3 Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

By Admin | bisnis

Bisnis Online merupakan peluang usaha yang sedang trend saat ini. Banyak orang menjalankan usahanya secara online untuk meningkatkan penghasilan. Bahkan tidak hanya kaum pria saja, tidak sedikit kaum hawa yang ikut terjun menggeluti dunia bisnis online. Lalu bagaimana langkah memulai bisnis online agar sukses ? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

3 Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Langkah memulai bisnis online memang harus ditentukan sejak awal. Jika anda tidak mempunyai langkah memulai bisnis yang tepat, maka bukan tidak mungkin usaha anda akan mengalami kegagalan di masa berikutnya. Untuk itu, sangat penting menetapkan beragam hal demi mencapai bisnis yang tepat kalau ingin memulai bisnis online.


Tetapi, apakah anda sudah mengetahui apa itu peluang usaha online? Bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana anda mendapatkan uang? Bisnis online adalah sebuah bisnis yang sistemnya sama dengan bisnis offline dimana anda menjual barang dan jasa. Produk berupa barang dan jasa tersebut bisa berupa barang milik orang lain, dan barang milik kita sendiri. Anda menjual produk melalui internet bisa dengan beragam cara. Misalnya, menjual produk melalui facebook, twitter, atau website.

Cara kerja bisnis online juga sama yaitu ada penjual dan ada pembeli. Tetapi, tentu saja transaksi yang dilakukan berbeda karena anda tidak bertemu langsung dengan para pembeli dan mereka melakukan transfer uang lewat bank, cek, dan beragam hal lain.

Lain lagi dengan bisnis online yang melibatkan iklan di dalam blog. Tentu saja, anda akan mendapatkan komisis dari klik iklan tersebut dan tidak ada kaitannya dengan transfer uang hasil penjualan barang serta jasa.

Langkah Memulai Bisnis Online Yang Penting Dilakukan

Ada 3 hal yang perlu anda lakukan sebelum memulai bisnis online agar bisa sukses dan mendapatkan penghasilan dari internet.

1. Menentukan Passion

Passion anda dimana? Apakah anda adalah seorang yang suka menulis atau berjualan produk? Kami rasa hanya ada dua passion tersebut di dalam bisnis online. Orang yang suka menulis, rata-rata enggan untuk berjualan produk serta berhubungan langsung dengan konsumen dan mereka lebih memilih menjadi blogger yang serius. Kemudian, lain ceritanya dengan orang yang tidak suka menulis karena mereka lebih tertarik dengan berjualan produk secara online. Silakan tentukan passion anda, anda berminat menulis atau berjualan produk secara online?

2. Menentukan Model bisnis yang akan dijalankan

Sebuah model bisnis harus menjadi tujuan awal ketika anda menjadi seorang pebisnis internet. Ketika anda telah menemukan sebuah model bisnis, maka berikan dan curahkan seluruh pikiran dan waktu anda untuk mencapai hal tersebut. Jangan dulu berpindah-pindah karena tertarik melihat seorang pebisnis yang sukses dengan model bisnis internet yang lain. Jadilah pribadi yang focus dan anda akan menemukan keberhasilan anda sendiri.

Jika anda suka menulis, maka bisnis model yang tepat adalah menjadi seorang blogger dengan pendapatan melalui iklan yang diterbitkan di blog. Anda akan mendapatkan uang dari klik yang dilakukan oleh setiap pengunjung. Beberapa tempat untuk mendaftarkan blog anda dan menjadi seorang pengiklan adalah Google Adsense, Chitika, Kliksaya, dan Id Blog Network. Ada banyak blogger yang menuai pendapatan besar dari iklan-iklan yang diterbitkan itu. Namun, jika minat anda bukanlah menulis, maka juallah produk anda sendiri atau bantulah orang lain untuk menjualkan produk mereka.

3. Mencari Tempat Belajar Bisnis Online

Ada banyak pusat pembelajaran internet marketing yang mampu memberikan teknik berkelas pada bisnis rumahan modal kecil ini. Tempat belajar internet marketing tersebut tentu saja sangat penting untuk mendukung keberhasilan bisnis online anda. Seringkali, seseorang bisa mencapai keberhasilan yang lebih cepat ketika ia mendalami ilmu internet marketing dari sebuah tempat belajar. Namun, semua itu bergantung kepada anda apakah ingin action atau tidak. Kalau anda segera action maka anda segera berhasil, namun jika anda menglur waktu untuk action maka keberhasilan anda tentu saja akan tertunda.

Itulah 3 langkah memulai bisnis online untuk pemula yang bisa anda terapkan dan lakukan. Pilihlah bisnis sesuai dengan passion anda dan teruslah belajar serta jangan pernah mudah menyerah ketika mengalami kegagalan. Selamat mencoba.

tags: , ,

Related Pos :