12 Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih, tentunya sudah tidak asing lagi untuk dilihat. Bawang putih ini merupakan bumbu dapur yang sering ditemui dalam setiap masakan. Sebuah film memanfaatkan bawang putih ini untuk menangkal vampir ataupun dracula. Apakah hal tersebut yang menyebabkan bawang putih sampai tenar seperti ini? Tentu saja bukan, melainkan karena khasiat bawang putih yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebelum memasuki manfaat dari bawang putih, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang bawang putih.

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan tanaman semusin berumpun yang memiliki tinggi 50-60 cm. Umbi bawang putih ini bersiung dengan kulitnya yang berwarna putih. Nama latin bawang putih adalah Allium sativum. Kandungan nutrisi pada bawang putih ini sangat berguna bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih, antara lain:

  • Kalsium
  • Belerang
  • Fosfor
  • Besi
  • Vitamin A, B1 dan C
  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Saltivine
  • Diallysufide, alilpropil-disulfida

Bawang putih juga mengandung minyak atsiri yang bersifat sebagai anti bakteri dan antiseptik. Diallysulfide serta alilpropil-disulfida ini merupakan anti cacing. Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Nah, penasaran dengan manfaat dari bawang putih? Baca juga: 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih yang dimasak ataupun mentah memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni sebagai berikut:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian telah terbukti untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Caranya dengan menyedu 1 siung bawang putih yang telah di keprek pada 200 cc air panas. Minum airnya ketika dalam keadaan hangat kuku. Lakukan 2-3 dalam seminggu. Perlu diperhatikan jangan setiap hari mengkonsumsinya karena tekanan darah bisa terlalu rendah.

TERKAIT:  Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tidak heran jika makan bawang putih secara rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

2. Sebagai antioksidan

Manfaat berikutnya dari bawang putih adalah sebagai sumber antioksidan yang baik. Bukan hanya dikenal sebagai antivirus dan bakteri. Kandungan senyawan pada bawang putih ini mampu mencegah dan melawan perkembangan jamur, virus, bakteri dan cacing dalam tubuh. Oleh sebab itu dapat dikatakan sebagai antioksidan.

3. Meningkatkan stamina

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata bawang putih dapat meningkatkan stamina. Ketika stamina meningkat, maka Anda tidak mudah merasa lelah. Sebaiknya mengkonsumsi bawang putih setiap hari dengan mencampurkannya dalam berbagai masakan.

4. Mengatasi flu dan batuk

Pada bawang putih terdapat kandungan sulfur sehingga memiliki aroma yang menyengat dan rasa yang khas. Hal ini dapat meningkatkan serta mempercepat membran mucous pada saluran pernafasan dan membunuh bakteri, kuman dan virus. Untuk memanfatkan bawang putih dalam mencegah flu dan batuk maka caranya membuat minuman hangat dari air rebusan bawang putih.

5. Mengurangi resiko komplikasi kehamilan

Mengkonsumsi bawang putih pada masa kehamilan dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia dan membantu menaikkan berat badan bayi selama dalam kandungan. Pre-eclampsia ini merupakan meningkatnya tekanan darah yang mengandung protein dalam urine. Baca juga: 20 Khasiat Kulit Manggis bagi kesehatan

6. Mengatasi kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebihan dapat membayakan kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya dapat menggunakan bawang putih. Caranya untuk mengatasi kadar kolesterol yang berlebihan ini dapat meracik bawang putih seperti pada cara menrunkan tekanan darah tinggi yakni dengan menyedu 1 siung bawang putih yang telah di keprek pada 200 cc air panas. Penurunan akan terjadi hingga 12% dari total kolesterol dalam tubuh.

TERKAIT:  Khasiat dan Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan

Sementara Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, cara menurunkan kolesterol dengan bawang putih yakni dengan mengkonsumsi 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan. Sedangkan menurut penelitian para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences manfaat bawang putih yang dikonsumsi dalam keadaan mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh caranya mengkonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

7. Anti kanker

Ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting dengan obat herbal lainnya yaitu sebagai anti kanker. Kandungan asam sulfida alil ini dapat mengatasi pertumbuhan sel-sel penyebab kanker. Pembuktiannya ditemukan oleh para peneliti dan pakar dengan menemukan salah satu bentuk amina heterosiklik. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, Manfaat bawang putih yang dimakan mentah dapat mencegah risiko kanker karena kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif yang bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Senyawa sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

8. Menurunkan berat badan

Senyawa kimia pada bawang putih dapat mengatur kadar sel lemak dalam tubuh. Sel lemak yang berlebihan ini dapat menimbulkan obesitas pada seseorang. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan.

9. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes ini merupakan masalah yang terbesar bagi masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena kekurangan insulin dalam darah dan kadar gula yang tidak terkontrol. Caranya dengan membuat seduhan bawang putih pada air hangat sebanyak 200 cc.

TERKAIT:  Inilah 4 Manfaat Telur untuk Rambut yang Wajib Anda Ketahui

10. Mencegah anemia

Bawang putih dipercaya dapat mencegah anemia atau yang sering dikenal dengan kurang darah. Anemia tidak hanya karena kurang darah karenan hemoglobin yang tidak cukup. Anemia juga dapat disebabkan karena kekurangan asupan protein yang masuk kedalam tubuh.

11. Mengatasi wasir

Manfaat bawang putih berikutnya ialah mengatasi wasir. Caranya dengan membuat jus atau menghaluskan bawang putih secukupnya. Kemudian balurkan ramuan daerah dimana wasir tersebut timbul. Tunggu 3-5 menit, kemudian bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sabun.

12. Mengatasi masalah pernafasan

Menurut masyarakat Yunani, Mesir dan China, bawang putih merupakan obat yang melegakan pernafasan, mengatasi lelah, bronkitis serta penyakit pernafasan lainnya. Ramuan ini telah menyembuhkan masalah pernafasan setiap orang.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari bawang putih. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampurkan bawang putih pada susu atau antibiotik lainnya, karena dapat menyebabkan keracunan. Gunakanlah bawang putih ini secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi bawang putih berlebihan, yaitu:

Jika dikonsumsi secara terus menerus dapat membuat sariawan pada mulut karena bawang putih bersifat panas dan kasar.

  • Bau mulut
  • Dapat menyebabkan pendarahan ketika terjadi luka.
  • Iritasi pada saluran pencernaan, seperti lambung dan usus.
  • Menyebabkan luka bakar jika mengoleskan pada kulit terlalu tebal.

Demikianlah artikel tentang khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh manusia. Sekali lagi menggunakan bawang putih ini harus sesuai dengan dosis dan kebutuhan serta jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan maka akan menjadi sebuah masalah baru bagi kesehatan tubuh. Untuk menggunakan bawang putih dalam jangka waktu tertentu sebaiknya perlu dikonsultasikan oleh dokter. Hal ini dapat dijadikan sebagai saran dalam menggunakan bawang putih. Semoga bermanfaat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *