Pengertian Madu dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Kulit

By Admin | manfaat, pengertian

 

a. Pengertian madu

Pengertian Madu adalah cairan yang sangat kental dan memiliki rasa yang manis, diperoleh dari lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang, nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.


manfaat madu bagi kesehatan kulit

b. Manfaat Madu bagi kesehatan kulit

Dari dulu hingga saat ini madu sudah sangat terkenal akan berbagai khasiatnya, manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah. Namun ternyata manfaat madu juga dapat digunakan bagi kesehatan kulit. Ada banyak yang dapat diambil dari manfaat madu bagi kesehatan kulit, salah satu diantaranya yaitu madu dapat bermanfaat sebagai obat tradisional alami yang dapat membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, sebab telah dipercaya dan terbukti khasiatnya bahwa madu dapat dijadikan sebagai antibakteri alami yang dapat membantu melawan jerawat dan bintik merah pada wajah. Manfaat madu dapat juga berguna untuk mengurangi infeksi sehingga terbukti sangat efektif sebagai obat tradisional alami dalam merawat kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

Selain sebagai obat tradisional alami yang dapat digunakan bagi kulit yang berminyak dan berjerawat, Manfaat madu juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami. Hal ini dapat dibuktikan ketika madu dicampur dengan air maka campuran dari keduanya akan membentuk hidrogen peroksida yang merupakan agen mikrobiologis sehingga campuran dari madu dan air tersebut dapat membantu pemulihan pada area kulit yang mengalami luka-luka, bengkak dan memar.

Selain itu, madu dapat juga dimanfaatkan sebagai pembersih alami bagi kulit wajah. Manfaat pembersih alami dari madu ini dapat membantu terbukanya pori-pori pada kulit wajah dan mengangkat berbagai kotoran yang menempel didalamnya sehingga menjadikan kulit wajah tampak bersih dan bersinar. Menggunakan pembersih alami dari madu secara rutin akan membantu kulit wajah menemukan titik keseimbangan kadar minyak didalamnya.

Menggunakan madu sebagai pembersih alami dalam merawat kulit wajah agar tampak bersih dan bersinar telah terbukti juga tidak akan membuat kulit terasa kering malahan dengan menggunakan madu kulit akan terasa makin lembap sehingga menjadikan kulit akan tetap lembut. Sebab kandungan alami yang terdapat pada madu berkhasiat dapat melindung kulit wajah dari paparan sinar UV dan madu dapat juga mencegah penuaan dini dengan menekan penampakan keriput pada wajah. Madu juga banyak mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kerusakan pada kulit.


Related Pos :