Pengertian Psikologi Agama

By Admin | pengertian

pengertian psikologi agama

Pengertian psikologi agama menggunakan dua kata yaitu psikologi dan agama, kedua kata ini memiliki pengertian yang berbeda. Psikologi secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia yang normal, dewasa dan beradab.

Banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang psikologi, tetapi dari definisi yang dikemukakan secara umum psikologi meneliti dan mempelajari sikap dan tingkah laku manusia sebagai gambaran dari gejala jiwa yang berada dibelakangnya. Karena jiwa itu sendiri bersifat abstrak, maka untuk mempelajari kehidupan jiwa manusia hanya dapat dilihat dari gejala yang tampak yaitu pada sikap dan tingkah laku yang ditampilkan.

Agama juga menyangkut masalah yang berhubungan dengan kehidupan batin manusia. Agama sebagai bentuk keyakinan, memang sulit diukur secara tepat dan rinci. Hal ini pila yang menyulitkan para ahli untuk memberikan definisi yang tepat tentang agama.

Bukan berarti agama sama sekali tidak dapat dipahami melalui pendekatan definisi karena itu walaupun mungkin belum disepakati pihak, rangkuman definisi yang dikemukakan oleh prof. Dr. Harun Nasution dapat memberikan gambaran tentamg pengertian agama.

Harun Nasution mengemukakan pengertian agama berasal dari kata yaitu al-din. Religi dan agama (semit) berarti Undang-Undang atau hukum. Kemudian dalam bahasa Arab kata ini mengandung arti mengusai, menundukan, patuh, balasan, kebisaan. Sedangkan dari kata religi (latin) berarti mengumpulkan dan membaca kemudian berarti mengikat. Adapun kata agama terdiri dari a = tidak, gam = pergi, mengandung arti tidak pergi, tetap ditempat atau diwarisi turun menurun. (Harun Nasution, 1974).

Bertitik tolak dari pengertian kata-kata tersebut intisarinya adalah ikatan, karena itu agama mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipenuhi manusia, ikatan dimaksud berasal dari sesuatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia sebagai kekuatan gaib yang tak dapat ditangkap dengan panca indera, namun mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia sehari-hari.

Menurut Harun Nasution agama adalah:

a. Pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekuatan gaib yang harus dipatuhi.

b. Pengakuan terhadap adanya kekuatan gaib yang menguasai manusia.

c. Mengikat diri pada suatu bentuk hidup yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada diluar diri manusia dan mempengaruhi pebuatan-perbuatan manusia.


d. Pengakuan terhadap adanya kewajiban-kewajiban yang diyakini bersumber pada suatu kekuatan gaib.

e. Pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemah dan perasaan lemah dan perasaan takut terhadap kekuatan misterius yang terdapat dalam alam sekitar manusia.

f. Ajaran-ajaran manusia yang diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui seorang Rasul.

Menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat, pengertian psikologi agama adalah meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari betapa besar pengaruh keyakinan agama itu dalam sikap dan tingkah laku serta keadaan hidup pada umumnya.


Related Pos :