkan dalam ajang Miss Universe 2017, Puteri Indonesia Bunga Jelitha menggunakan busana karya Ivan.

3. Hobi Makeup

Jika kamu Suka dandan dan Banyak yang bilang kalau hasil makeup kamu bagus? Ada baiknya jika kamu asa terus dan fokuskan hobi makeup kamu hingga menghasilkan uang dengan jadi makeup artist.

Salah satu makeup artist terkenal Indonesia saat ini adalah Ryan Ogilvy. Ia mengawali karier dengan mengikuti kelas makeup tahun 2005. Kemudian sering mendapat tawaran untuk menjadi makeup artist dalam produksi shooting iklan dan pemotretan majalah.

Ciri khas makeup Ryan adalah gaya natural yang dapat menonjolkan karakter wajah kliennya tanpa terkesan berlebihan sehingga terlihat effortless.

4. Hobi Foto

Buat Anda yang suka dengan dunia fotografi, mulailah lebih serius menggarap hobi Anda karena bisa menghasilkan uang tambahan. Misalnya dengan buka jasa foto atau jualan foto di website stock photo.

Sebagai contoh dan motivasi untuk anda adalah Mario Ardi atau Mario Photographie. Mario mulai tertarik dengan fotografi sejak SMA dengan bayaran Rp 150.000. Ia kemudian bekerja sebagai fotografer majalah interior, food, dan still life product.

Tidak sampai di situ saja, Mario kemudian menjajal kemampuannya dengan menjadi fotografer fashion, beauty hingga kini merambah ke commercial dan wedding, termasuk untuk selebriti.

5. Hobi Menulis

Jika anda memiliki bakat menulis dan banyak yang tertarik dengan hasil tulisan Anda? Jangan ragu lagi untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari hobi menulis Anda ya. Anda bisa memanfaatkan hobi anda agar dapat menghasilkan uang.

Seperti yang dilakukan penulis terkenal Indonesia Andrea Hirata yang sukses dengan buku “Laskar Pelangi”. Bahkan buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam 21 bahasa dan menjadi laris di pasaran.

Selain menjadi penulis buku anda pun bisa menjadi content writer. Anda bisa membuka jasa penulisan artikel blog/website. Banyak pemilik blog/website yang menggunakan jasa penulisan artikel untuk mengisi konten blog mereka.

Itulah 5 Hobi yang dapat menghasilkan uang bila ditekuni. Jadi jangan sia-siakan bakat anda, manfaatkan keahlian dan hobi anda untuk menghasilkan pundi-pundi uang.


tags: ,

Related Pos :