14 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Madu adalah sejenis cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu. Rasanya yang kas membuat banyak orang didunia tergila-gila padanya. Selain lezat, madu juga mengandung jutaan kandungan gizi yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu manfaat madu bagi manusia adalah untuk kesehatan dan kecantikan. Sayangnya, belum banyak wanita yang mengetahui mengenai hal ini. Oleh karena itu, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan seorang wanita.

14 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Madu, sejak dulu memang dikenal sebagai makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Madu yang merupakan hasil dari lebah bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. Bisa juga dibuat minuman, misalnya dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa campuran madu dan air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain untuk kesehatan madu juga memiliki manfaat sebagai bahan untuk kecantikan wanita. Madu bahkan sering kali jadikan sebagai salah bahan masker wajah. Nah, untuk lebih jelas mengenai manfaat madu simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

#. Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Berikut ini khasiat dan manfaat madu dan air hangat seperti dilansir laman Boldsky:

1. Atasi batuk dan dingin

Madu memiliki efek penyembuhan akibat infeksi dingin dan air hangat mengobati sakit tenggorokan Anda. Madu dengan air hangat juga membantu membawa keluar dahak yang menumpuk.

2. Menurunkan berat badan

Kombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karenanya, minumlah segelas ramuan ini setiap pagi agar Anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

3. Gerakan usus

Minumun campuran madu dengan air hangat bisa membantu untuk menjaga pergerakan usus secara teratur. Selain itu saat pergerakan usus sangat halus, secara tak langsung ia membantu membersihkan usus besar dari toksin.

4. Meningkatkan energi tubuh

Madu memberi Anda energi tetapi tak membuat Anda gemuk. Karena itu, idealnya Anda harus meminum minuman sehat ini setiap pagi.

5. Kesehatan Kulit

Madu memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-jamur. Itu sebabnya, minuman ini membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat. Selain itu, meminum campuran madu dan air hangat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sempurna. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan kulit.

6. Mengingkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah meningkatkan kekebalan terhadap batuk dan dingin. Tak sebatas itu, minuman ini membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Madu dan air hangat merupakan penguat untuk sistem metabolisme Anda. Makanan Anda akan dicerna dan diserap dengan cepat jika Anda meminum minuman sehat ini. Alhasil, Anda memiliki selera makan yang baik dan juga menurunkan berat badan.

8. Mencegah dehidrasi

Campuran air hangat dan madu bisa membantu untuk menambah cairan dalam tubuh Anda. Sehingga Anda tetap terhidrasi dan energik sepanjang hari.

9. Baik untuk pencernaan

Madu memiliki enzim yang dapat membantu Anda mencerna makanan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan maka Anda harus meminum madu dengan air hangat setelah makan makanan inti.

#. Manfaat Madu untuk Kecantikan

Berikut beberapa khasit dan manfaat Madu untuk kecantikan :

1. Melembabkan Kulit

Hal tersebut dikarenakan madu memiliki keistimewaan yaitu dapat menyimpan oksigen dan uap air dari udara sehingga jika dibalutkan pada kulit maka kulit akan senantiasa lembap. Oleh karena itu, banyak sekali produsen-produsen produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasar mereka dalam pembuatan pelembap. Selain dapat melembapkan kulit, madu juga dapat mencegah dan mengurangi keriput yang timbul dikulit wajah dengan cukup akurat. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan kulit. Baca juga: Cara Membuat Masker Madu untuk Wajah

2. Menghilangkan Bekas Luka

Luka yang tidak diatasi dengan cara yang tepat seringkali membuatnya meninggalkan bekas yang cukup mengganggu kepercayaan diri seorang wanita. terlebih jika bekas tesebut berada pada area tubuh yang terlihat seperti pada wajah. Untuk menghindari hal tersebut, sejumlah penelitian yang dilakukan oleh ilmuan menyatakan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat luka yang ampuh dan dapat meminimalisir terbentuknya bekas luka. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung enzim hydrogen peroxide yang sudah terbukti ampuh untuk menanggulangi masalah yang bersangkutan dengan luka.

Cara mendapat manfaat ini adalah dengan meratakan madu pada luka yang masih baru dan biarkan kandungannya meresap. Jangan lupa menutupnya dengan perban agar tidak dihinggapi lalat. Selain itu, madu juga dapat menghindari terjadinya infeksi pada luka karena ia juga mengandung antiseptik yang cukup berlimpah.

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat madu bagi kecantikan yang berikutnya adalah sebagai obat bagi penyakit kulit. dalam madu terdapat zat yang mampu mengatasi jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Contoh jamur kulit yang dapat disembuhkan dengan madu adalah panu, kurap dan penyakit kulit lainnya. Caranya-pun cukup mudah yaitu dengan memakai madu sebagai lulur pada bagian tubuh yang terkena penyakit jamur.

4. Menangkal Radikal Bebas

Khasiat madu bagi kecantikan yang keempat adalah sebagai penangkal radikal bebas. Madu merupakan cairan manis yang kaya akan kandungan antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat berperan sebagai penjaga tubuh manusia agar terlihat tetap muda. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang banyak bertebaran dilingkungan kita sehari-hari. Dengan begitu, kulit anda akan lebih awet muda dan dapat memperlambat munculnya kerutan seperti keriput.

5. Mencegah Jerawat

Faktor penyebab jerawat sangatlah beragam, mulai dari karena kurang menjaga kebersihan kulit, sering terkena polusi, kelebihan produksi lemak hingga karena bakteri jerawat. Madu sendiri memiliki peran dalam mencegah dan mengatasi jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari jerawat asalkan anda selalu rajin membersihkan kulit dan selalu menghindari polusi udara dengan cara mengenakan masker. Dengan melakukan rangkaian tersebut, anda akan mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas jerawat.

Oke, itu dia beberapa manfaat madu bagi kesehatan dan Kecantikan yang perlu Anda tahu. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi baru bagi anda yang ingin tampil lebih sehat dan cantik.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *