13 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat Daun Salam untuk kesehatan tubuh ? yes, setidaknya ada 13 manfaat dari daun pohon salam yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti mengobati asam urat, untuk kesehatan mata, kolesterol, diabetes dan banyak lagi. Untuk penjelasan lengkapnya akan admin altundo.com uraikan dibawah ini. Yuk simak baik-baik.

13 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Daun salam, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Daun salam ini sering sekali dimafaatkan sebagai bumbu tambahan yang menyedapkan masakan. Pohon salam ini merupakan daun rempah yang serbaguna. Dalam bahasa latin disebut dengan Syzygium polyanthum. Sebelumnya kita harus mengenal apa itu salam. Pohon salam ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter. Kayunya berwarna coklat jingga kemerahan dan berkualitas menengah. Didunia perdagangan, kayu pohon ini disebut dengan kayu kelat. Kulit batang salam mengandung tanin yang dimanfaat untuk mewarnai dan mengawetkan jala serta anyaman dari bambu. Selain dimanfaatkan untuk menambah citra rasa pada masakan, ternyata daun salam ini dijadikan sebagai obat tradisional yang sangat besar manfaatnya.

Apa saja Kandungan Nutrisi Daun Salam

Kandungan nutrisi daun salam ini dapat menyehatkan tubuh. Kandungan minyak atsiri pada daun salam cukup banyak.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi pada daun salam, antara lain:

  • Asam folat
    Setiap 100 gram daun salam memiliki 180 mg atau sekitar 45% asam folat yang cukup untuk asupan sehari-hari. Asam folat ini sangat baik untuk perkembangan janin pada masa kehamilan.
  • Vitamin A
    Selain asama folat, daun salam juga mengandung vitamin A. Jumlah kandungan vitamin A pada daun salam menyediakan 6.185 IU atau sekitar 206% dari asupan sehari-hari.
  • Vitamin C
    Pada 100 gram daun salam terdapat 46,5 mg vitamin C atau setara dengan 77,5% dari kebutuhan harian yang telah direkomendasikan oleh RDA.
  • Mineral
    Daun salam juga mengandun beberapa jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya seperti kalium, kalsium, selenium, besi, mangan, seng, magnesium dan tembaga.

Nah, itu merupakan kandungan nutrisi pada daun salam. Jika sudah mengetahui nutrisinya, maka selanjutnya adalah manfaat dari daun salam itu sendiri. Daun salam ini dipergunakan sebagai pengobatan tradisional yang sangat ampuh untuk mengatasi beberapa macam penyakit serta sangat menyehatkan. Selain itu, daun salam ini juga dapat dimafaatkan untuk terapi. Ingin tahu manfaat dari daun salam?

13 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah anda mengetahui berbagai kandungan Nutrisi yang terdapat pada daun salam sekarang kita bahas mengenai manfaatnya. Berikut Penjelasan 13 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu anda ketahui:

1. Mengobati asam urat

Terjadinya asam urat ini dikarenakan zat purin yang meningkat serta menumpuk ditubuh. Akibatnya mulai timbul gejala asam urat. Untuk mengobati asam urat ini caranya dengan merebus 10 lembar daun salam dengan 1 liter air. Kemudian diamkan hingga mendidih setelah itu matikan. Minumlah 2-3 kali dalam sehari untuk mengobati asam urat.

Baca Juga: 25 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga kesehatan mata

Sudah diketahui bahwa kandungan vitamin A ini jauh lebih banyak dibandingkan wortel. Nah, untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap jernih maka dapat mengkonsumsi air rebusan daun salam. Selain itu dapat juga menjadikan air rebusan tersebut sebagai tetes mata untuk membersihkan kotoran mata dan menjernihkannya.

3. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan penyakit utama masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah diabetes type 2. Daun salam ini dapat mengobati diabetes type 2 ini dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam selama 1 bulan. Setelah itu, untuk melihat hasilnya bisa kontrol ke dokter ahli. Antioksidan pada daun salam sangat ampuh dalam memproses insulin secara efisien, sehingga bagi bagi penderita diabetes dan resistensi insulin.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat berikutnya dari daun salam adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat melancarkan pencernaan dan membantu proses pencernaan. Selain itu juga dapat mencegah diare serta sembelit.

5. Menurunkan kolesterol

Berbagai macam obat yang dari bahan kimia sangat banyak dalam menurunkan koleseterol dalam tubuh. Akan tetapi obat tersebut memiliki efek samping. Oleh sebab itu, pergunakanlah daun salam dalam menurunkan kolesterol jahat. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam 1 gelas (200 cc) sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

6. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau yang dikenal tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan menggunakan daun salam. Senyawa yang terdapat pada daun salam sangat ampuh dalam mengatasi hipertensi dan melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Naga Merah dan Putih

7. Mencegah kanker

Senyawa seperti quercetin, euganol, catechin serta caffeic yang terdapat pada daun salam dapat memberikan perlindungan tubuh dari kanker. Selain itu, kandungan phytonutrient yang disebut dengan parthenolide sudah terbukti dalam menahan proliferasi sel kanker serviks.

8. Menghilangkan kutu rambut

Zaman sekarang masih kutuan? Wah, sepertinya harus diberantas. Kutu rambut ini dapat dihilangkan dengan air rebusan daun salam. Dengan cara rebus 50 gram daun salam pada 400 ml air. Rebus hingga tersisa 1/2 nya. Setelah itu saring dan gunakan airnya sebagai baluran pada rambut. Diamkan sekitar 3 jam, kemudian cuci bersih. Lakukan sampai kutu rambut hilang.

9. Mengatasi rambut rontok

Masalah rambut berikutnya adalah rambut rontok. Nah, daun salam ini dipercaya dapat mengembalikan kesuburan rambut agar tidak mudah rontok. Caranya dengan menggunakan air rebusan daun salam sebagai tonik rambut. Selain itu, ketombe pada kulit kepala juga dapat terangkat sehingga rambut menjadi bersih.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal yang bermasalah dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal. Untuk mencegah batu ginjal serta menjaga kesehatan ginjal maka daun salam inilah obatnya. Caranya dengan merebus 5 lembar daun salam pada 200 ml air. Sisakan 1/2 nya, setelah dingin saring dan minum airnya sebelum makan.

11. Sebagai obat batuk

Gejala pilek, flu dan batuk ini dapat diobati dengan daun salam. Cara membuat ramuannya rebus 3 lembar daun salam dengan air secukupnya. Kemudian tunggu hingga mendidih dan menguap selama 10 menit. Air rebusanya dapat dikonsumsi. Dalam keadaan hangat juga dapat digunakan untuk mengompres hidung agar tidak tersumbat.

12. Meredakan sakit

Ekstrak minyak dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat strain, arthritis, keseleo, rematik dan nyeri. Minyak daun salam dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Dalam kasus nyeri sendi, daun salam tanah dan daun jarak yang diikatkan pada daerah sekitar sendi yang meradang, akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

13. Mengusir serangga

Lavender merupakan salah satu bahan utama untuk mengusir nyamuk. Daun salam adalah obat nyamuk alami yang dengan kandungan asam laurat. Hidangan dari daun salam akan mengusir serangga. Ekstrak minyak daun salam yang dioleskan, akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

Mengkonsumsi daun salam ini juga perlu diatur, jangan terlalu berlebihan walaupun tidak menimbulkan efek samping. Demikianlah artikel tentang 13 manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh, semoga menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *