15 Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan tidak hanya untuk menjaga kesehatan kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit dan masalah kesehatan seperti Anti inflamasi, Mencegah peradangan, Mencegah kanker, Sebagai antioksidan dan masih banyak lagi. tidak heran jika kunyit sering dijadikan bahan untuk membuat ramuan tradisional.

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit merupakan rempah yang berasal dari India. Kunyit ini merupakan salah satu tumbuhan rimpang selain jahe dan lengkuas. Nama latin kunyit yaitu Cucurmae domesticae rhizoma. Pohon kunyit ini dapat tumbuh hingga 50-70 cm. Ciri khas dari kunyit ialah memiliki batang semu, akar serabut yang berwarna coklat muda serta membentuk rimpang. Bagian tanaman kunyit yang dapat dijadikan bumbu dapur adalah rimpang atau umbi dan daunnya. Daun kunyit digunakan untuk menambah aroma harum pada masakan. Sedangkan rimpangnya digunakan untuk memberikan warna alami pada makanan.

Kunyit tumbuh dengan baik di tanah yang tata pengairannya baik, curah hujan 2.000 mm sampai 4.000 mm tiap tahun dan di tempat yang sedikit terlindung. Tapi untuk menghasilkan rimpang yang lebih besar diperlukan tempat yang lebih terbuka. Rimpang kunyit berwarna kuning sampai kuning jingga. Kandungan senyawa pada kunyit dipercaya sebagai obat herbal yang disebut dengan kurkuminoid. Pada kurkuminoid terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin serta bisdesmetoksirkurkumin. Sebelum melangkah lebih lanjut tentang manfaat dari kunyit, sebaiknya kita harus mengetahui beberapa kandungan kimia alami pada kunyit, seperti:

  • Mineral
    Pada kunyit terdapat kandungan mineral yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Contoh mineral yang terdapat pada kunyit yaitu kalsium, natrium, timbal, seng, bismuth, magnesium besi, mangan kobalt dan alumunium.
  • Minyak atsiri
    Kunyit mengandung minyak atsiri sebanyal 2% – 5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron, aril kurkumen, bisabolen, seskuifellandren, kurlon kurkumol, atlanton, zingiberin, humulen.
  • Zat pewarna
    Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3% – 4% dan yang terdiri dari dihidrokurkumin, curcumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Zat lain yang terdapat pada kunyit tersebut adalah fruktosa, pati, glukosa, dammardan tannin serta arabinosa. Itu semua merupakan kandungan yang ada pada kunyit. Ternyata kunyit juga dikenal sebagai antibiotik alami. Manfaat dari kunyit ini sangat besar bagi kesehatan. Ingin tahu lebih lanjut manfaat kunyit untuk tubuh?

Lihat Juga:

Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Bagi anda yang belum tahu apa saja Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, berikut ulasan lengkapnya. Siapa tahu anda mengalami salah satu masalah kesehatan dibawah ini dan bisa menggunakan kunyit untuk mengatasinya.

1. Mencegah kanker

Kunyit dipercaya berkhasiat mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan pada kunyit yaitu kurkumin dapat melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang merusak DNA. Selain itu kandungan tersebut dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker serta menghambat sintesis protein yang dianggap berperan dalam pembentukan sel tumor maupun kanker. Jenis kaner yang dapat dicegah dengan kunyit yaitu kanker hati, prostat, darah dan usus besar.

2. Mencegah alzheimer

Alzheimer merupakan sindrom dengan apoptosis sel otak yang tidak menular. Dengan kata lain, alzheimer merupakan penuyusutan otak yang semakin lama semakin mengecil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, bila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih kuat, yang melindungi otak melawan oksidatif.

3. Anti inflamasi

Kunyit memiliki khasiat sebagai anti inflamasi karena Pada kunyit terdapat minyak volatile yang bersifat anti inflamasi. Kandungan ini lebih baik dibandingkan dengan minyak atsiri karena pigmen kuning pada kunyit. Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti motrin.

4. Mencegah depresi

Manfaat kunyit selanjutnya untuk mencegah Depresi. Depresi yang terjadi pada seseorang dikaitkan dengan neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocamus. Kandungan pada kunyit dapat membantu proses neurotropik sehingga dapat memberikan efek anti depresi pada seseorang.

5. Mencegah peradangan

Kandungan kunyit yang dapat memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi terasa sangat lega ketika mengkonsumsi herbal ini. Dalam sebuah penelitian terbaru tentang pasien dengan rheumatoid arthritis atau peradangan sendi kronis dapat diatasi dengan kunyit. Kurkumin dibandingkan dengan fenilbutazon akan menghasilkan perbaikan yang sebanding dalam durasi singkat seperti kaku pada pagi hari dan mengurangi pembengkakan sendi.

6. Menjaga kesehatan hati

Kandugan senyawa pada kunyit ini mampu menjaga kesehatan serta meningkatkan fungsi hati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat anti-oksidan. Sehingga hati akan tetap terjaga dan tetap stabil.

7. Sebagai antioksidan

Kandungan curcumin merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya yang dimilikinya. Selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, curcumin akan melawan atau membunuh radikal bebas.

8. Mencegah leukimia

Leukimia merupakan dimana jumlah sel darah putih diluar batas normal sehingga kekurang sel darah merah. Kandungan curcumin pada kunyit menurut prof Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Center, Chicago dapat menghambat radiasi kerusakan kromoson, menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel, mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin serta enghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik.

9. Obat diabetes

Kencing manis atau yang disebut dengan diabetes dapat diatasi dengan memuat ramuan yang berasal dari kunyit. Caranya dengan merebus 3 rimpang kunyit dan sentengah sendok makan garam dalam 1 liter air. Biarkan hingga mendidih, setelah dingin saring airnya.

10. Obat disentri

Ternyata kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati disentri. Rebus 2 rimpang kunyir, gambir dan kapur sirih secukupnya pada 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin minum airnya, lakukan hingga disentri berangsur-angsur sembuh.

11. Melancarkan haid

Kunyit berkhasiat untuk melancarkan haid. Bagi kaum wanita, haid yang tidak lancar akan menjadi masalah besar. Untuk itu, agar haid tetap lancar maka dapat menggunakan ramuan dengan bahan dasar kunyit. Caranya siapkan 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh biji pala dan ketumbar serta daun sri gading secukupnya. Tumbuk semua bahan tersebut kemudian rebus dalam 1 liter air dan diamkan sampai mendidih. Setelah dingin saring airnya dan diminum 1 gelas setiap harinya.

12. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine agar tidak terlalu tinggi. Asupan B6 merupakan salah satu asupan tinggi vitamin B6 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Mengkosumsi 500 mg kurkumin per hari selama 7 hari, tidak hanya melakukan menurunkan tingka oksidasi darah sehingga menurunkan kolesterol sebesar 33%, tetapi total kolesterol mereka turun 11.63%, dan HDL mereka (kolesterol baik) meningkat sebesar 29%

13. Mencegah penumpukan gas

Kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga dikenal karena membantu meningkatkan penyerapan usus dan mempromosikan flora usus. Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat-kumatan dan sulit untuk bisa sembuh total. Colitis dapat menyebabkan sakit perut, dan ditandai dengan adanya darah dalam tinja. Studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, menemukan bahwa pasien yang diberi kunyit memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah.

14. Sebagai pewarna makanan

Selain untuk kesehatan ternyata manfaat kunyit bisa sebagai pewarna makanan. Warna kuning serta orange pada kunyit merupakan pewarna alami pada makanan dan minuman. Sehingga perwarna tersebut tidak berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi.

15. Mengatasi gatal

Terkena ulat bulu dapat menyebabkan kulit gatal, merah dan membengkak. Untuk mengatasi gatal karena ulat bulu dapat digunakan kunyit sebagai obat antiseptiknya. Caranya dengan menumbuk halus kunyit dan dioleskan pada bagian yang gatal.

Itulah beberapa manfaat utama dari kunyit. Mengkonsumsi kunyit sebaiknya jangan berlebihan. Walaupun herbal, tetapi ada efek sampingnya. Efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi kunyit berlebihan adalah:

  • Gangguan lambung
  • Menurunkan efek kemoterapi
  • Menyebabkan pendarahan karena penggumpalan trombosit
  • Merangsang rahim
  • Susah diserap tubuh

Mungkin masih banyak khasiat dan manfaat kunyit selain yang sudah disebutkan diatas. Bagi anda yang ingin menggunakan ramuan kunyit untuk menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit silahkan dicoba. Demikianlah semoga berguna dan menambah wawasan kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *