Pengertian dan Ruang Lingkup Psikologi Belajar

By Admin | pengertian

Pengertian dan ruang lingkup psikologi belajar

Apa pengertian psikologi belajar dan ruang lingkup psikologi belajar? yes, kedua pokok bahasan tersebut akan admin bahas pada kesempatan ini karena banyaknya mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi mencari bahan untuk tugas makalah mereka tentang pengertian dan ruang lingkup dalam psikologi belajar.

Agar dapat memahami pengertian psikologi belajar maka perlu diuraikan terlebih dahulu apa itu psikologi dan apa itu belajar? Dari kedua pengertian tersebut maka akan dapat disimpulkan definisi dari psikologi belajar.

Pengertian Psikologi Belajar

Psikologi belajar adalah sebuah frase yang terdiri dari dua kata yaitu psikologi dan belajar. Psikologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu psyce yang berarti jiwa dan Logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.

Dalam perkembangan selanjutnya, karena kontak dengan berbagai disiplin ilmu, maka lahirlah bermacam-macam definisi psikologi yang berbeda satu sama lain, antara lain sebagai berikut:

1. Psikologi adalah Ilmu mengenai pikiran (the science of mind)
2. Psikologi adalah Ilmu mengenai kehidupan Mental (the science of mental life).
3. Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku (the science of behavior)

Menurut Crow and Crow, Psichology is the study of human behavior dan human relationship. Dari batasan tersebut diatas jelas bahwa yang dipelajari oleh [sikologi adalah tingkah laku manusia yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun yang bukan manusia seperti hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya. Jelaslah bahwa psikologi tidak hanya berhubungan dengan tingkah laku manusia saja. Ahli-ahli psikologi menyelidiki tingkah laku hewan seperti simpanse, tikus, anjing, serangga dan sebagainya dalam hubungan dengan tingkah laku manusia yang ingin dipahami dari aspek kehidupan mental dan semua prilakunya.

Baca juga: Pengertian Psikologi Agama

Pengertian “tingkah laku” dalam batasan ini mempunyai arti yang luas, meliputi tingkah laku yang nyata (aksplisit; terbuka) seperti berbicara, tertawa, membaca, melompat dan sebagainya. dan kemudian tingkah laku yang tidak nyata (implisit; tertutup) seperti berpikir, merasakan, mengingat, menghendaki dan sebagainya. Tingkah laku yang tidak nyata itu merupakan proses yang tidak dapat diamati. Kecuali setelah berubah atau termanifestasikan dalam bentuk gejala, barulah proses itu dapat diamati. Karena Gejala-gejalanya dalam bentuk berpikir, merasakan, mengingat, berkehendak dan sebagainya, maka tingkah laku yang tidak nyata itu berubah menjadi nyata atau tingkah laku terbuka.

Jadi, pada hakikatnya, bidang kajian psikologi banyak menyentuh bidang kehidupan diri organisme, baik manusia maupun hewan. Penyelidikan dilakukan mengenai bagaimana dan mengapa organisme-organisme itu melakukan apa yang mereka lakukan. Namun lebih khusus psikologi lebih banyak dikaitkan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan dan cara mereka melakukan sesuatu dan juga memahami bagaimana manusia berpikir dan berperasaan.

Sedangkan belajar itu sendiri secara sederhana dapat diberi definisi sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Aktivitas disini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik, menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif) dan karsa (psikomotor).


Perkembangan dalam arti belajar disini dipahami sebagai “perubahan” yang relatif permanen pada aspek psikologis. Individu yang berubah karena gila, mabuk atau cedera fisik, bukanlah termasuk kategori belajar, walaupun mempengaruhi jiwanya untuk sementara.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori-teori psikologi mengenai belajar, terutama mengupas bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.

Ruang Lingkup Psikologi Belajar

Sebagai sebuah disiplin ilmu yang merupakan cabang dari Psikologi yang kajiannya dikhususkan pada masalah belajar, maka psikologi belajar memiliki ruang lingkup disekitar masalah belajar saja. Jangan bingung bila ruang lingkup psikologi belajar terdapat juga dalam kajian psikologi pendidikan. Karena memang psikologi pendidikan sebagai ilmu terapan (applied science) berusaha menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah. Karenanya masalah belajar mendapat sorotan yang besar dalam psikologi pendidikan.

Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga pokok bahasan yaitu masalah belajar, proses belajar dan situasi belajar.

1. Pokok Bahasan Mengenai Belajar

  • Teori-teori belajar.
  • Prinsip-prinsip belajar.
  • Hakikat belajar.
  • Jenis-jenis belajar.
  • Aktivitas-aktivitas belajar.
  • Teknik belajar efektif.
  • Karakteristik perubahan hasil belajar.
  • Manifestasi perilaku belajar.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.

2. Pokok Bahasan Mengenai Proses Belajar

  • Tahapan perbuatan belajar.
  • Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar.
  • Pengaruh pengalaman belajar terhadap perilaku individu.
  • Pengaruh Motivasi terhadap perilaku belajar.
  • Signifikansi perbedaan individual dalam kecepatan memproses kesan dan keterbatasan kapasitas individu dalam belajar.
  • Masalah proses lupa dan kemampuan individu memproses perolehannya melalui transfer belajar.

3. Pokok Bahasan Mengenai Situasi Belajar

  • Suasana dan Keadaan lingkungan fisik
  • Suasana dan Keadaan lingkungan Non-fisik
  • Suasana dan Keadaan lingkungan Sosial
  • Suasana dan Keadaan lingkungan non-Sosial

Nah, itulah pengertian dan ruang lingkup psikologi belajar yang dapat kami tuliskan pada kesempatan ini. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi anda yang sedang mencari bahan untuk tugas. Sumber buku : Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag, 2011. Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta : Rineka Cipta.

tags: , ,

Related Pos :