14 Cara Mengobati Diabetes Mellitus Dengan Ramuan Herbal Alami

By Admin | kesehatan

cara mengobati diabetes mellitus dengan ramuan herbal

Cara mengobati diabetes mellitus dengan ramuan herbal alami merupakan solusi terbaik. Beberapa tanaman herbal seperti pare, bawang merah, jamblang, manggis dan lain sebagainya, selain terbukti ampuh mengatasi diabetes juga aman digunakan tanpa efek samping.

Perlu diketahui, diabetes mellitus atau kencing manis adalah suatu penyakit yang amat serius. Tidak sedikit penderita yang kemudian berujung pada kematian. wabah kencing manis banyak terjadi pada kelompok usia baya dan tua. Akan tetapi fenomena sekarang ini, penyakit diabetes (kencing manis) juga banyak menimpa usia anak-anak, remaja dan warga kurang mampu. Hal ini bisa dipengaruhi antara lain karena kurang adanya gerak tubuh dan menu konsumsi makanan siap saji seperti hotdok, pizza, humberger, spaghetti dan beberapa makanan pembawa penyakit lainnya.


Diabetes tergolong penyakit menahun, bahkan tidak jarang penderita kencing manis bergantung pada obat sepanjang hidupnya. Padahal, obat sendiri membawa dampak ekonomi selain efek samping tentunya. oleh karena itu tidak heran banyak penderita diabetes melirik penggunaan tanaman obat untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Beberapa tanaman obat anti diabetes, selain yang telah digunakan secara tradisional juga telah diteliti secara ilmiah di antaranya adalah pare, bawang merah, bawang putih, brontowali dan masih banyak lagi tanaman herbal lainnya.

Baca juga:

Manfaat Tanaman Herbal untuk Diabetes

Kadar gula darah yang terjaga bisa menghindarkan kita dari kerusakan saraf, penyakit kardiovaskular, sampai gagal ginjal. Karena itulah, kita harus paham betul mengenai manfaat tanaman herbal. Hal ini karena tanaman herbal bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk mengobati diabetes dari pada anda harus terus menerus mengkonsumsi obat kimia yang tentu biayanya cukup mahal.

Jika anda barus saja memeriksa kadar gula darah dan ternyata hasilnya tinggi, lidah buaya bisa menjadi sumber tanaman yang tepat. Getah kering serta gel bagian dalam daunnya bisa bekerja secara efektif menurunkan HbA1c.

Anda mungkin terkejut dengan fakta bahwa beberapa bahan yang biasa anda gunakan dalam memasak setiap haru ternyata memiliki manfaat sebagai obat yang bisa sangat berkhasiat untuk terapi pengobatan diabetes. Misalnya daun kemangi sangat mendukung sekresi insulin dalam tubuh. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sesudah makan ataupun saat puasa.

Selain kemangi, bawang putih dan bawang merah juga mengandung manfaat bagi penderita diabetes. Manfaat tanaman bawang putih yang merangsang pankreas dalam menghasilkan insulin, memperbaiki sel-sel pankreas, dan tentunya menurunkan kadar gula darah. Daun mangga pun juga tak kalah ampuh. dengan kandungan zat di dalamnya daun mangga bisa memberikan manfaar untuk mengobati penyakit diabetes.

14 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Diabetes

Nah, bagi anda yang ingin mengatasi masalah diabetes dengan obat herbal pada kesempatan ini akan kami tuliskan cara mengobati diabetes mellitus dengan ramuan herbal alami yang bahan-bahannya mudah ditemukan disekitar anda.

1. Mengobati Diabetes dengan Pare
Pare merupakan tumbuhan merambat yang bentuknya panjang dan runcing dengan permukaan bergerigi. Anda semua tentu tidak asing lagi dengan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran ini. Ya, buah yang sangat familiar di Indonesia ini selain untuk sayuran juga bisa digunakan sebagai obat.

Pare merupakan tanaman obat paling dicari di China sejak tahun 1578. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat malaria, obat batuk, tonikum, penyembuh luka dan penambah nafsu makan. Namun, tidak hanya itu, berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan diberbagai negara ternyata buah pare berkhasiat mengobati diabetes.

Pare adalah obat antidiabetes paling tua dan banyak dipakai karena dapat menurunkan kadar gula darah dan menstimulir sel beta pankreas tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak. Adapun cara penggunaan buah pare untuk mengobati diabetes adalah

– Buah pare di buat Jus
– Jus buah pare dikonsumsi 50-60 ml per hari.
– Jangan menggunakan dosis terlalu tinggi karena bisa membuat sakit perut dan diare.
– Jangan pula digunakan dengan obat diabetes dari dokter karena bisa menyebabkan sakit perut.
– Tidak dianjurkan bagi anak-anak, ibu hamil dan orang yang kadar gulanya cenderung rendah karena bisa membahayakan.

2. Mengobati Diabetes dengan Bawang Merah
Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak pernah tinggal dalam masakan. Selain sebagai rempah masakan bawang merah ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam menurunkan kadar gula darah. Cara mengobati diabetes dengan bawang merah yaitu dikonsumsi setiap hari 25-200 mg bawang merah dapat meringankan penderita diabetes. bahkan tidak hanya bawang merah, bawang putih juga dianjurkan bagi penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi bawang baik mentah maupun dimasak karena efeknya sama.

3. Mengobati Diabetes dengan Jamblang Juwet
Jamblang atau Juwet atau Dalas memiliki setumpuk manfaat bagi kesehatan. Jamblang memiliki beberapa varietas ada yang berwarna hitam, biru, ungu dan putih. Nah, untuk mengobati diabetes atau kencing manis yaitu Jamblang buah putih. Biji Jamblang berkhasiat mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes.

Biji jamblang memiliki zat glukosida phytomellin yang mampu mengurangi kerapuhan pembulu darah kapiler sehingga luka menjadi cepat sembuh. Selan itu biji jamblang juga memiliki kandungan alpha phytosterol yang mampu melibas gejala yang sering dialami penderita diabetes seperti rasa cepat capek dan kekurangan tenaga. berikut cara penggunaan biji jamblang untuk mengobati diabetes.

– Sediakan 7 biji jamblang bawang segar.
– Tumbuklah hingga halus.
– kemudian rebus dengan 2 gelas air.
– Air rebusan dapat anda bagi untuk dikonsumsi 3 kali sehari.
– Pemberian ramuan ini biasanya berlangsung antara 2-3 hari.
– Apabila badan sudah merasa segar, tidak lesu dan kekurangan tenaga lagi (kadar gula stabil), anda bisa menghentikan pengobatan.

4. Mengobati Diabetes dengan Manggis
Buah Manggis selain memiliki rasa yang manis dan enak kulitnya pun memiliki banyak khasiat yang luar biasa dalam menumpas segala penyakit termasuk diabetes. Buah manggis kini menjadi salah satu obat diabetes yang dipercaya menjadi solusi terbaik bagi para penderita diabates.

Buah manggis dapat membantu mengatasi diabetes karena di dalamnya terdapat zat yang dapat memperlambat produksi hormon insulin sehingga dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Senyawa antioksidan yang terdapat didalam buah manggis juga bermanfaat bagi tubuh kita karena senyawa antioksidan tersebut dapat melawan serangan radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi penderita diabetes. Nuah manggis juga dapat menjaga berat badan penderita diabetes agar tetap stabil. Hal ini sangat baik karena jika berat badannya stabil menunjukan bahwa kadar gula dalam darahnya juga stabil.

Selain daging buah manggis mengandung zat yang bisa mencegah diabetes ternyata kulitnya juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Kulit ini mengandung zat Xamthone yang juga dapat mencegah penyakit diabetes yang seringkali menimpa orang yang mempunyai kelebihan berat badan. Zat xamthone dapat mengubah makanan menjadi energi dan dapat melunakan sel-sel kembali. Biasanya obesitas disebabkan karena mudahnya membran sel kita membesar dan mengeras.

Banyaknya manfaat buah manggis untuk diabetes maka tidak salah jika kita mengkonsumsinya secara rutin yaitu sehari sekali. Anda bisa mencobanya dan merasakan sendiri manfaatnya.

5. Mengobati Diabetes dengan Umbi Bidara Upas
Tanaman Bidara upas sering tumbuh liar dihutan, meskipun kadang ditanam di halaman rumah dekat pagar sebagai tanaman obat. Bidara upas memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, menghilangkan bengkak, menetralkan racun dan yang terpenting mampu menetralisir penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan kimianya yang berupa damar, resin, pati dan zat pahit.

Selain enak dimakan, umbinya juga bisa digunakan untuk obat. Misalnya, pada pemakaian luar digunakan untuk memperlancar keluarnya air susu ibu (ASI), obat luka bakar, luka potong, penyakit kulit, bengkak, gigitan ular dan lain sebagainya. Dan untuk mengobati diabetes umbi bidara upas terbilang cukup efektif. Adapun cara membuat ramuan herbal kencing manis (diabetes) dengan umbi bidara upas sebagai berikut:

Bahan-bahannya:
– Umbi segar 100 gram

Cara Membuatnya:
– Umbi Bidara Upas dicuci bersih
– Kemudian di parut halus
– Setelah itu peras dengan sepotong kain.
– Air perasan umbi bidara upas diminum setiap gai, 1/2 jam sebelum makan.

Selain untuk mengobati diabetes umbi bidara upas juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit lain seperti usu buntu, muntah darah, typhus, batuk, difteri, kanker, kusta dan lain sebagainya.

6. Mengobati Diabetes dengan Brotowali
Brotowali pada awalnya tumbuh liar di hutan, tetapi sekarang ini bisa kitas temui di ladang atau di halaman rumah. Biasanya Brotowali ditanam sebagai tumbuhan obat. Sifat kimiawi brotowali yang pahit dan sejuk membuatnya bisa menghilangkan rasa sakit dan menurunkan panas.

Kandungan kimia berupa alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin dan palmatin membuat brotowali dapat menyembuhkan rematik, demam, menaikan nafsu makan dan mengobati kencing manis (diabetes). Adapun cara membuat ramuan brotowali untuk mengobati penyakit diabates yaitu sebagai berikut:

Bahan-bahan:
– Daun sambiloto 1/3 genggam.
– Daun kumis kucing 1/3 genggam.
– Batang brotowali 3/4 jari.

Cara membuatnya:
– Semua bahan dicuci bersih
– Setelah itu potong-potong seperlunya.
– Rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas.
– Minum setelah makan, 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

7. Mengobati Diabetes dengan Pulai
Pulai merupakan satu suku tumbuhan kamboja-kambojaan. pulai tersebar di seluruh nusantara. Nama lain pulai yaitu kayu bagus, pule, lamo, lame dan jelutung. Tanaman pulai berbentuk pohon dengan tinggi antara 20 sampai 25 meter. Batangnya lurus berdiameter mencapai 60 cm. Kulit batangnya rapuh dan rasanya sangat pahit karena bergetah putih. Kulit kayu mengandung alkaloida ditain, ekitamin (ditamin), ekitenin, ekitamidin, alstonin, ekiserin, ekitin dan lain-lain.

Tanaman pulai berkhasiat sebagai obat penyembuhan penyakit diabetes (kencing manis). Berikut cara meramu ramuan pulai bagi anda yang ingin mengobati diabetes dengan pulai:

Bahan-bahan:
– Kulit batang pulai 2 jari
– Air 3 gelas

Cara Membuatnya:
– Kulit pulai dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya.
– Kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 3 gelas sampai bersisa separo.
– Setelah itu dinginkan baru kemudian disaring.
– Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
– waktu minum 1/2 jam sebelum makan.

8. Fenugreek
Fenugreek merupakan salah satu tanaman herbal yang baik untuk penderita diabetes mellitus. Fenugreek adalah sejenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh diasia dan sering digunakan oleh masyarakat india sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini telah banyak digunakan untuk mengendalikan diabetes karena memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa darah.

9. Kayu Manis Untuk Diabetes
Kayu manis berkhasiat membuat sel-sel lemak lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan kadar glukosa menjadi energi sehingga bagus bagi penderita diabetes. Selain itu juga kayu manis dapat menghambat pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

10. Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya kerap dianggap sebagai ramuan penyembuh. Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam daun) digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes mellitus karena berkhasiat dalam membantu kadar glukosa darah puasa dan HbA1c.

11. Daun Mangga
Mangga merupakan tanaman yang mudah ditemukan karena banyak ditanam dipekarangan rumah. Rasa buah yang enak dan manis membuat mangga disukai semua orang. Selain buahnya ternyata daun mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Daun mangga diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes. Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

12. Bawang Putih
Bawang putih dianggap sebagai ramuan terbaik untuk menurunkan kadar gula darah serta perbaikan sel-sel pankreas sehingga bagus bagi penderita diabetes. Bawang putih juga mampu merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Ini telah terbukti dalam berbagai penelitian, namun sayang masih banyak yang tidak memanfaatkannya.

13. Kemangi
Tanaman herbal ini sangat baik bagi penderita diabetes. Penelitian telah menunjukan bahwa kemangi memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Ramuan ini dapat memfasilitasi proses sekresi insulin.

14. Ginseng Asia
Tanaman ini umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional china untuk mengobati diabetes. Ginseng Asia mempunyai efek langsung dalam menurunkan gula, meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan reseptor insulin.

Nah, itulah 14 tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes, bagi anda yang ingin menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi kencing manis secara alami. semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Ingin mendapatkan info lebih banyak mengenai ramuan tradisional alami kunjungi situs http://ramuanalami.net


tags: , , , ,

Related Pos :