11 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun Sirih Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui akan kami ulasa pada kesempatan ini untuk anda. Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang tumbuh merambat. Masyarakat menanam daun sirih untuk obat. Daun sirih juga dikenal dengan nama Piper crocatum. Tanaman sirih ini tumbuh subur didaerah yang beriklim tropis seperti Asia.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk kesehatan dan kecantikan

Dari zaman dahulu, daun sirih dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Ciri khas daun sirih merah ini memiliki warna daun yang merah. Aromanya yang khas sangat disukai oleh masyarakat. Jika Anda perhatikan, tidak hama pada daun sirih. Jadi daun sirih ini merupakan salah satu daun yang bebas dari serangan hama.


Pada daun sirih merah juga terdapat beberapa kandungan nutrisi seperi cineolem coryofelen, kadimen, fenil propoda, kavicol, tanin, minyak atsiri, saponin dan P-cymene.

10 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebelumnya ada beberapa jenis sirih lainnya selain sirih merah. Jenis tersebut antara lain seperti sirih wulung, sirih hitam, sirih bulu, sirih silver, sirih hati, sirih kuning, sirih irian dan sirih kuning. Dari semua sirih tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Nah, penasaran bukan dengan khasiat daun sirih merah ini bagi kesehatan dan Kecantikan? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini. Baca juga: Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui. Mungkin anda mengalami salah satu malasah kesehatan dan bisa menggunakan Daun Sirih merah untuk mengatasinya.

1. Mengobati mimisan

Manfaat pertama dari daun sirih ini untuk mengatasi mimisan. Pada umumnya setiap daun sirih memiliki kemampuan dalam mengobati mimisan. Jika terjadi mimisan, maka segerlah ambil daun 1 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Remas sedikit daun sirihnya kemudian gulung dengan rapi. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan hingga darah tidak mengalir kembali.

2. Mengobati gigi berlubang

Sakit gigi dapat dialami oleh seseorang. Hal ini dikarenakan orang tersebut tidak memperhatikan kebersihan mulut. Untuk mengobati sakit gigi ini dapat diatasi dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam 500 cc air. Rebus hingga mendidih. Setelah agak dingin, gunakan airnya untuk berkumur. Lakukan hingga sakit gigi tersebut hilang dengan sendirinya.

3. Mengobati luka bakar

Luka bakar dapat terjadi sewaktu-waktu ketika lalai. Akibatnya benda panas mengenaik bagian tubuh. Untuk mengatasi luka bakar dapat diobati dengan menggunakan daun sirih merah. Caranya remas-remas daun sirih yang telah dicuci bersih hingga keluar cairannya. Kemudian gunakan cairan tersebut pada luka bakar tersebut untuk memberika rasa adem pada kulit. Lakukan secara rutin hingga luka tersebut mengering dan sembuh.

4. Mengurangi bau badan

Bau badan karena keringat yang berlebihan dapat diatasi dengan daun sirih. Caranya sangat mudah, dengan menumbuk hingga halus 2 lembar daun sirih kemudian balurkan pada ketiak 15 menit sebelum mandi. Bisa juga dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari sebanyak 1 gelas secara rutin.

6. Mengobati sakit maag

Sakit maag ini sering sekali dialami seseorang yang salah satu faktornya adalah telat makan. Hal ini dapat diobati dengan ramuan daun sirih. Tumbuk daun sirih yang telah dicuci bersih secukupnya. Kemudian tumbukan tersebut dicampur dalam 1 gelas air hangat. Setelah itu bisa diminum airnya.

Baca juga: 17 Khasiat Daun Sambiloto bagi Kesehatan

6. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat membahayakan. Jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Diabetes merupakan penyakit gula atau kencing manis. Cara mengobati diabeters dengan petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 600 ml sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

7. Mengatasi gusi berdarah

Masalah gusi berdarah dapat diatasi dengan daun sirih. Caranya dengan rebus 4 lembar daun sirih merah dalam 2 gelas hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan airnya untuk berkumur. Lakukan beberapa kali hingga sembuh.

8. Sebagai obat batuk

Batuk yang tak kunjung sembuh, dapat diobati dengan daun sirih merah. Caranya cukup muda, siapkan 5 lembar daun sirih merah. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah itu tambahkan madu lalu minum secara teratur sehari 2 kali.

9. Mengatasi keputihan

Masalah keputihan ini sering terjadi pada kaum wanita. Untuk mengtasi keputih caranya dengan seduh 10 lembar daun sirih merah. Air seduhan atau rebusan tersebut dapat digunakan untuk membilas kelamin wanita.

10. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun sirih merah juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Caranya hanya merebus daun sirih merah dan menggunakan sebagai obat kumur.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh ternyata daun sirih merah juga berkhasiat untuk kecantikan wajah. Daun Sirih merah di percaya dapat mencerahkan kulit wajah agar lebih sehat dan cerah. Adapun manfaat daun Sirih Merah untuk kencatikan yakni sebagai berikut:

11. Mencerahkan kulit wajah

Noda hitam atau flek diwajah dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu noda hitam dapat membuat wajah terlihat nampak tua. Untuk mencerahkan kulit wajah, maka dapat menggunakan daun sirih. Tumbuk daun sirih yang telah dicuci bersih hingga halus. Gunakan tumbukan daun sirih tersebut sebagai masker pada wajah. Setelah itu diamkan hingga mengering selama 10-15 menit. Membilasnya dapat menggunakan air yang sejuk.

Nah, Itulah beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Semoga informasi singkat tentang Sirih merah ini bisa menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *