21 Cara Mengobati Asam Urat dengan Ramuan Herbal Alami

By Admin | kesehatan

21 cara mengobati asam urat dengan ramuan herbal alami

Cara mengobati asam urat dengan ramuan herbal alami merupakan solusi ampuh dan aman. Metode pengobatan dengan menggunakan bahan tradisional telah dikenal sejak dahulu. Dahulu, penggunaan tanaman obat dalam rangka pengobatan orang sakit selalu dikaitkan dengan mitos dan ilmu sihir. Namun, sekarang penggunaan tanaman obat sudah didukung ilmu modern. Banyak tanaman obat yang dulunya hanya warisan turun temurun, sekarang menemukan cara penggunaan yang baru, setelah dirinci melalui analisis kimia dan uji klinis.

Tanaman obat tradisional asam urat yang selama ini diturunkan oleh nenek moyang kita turun-temurun seperti kunyit, ternyata mengandung manfaat yang luar biasa bagi sistem metabolisme tubuh kita. Tanaman obat memiliki keunggulan yang lebih dari pada obat biasa, karena memiliki kemampuan untuk memperbaiki aktivitas biomolekuler tubuh. Begitu juga dalam penyembuhan penyakit asam urat.


Mengobati penyakit asam urat secara alami dengan menggunakan ramuan herbal, sekarang menjadi tren, bahkan sebagai kebutuhan. Orang semakin sadar untuk mulai kembali ke alam dalam mengobati dan mengatasi berbagai penyakit. Penggunaan bahan herbal alami untuk mengatasi penyakit diyakini bisa memberikan dampak kesembuhan secara menyeluruh dan lebih optimal.

Hal ini dikarenakan penggunaan bahan-bahan herbal alami akan lebih mendorong dan mengoptimalkan tubuh untuk melakukan penguatan diri dalam menghadapi penyakit. Sistem imunitas yang menjadi tujuan utama dalam sistem pengobatan secara alami dengan bahan herbal alami.

Pada kesempatan ini akan kami sajikan beberapa resep ramuan herbal untuk mengobati asam urat yang bisa dipraktekan oleh siapa saja yang ingin mengatasi penyakit asam urat secara alami. Kami akan menyajikan beberapa resep ramuan herbal untuk asam urat dengan harapan bisa dipraktekan sesuai kondisi dan ketersediaan bahan baku yang bisa didapatkan oleh penderita asam urat di lingkungan sekitarnya.

Namun, sebelum mempraktekan cara mengobati asam urat dengan ramuan herbal ini, hedaknya perlu dipahami bahwa dalam menjalankan pengobatan atau menterapi asam urat dengan ramuan alami juga harus memperhatikan berbagai pantangan yang harus dijauhi oleh penderita asam urat.

Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Herbal

Pengobatan akan sia-sia apabila berbagai pantangan masih dilanggar, selain itu anda juga perlu mengetahui penyebab asam urat sehingga bisa mengatasinya dengan tepat. Berikut ini cara membuat ramuan herbal untuk mengobati asam urat secara alami :

1. Mengobati Asam Urat dengan Daun Tempuyung
Salah satu tanaman obat yang berkhasiat adalah Tempuyung yang memiliki nama latin Sonchus Arvensi. Tempuyung dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti batu ginjal, demam, bengkak dan asam urat. Seluruh bagian tanaman tempuyung dapat digunakan sebagai obat. Ciri-cirinya batang berlubang, berbulu, lunak dan bergetah hijau. Kemudian daunnya tunggal, ujungnya runcing, berbentuk lonjong, permukaannya licin, berwarna hijau keunguan dan tepinya berombak. Daun tempuyung inilah yang berkhasiat sebagai penghancur batu ginjal.

Kandungan herbal yang terdapat didalam daun tempuyung berkhasiat menghambat lajunya gerak asam urat dan sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Berikut cara membuat ramuan herbal dari daun tempuyung untuk mengobati asam urat :

Bahan-bahannya:
– 3 sdm Jintan Hitam (nigella sative)
– 2 lembar daun tempuyung
– Sedikit kayu manis
– 10 lembar daun salam
– 700 cc air

Cara membuatnya:
– Cuci semua bahan tersebut lalu rebus hingga air tersisa 200 cc.
– Untuk daun salam dimasukan saat air mendidih untuk menghindari oksidari atsiri oilnya.
– Kemudian saring airnya dan masukan ke dalam gelas.
– Minum air tersebut selagi hangat.

2. Mengobati Asam Urat Dengan Kayu Manis
Kayu manis bahasa latinnya Cinnamomum zeylanicum dan C burmanni sementara dalam bahasa jawa disebut kayu manis jangan. Kayu manis merupakan jenis tanaman berumur panjang penghasil kulit kayu yang dimanfaatkan sebagai rempah (spices). Kayu manis merupakan tanaman asli Indonesia yang tersebar dibeberapa provinsi seperti jawa, maluku, sumatera, papua dan nusa tenggara. Tanaman ini mempunyai nilai ekonomi dan dapat tumbuh dengan baik.

Kayu manis termasuk faimili Lauraceae yang berdaun tunggal, warna pucuk kemerahan dan daun tuanya berwarna hijau tua. Warna bunga kuning berkelamin dua, buahnya berbiji satu dan berdaging dengan bentuk bulat memanjang. Indonesia memang kaya akan tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat tinggi, baik untuk menjaga stamina tubuh maupun sebagai obat penyembuh penyakit. Dalam hal ini, bahan-bahan herbal seperti kayu manis, biji pala, kapulaga dan ubi jalar merah ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat.

Bagi anda yang ingin mengobati asam urat dengan kayu manis berikut cara membuat ramuan herbal asam urat dari kayu manis:

Bahan-bahannya:
– Kayu manis sebesar ibu jari
– 5 gram biji pala
– 5 butir kapulaga
– 5 butir cengkeh
– 200 gram ubi jalar merah
– 10 butir merica
– 15 gram jahe merah
– 200 cc susu sapi cair
– 1500 cc air

Cara membuatnya:
– Siapkan semua bahan-bahan diatas
– kemudian cuci sampai bersih semua bahan-bahan tersebut.
– Setelah dicuci bersih rebus semua ramuan tersebut hingga air tersisa 500 cc
– Setelah airnya tersisa 500 cc saring dan masukan ke dalam gelas.
– Tambahkan susu cair kemudian aduk hingga bercampur rata.
– Minum ramuan tersebut selagi hangat.

3. Mengobati Asam Urat dengan Serai
Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain sitronela, yang tidak disukai oleh nyamauk, maka dari itu serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk atau serangga lainnya.

Selain menjadi obat nyamuk serai juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat. Penyembuhan asam urat dengan memanfaatkan ramuan herbal seperti serai, nanas muda, cuka dan apel malang. Semua bahan tersebut mudah ditemukan. Untuk cara membuatnya yaitu

Siapakan Bahan-bahan:
– 1 buah apel malang
– 2 sdm cuka.
– 1 iris nanas muda.
– 2 batang serai wangi.

Cara membuatnya:
– Potong-potong apel dan nanas, setelah itu rebus dengan sedikit air.
– Kemudian masukan serai wangi, setelah matang angkat dan masukan ke dalam wadah tertutup tunggu sampai dingin.
– Jika airnya sudah dingin siram dengan air cuka, tutup kembali dan biarkan selama 3 hari sampai 1 minggu.
– Boleh ditambahkan madu tapi sebelum disimpan aduk terlebih dahulu.

4. Mengobati Asam Urat dengan Sari Jahe
Tanaman herbal di Indonesia sangat banyak yang bisa dijadikan sebagai obat. Salah satunya adalah Jahe yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Jahe (zingiber afficinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe bisa memberikan rasa hangat dan pedas yang disebabkan oleh senyawa keton bernama Zingeron.

Bagi anda yang ingin mengobati asam urat dengan ramuan herbal jahe adapaun Komposisinya yaitu sari jahe, apel manalagi dan sari temu lawak yang terbukti ampuh mengobati dan mencegah gejala penyakit asam urat kronis.

Berikut cara membuat ramuan herbal asam urat dengan sari jahe:

Bahan-bahan:
– 2 sendok makan sari jahe.
– 1 buah apel manalagi.
– 3 sendok makan sari temulawak.
– air perasan jeruk nipis
– Garam secukupnya.
– 0,5 cangkir air matang.

Cara membuatnya:
– cuci apel sampai bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian.
– Masukan kedalam blender campur dengan air kemudian diblender
– Campurkan bahan lainnya seperti sari jahe, sari temulawak, air jeruk nipis dan garam.
– Setelah di blender masukan ke dalam gelas.
– Minum 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam
Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bahwa daun-daun memiliki beragam kandungan zat yang selama ini tidak kita ketahui manfaatnya. Kaitannya dengan penyembuhan penyakit asam urat, daun salam ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk menetralisir asam urat.

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan nusantara. Pohonnya berukuran sedang, warna batang coklat abu-abu, bersisik atau memecah. daunnya tunggal terletak berhadapan, helai daun berbentuk jorong-lonjong. Bunga kecil-kecil, berbau harum.

Daun salam dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam asam urat. Anda bisa membuat ramuan herbal daun salam dirumah sendiri. Berikut cara memnbuatnya:

Bahan-bahan:
– 7 lembar daun salam.
– 2 gelas air

Cara Membuatnya :
– Siapkan daun salam 7 lebar kemudian cuci bersih.
– Setelah dicuci bersih rebus dengan air dua gelas.
– Tungggu sampai airnya bersisa 1 gelas
– Setelah itu masukan ke dalam gelas.
– Minum pagi dan sore setiap hari.

Mengobati Asam Urat dengan Jus Buah dan Sayur

Selain dengan beberapa ramuan herbal diatas, anda juga bisa mengobati asam urat dengan jus buah dan sayuran. Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dibuat jus untuk menyembukan penyakit asam urat seperti Stroberi, mangga, pepaya, sawi, kunyit, kol dan masih banyak lagi. Berikut Berikut cara membuat jus buah dan sayuran untuk pengobatan asam urat yang bisa anda coba dirumah:

6. Jus Markisa, Kol, Belimbing dan Kunyit
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 150 gram markisa, ambil daging buahnya.
– 60 gram kol
– 150 gram belimbing.
– 60 ml air es.
– 3 potong es batu.
– 1/2 cm kunyit.
– 1 sdm madu
– 1 sdm air jeruk nipis/jeruk lemon.

Cara membuatnya:
– Siapkan semua bahannya kemudian cucui bersih.
– Ambil daging buah markisa, belimbing dan kol di potong-potong.
– Masukan markisa, belimbing, kol, es batu, kunyit, madu, air jeruk nipis dan air es ke dalam tabung blender.
– Blender hingga halus kemudian saring.
– Tuang ke dalam gelas dan hidangkan segera.

7. Jus Bengkuang dan Sawi Putih
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 100 gram bengkuang
– 100 gram sawi putih
– 150 ml perasan air jeruk manis.
– 1 sdm madu
– 3 potong es batu.

Cara Membuatnya:
– Siapkan semua bahan-bahanya.
– Cuci bengkuang dan sawi putih hingga bersih kemudian dipotong-potong.
– Masukan semua bahan ke dalam blender seperti sawi putih, bengkuang, madu, air perasan jeruk manis dan es batu.
– Blender hingga halus dan lembut.
– Setelah halus tuang jus ke dalam gelas siap saji.

8. Jus Mangga dan Stroberi
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 150 gram mangga
– 100 gram stroberi
1 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis.
– 60 ml air es.
– 4 lembar daun mint.
– 3 potong es batu.

Cara Membuatnya:
– Siapkan semua bahan-bahannya kemudian cuci bersih.
– Mangga dikupas dan ambil daging buahnya.
– Stroberi dikupas dan dipotong-potong.
– Masukan semua bahan tersebut ke dalam blender.
– Blender semuanya hingga halus dan lembut.
– Setelah diblender masukan ke dalam gelas dan siap diminum.

9. Jus Mentimun, Sari Kucai dan Paprika hijau
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 300 gram mentimun
– 40 gram daun kucai
– 100 gram paprika hijau.
– 2 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis.
– 2 sdm madu
– 3 potong es batu.

Cara Membuatnya:
– Siapkan semua bahan kemudian cuci bersih.
– Mentimun, daun kucai dan paprika hijau di potong kemudian dimasukan ke dalam blender.
– Blender daun kucai, mentimun dan paprika hijau hingga halus kemudian saring dan ambil sarinya.
– Masukan sarinya ke dalam gelas kemudian campurkan madu, air jeruk lemon dan es batu.
– Aduk sampai rata baru siap untuk diminum.

10. Jus Kiwi dan Leci
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 150 gram kiwi
– 100 gram leci.
– 1 sdm air jeruk lemon.
– 60 ml air es.
– 3 potong es batu.

Cara Membuatnya:
– Siapkan semua bahan-bahannya kemudian cuci hingga bersih.
– Buah kiwi dikupas lalu dipotong-potong.
– Buah leci diambil dagingnya saja.
– Masukan semua bahan ke dalam blender seperti es batu, potongan kiwi, daging leci, air jeruk lemon dan air es.
– Blender semua bahan tersebut hingga halus.
– Setelah semuanya halus masukan ke dalam gelas lalu minum.

11. Jus Nanas dan Melon Iris
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 1/2 buah nanas.
– 2 iris melon
– 1 gelas es serut.

Cara Membuatnya:
– Siapkan semua bahan
– Nanas dipotong kecil-kecil dan melon di korek dengan sendok cocktail.
– Blender halus nanas yang potong kemudian baru masukan melon.
– Setelah halus tuang ke dalam gelas yang berisi es serut.
– Baru kemudian siap diminum.

12. Jus Sirsak dan Melon
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
– 300 gram sirsak
– 50 gram melon.
– 1 sdm air jeruk nipis
– es batu secukupnya

Cara membuatnya:
– Siapkan semua bahan diatas.
– Ambil daging buah sirsak dan buang bijinya, begitu juga dengan melon mabil daging buahnya.
– Blender melon dan sirsak bersamaan hingga halus kemudian tambahkan air jeruk nipis.
– Tuang ke dalam gelas dan beri es batu secukupnya
– Kemudian siap untuk diminum.

13. Jus Nanas untuk Asam Urat
Untuk menyembuhkan asam urat anda bisa membuat jus nanas. Caranya ambil setengah buah nanas yang matang setelah dikupas dan dipotong-potong blender hingga halus. Minim pagi dan malam secara rutin. Untuk diingat, hindari berbagai makanan hasil laut dan turutannya, buncis, bayam, kacang-kacangan dan melinjo.

14. Jus Sirsak untuk Asam Urat
Buah sirsak bisa disantap langsung atau dibuat jus untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Konsumsi 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari. Pantangannya sama makanan hasil laut dan turutannya, buncis, bayam, kacang-kacangan dan melinjo.

15. Jus Alpukat untuk Asam Urat
Bagi anda yang ingin mengobati asam urat dengan jus alpukat, caranya siapkan daging buah alpukat secukupnya yang telah dicuci hingga bersih, potong menjadi beberapa bagian kecil lalu blender dan tambahkan air secukupnya. atau bila anda suka bisa juga diganti dengan susu kedelai.

16. Jus Belimbing Manis untuk Asam Urat
Siapakan buah belimbing segar dan masak kemudian dicuci hingga bersih dan diambil bijinya. Potong kecil-kecil belimbing lalu diblender sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Jus belimbing diminum satu gelas setiap hari pada siang atau malam hari setelah makan.

17. Jus Jambu Biji untuk Asam Urat
Siapkan Jambu biji yang masih segar dan masak lalu buang bijinya dan cuci sampai bersih. Kemudian potong-potong lalu blender sambil menambahkan air sedikit demi sedikit hingga buah menjadi hancur dan halus. Jus buah jambu biji diminum satu gelas 2 jam setelah makan untuk membantu penyembuhan asam urat.

18. Jus Jeruk Keprok untuk Asam Urat
Siapkan buah jeruk keprok yang masih segar dan air matang secukupnya. Jeruk dikupas dan diambil daging buah serta bijinya. Lalu blender hingga halus sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Jus jeruk keprok diminum 2 kali sahri 2 gelas setelah makan mudah-mudahan asam urat anda bisa lekas sembuh.

19. Jus Mangga untuk Asam Urat
Siapkan buah mangga yang masih segar, tidak terlalu lunak dan air matang secukupnya. Mangga dikupas dan diambil dagingnya lalu diblender hingga halus sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Untuk mengobati asam urat Jus Buah Mangga diminum 1 kali sehari, 1 gelas 2-3 jam setelah makan.

20. Jus Melon untuk Asam Urat
Siapkan buah melon yang masih segar dan air matang secukupnya. Melon dikupas dan dipotong kecil-kecil lalu diblender hingga halus sambil menambahkan air secukupnya. untuk mengobati asam urat jus melon diminum 2 kali sehari, 2 gelas pagi dan malam hari.

21. Jus Pepaya untuk Asam Urat
Siapkan buah pepaya yang sudah masak dan air matang secukupnya. Cuci buah pepaya lalu kupas dan dipotong kecil-kecil setelah itu blender sampai halus sambil menambahkan air secukupnya. Jus buah pepaya diminum sekali sehari satu gelas untuk mengobati asam urat.

Itulah 21 cara mengobati penyakit asam urat dengan ramuan herbal alami yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan beberapa cara diatas bisa membantu anda dalam menyembuhkan asam urat dengan segera. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


tags: , ,

Related Pos :