17 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya bisa untuk kesehatan dan juga kecantikan. Banyak orang menggunakan ramuan lidah buaya untuk mengobati penyakit dan kecantikan. Bahkan sekarang ini banyak sekali produk-produk kecantikan yang terbuat dari bahan lidah buaya. Lalu apa saja manfaat Lidah Buaya tersebut? simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Lidah buaya, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Lidah buaya dalam bahasa latinnya disebut dengan Aloe barbadensis Milleer atau Aloe vera. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki duri disetiap sisi pinggirnya. Asal tanaman ini dari benua Afrika. Daun pada lidah buaya ini tebal berwarna hijau yang disertai totol-totol putih. Di Indonesia sendiri, tanaman lidah buaya sudah banyak dibudidayakan dan dimanfaatkan. Pemanfaatan lidah buaya ini mulai dari minuman, makanan hingga produk kecantikan. Tanaman lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yang tergolong kedalam suku Liliaceae dan sebagian besar merupakan hasil persilangan lidah buaya satu dengan yang lainnya.

Kandungan yang terdapat Pada Lidah Buaya

Pembudidayaan lidah buaya cukup mudah, yang perlu diperhatikan adalah unsur tanah dan jumlah air yang digunakan untuk merawat tanaman ini. Tidak jarang tumbuhan ini dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kandungan nutrisi pada lidah buaya ini cukup baik bagi kesehatan manusia.

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi pada setiap 100 gram lidah buaya, antara lain:

  • Energi 4 kal
  • Protein 0,1 gr
  • Lemak 0,2 gr
  • Karbohidrat 0,4 gr
  • Kalsium 85 mg
  • Fosfor 186 mg
  • Zat besi 0,8 mg

Selain kandungan tersebut, ternyata pada lidah buaya juga terdapat vitamin A, B1, B2, B3, B12, C dan E. Pada lidah buaya segar terdapat enzim amilase, catalase, cellulase, carboxypeptidase dan sebagainya. Tanaman Lidah Buaya yang banyak kita temui di perkarangan rumah ternyata memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Jenis lidah buaya sangat banyak, salah satunya adalah Aloe bainesii. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 6 meter. Jenis yang satu ini bercabang seperti pohon dan sangat langka. Harga yang dipatok untuk tanaman aloe bainesii dapat mencapai Rp 1.000.000 per batangnya. Baca juga: Manfaat Bawang Putih Tunggal/Bawang Lanang

Dengan berbagai pengolahan terhadap lidah buaya, maka dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan kosmetik. Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi lidah buaya ini. Penasaran apa saja manfaat yang diperoleh dari lidah buaya? Berikut khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

1. Mengobati wasir

Khasiat Lidah Buaya bisa mengobati Wasir yang sering sekali terjadi pada seseorang. bila anda mengalami wasir bisa mencoba ramua dari Lidah Buaya untuk mengatasinya. Untuk mengobati wasir dengan Lidah Buaya dapat melakukan cara sebagai berikut:

  • sediakan 200 gram lidah buaya, 2 sendok makan madu dan 1/2 cangkir air matang
  • parut lidah buya, kemudian tambahkan dengan madu dan air
  • aduk hingga rata
  • saring airnya dan minuma 3 kali dalam sehari

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat berikutnya dari lidah buaya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Dalam hal ini sistem pencernaan akan lancar dan mempercepat proses penyerapan nutrisi kedalam tubuh karena kandungan serat pada lidah buaya. Caranya dengan mengkonsumsi olahan lidah buaya.

3. Mengobati gigitan serangga

Gigitan serangga terbilang cukup sakit karena menyebabkan rasa panas dan gatal pada kulit. Sehingga kulit menjadi perih dan lecet. Nah, untuk mengatasi gigitan serangga maka dapat diatasi dengan memberikan gel lidah buaya pada kulit tersebut. Rasa dingin dari gel ini dapat mengobati gigitan serangga.

4. Mengatasi diabetes

Diabetes merupakan masalah utama pada kesehatan manusia. Untuk mengatasi diabetes dengan lidah buaya ternyata cukup mudah. Caranya dengan merebus daging lidah buaya pada 3 gelas. Diamkan hingga mendidih dan sisakan menjadi 1,5 gelas. Minum air tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Sumber asam amino

Tubuh manusia membutuhkan sedikitnya 20 asam amino setiap hari untuk membangung protein. Ternyata tubuh manusia juga tidak dapat menghasilkan beberapa jenis asam amino sendiri. Oleh karena itu harus dibantu dengan sumber asam amino tersebut. Untuk itu gunakanlah lidah buaya untuk menambah dan melengkapi asam amino pada tubuh, dengan cara membuat jus lidah buaya.

6. Mengeluarkan racun tubuh

Manfaat berikutnya dari lidah buaya yaitu dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan gelatin pada lidah buaya. Dengan adanya gelatin, maka racun yang berada dalam tubuh seperti pada usus dapat keluar melalui feses maupun urine.

7. Menghilangkan flek hitam

Noda hitam atau flek pada wajah ini dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Caranya cukup mudah, sebelumnya cuci muka dengan air dingin kemudian oleskan gel lidah buaya pada wajah. Tunggu hingga mengering kira-kira sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukan secara rutin hingga flek hitam semakin menipis dan hilang.

8. Sebagai antioksidan

Kita sudah tahu manfaat lidah buaya sebagai antioksidan. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa kimia alami pada lidah buaya. Contohnya, kandungan lidah buaya dapat mengatasi kanker usus. Untuk pencegahan maka dapat mengkonsumsi lidah buaya secara rutin.

9. Mengurangi berat badan

Pola makan yang tidak sehat dapat menimbulkan suatu masalah baru seperti berat badan yang meningkat dengan tidak terkendali. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berat badan makan gunakanlah lidah buaya. Serat pada lidah buaya juga dapat mengurangi berat badan. Sistem pencernaan akan lebih mudah menyerap serat ini.

10. Alkalisasi tubuh

Alkalisasi merupakan suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, ini diperoleh dari makanan yang dikonsumsi yang memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam. Untuk itu dapat menggunakan jus lidah buaya atau olahan lidah buaya untuk dikonsumsi.

11. Mencegah peradangan

Peradangan pada sendi ini bisa diakibatkan karena kurangnya menjaga kesehatan tubuh atau mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Hal ini dapat diatasi dengan lidah buaya. Kandungan senyawanya dapat mencegah dan mengobati peradangan atau rasa nyeri pada sendi.

12. Meningkatkan sistem imun

Mengkonsumsi lidah buaya ternyata dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi lidah buaya secara teratur makan kekebalan tubuh terhadap radikal bebas semakin meningkat. Selain itu kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya tidak memberikan efek samping pada tubuh jika dikonsumsi secukupnya.

13. Mengurangi stretchmark

Manfaat lidah buaya berikutnya untuk mengurangi stertchmark pada wanita. Keadaan stertchmark sering terjadi pada kaum wanita ketika proses melahirkan. Dengan bantuan dari gel lidah buaya, maka stretchmark dan luka-luka bekas operasi dapat disembuhkan.

Baca juga: 15 Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi kesehatan

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Selain untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit, Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya juga banyak digunakan untuk kecantikan, seperti:

1. Menghilangkan ketombe

Ketombe yang ada dirambut dapat menjadi permasalah bagi kebersihan kepala. Ketombe ini muncul akibat kotoran dan debu yang melekat pada kulit kepala. Untuk menghilangkan ketombe dapat menggunakan lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan gel atau lendir dari lidah buaya pada kulit kepala. Ratakan seperti shampoo dan biarkan hingga 1 jam. Setelah itu bilas dan gunakan shampoo untuk membersihkannya.

2. Mencegah rambut rontok

Manfaat lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Untuk mencegah rambut rontok dengan lidah buaya, maka caranya dengan menggunakan lidah buaya sebagai shampoo atau conditioner untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini dapat membuat rambut lebih lebat dan berkilau.

3. Menyuburkan alis dan bulu mata

Alis dan bulu mata yang indah juga merupakan idaman bagi wanita. Untuk menyuburkan alis dan bulu mata tidak perlu pergi ke salon kecantikan. Dengan menggunakan lidah buaya, maka sudah seperti ke salon. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada alis dan bulu mata. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mencegah penuaan dini

Kerutan dan garis pada wajah ini menandakan bahwa bertambahnya usia seseorang yang semakin tua. Namun hal itu juga dapat dicegah dengan lidah buaya. Caranya dengan membuat jus lidah buaya. Kandungan vitaminnya dapat mencegah kulit menjadi keriput serta menjaga kelembaban pada kulit.

Sebaiknya konsumsi lidah buaya juga harus dibatasi dan sesuai dengan kebutuhan. Walaupun efek sampingnya tidak ada atau kecil, kita juga harus perlu mewaspadainya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diwaspadai pada lidah buaya, antara lain:

  • Jika mengkombinasikan lidah buaya dengan tanaman lain, sebaiknya jangan direbus. Hal ini dapat bertentangan dengan senyawa lainnya yang terkandung pada tanaman lainnya. Cara lainnya dapat menggunakan suplement lidah buaya atau tanaman lainnya yang telah diolah menjadi bubuk dalam kapsul.
  • Khusus untuk orang yang memiliki masalah kandungan serta limpa. Usahakan jika memiliki masalah tersebut jangan mengkonsumsi lidah buaya. Jika ingin mencobanya boleh saja, asalkan sedikit misalnya 2-3 sendok makan saja.
  • jangan menggunakan lidah buaya ketika haid atau pada masa kehamilan. Senyawa kimia pada lidah buaya dapat meluruhkan haid sehingga dapat menimbulkan masalah baru.

Kesehatan tubuh ini hal yang sangat penting. Untuk itu, konsumsilah lidah buaya secukupnya jangan sampai berlebihan. Semoga artikel manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan ini berguna.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *