22 Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Bisa dikerjakan Di Rumah

By Admin | bisnis

Peluang bisnis sampingan modal kecil

Peluang bisnis sampingan dengan modal kecil merupakan solusi terbaik bagi anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan di rumah, sementara kita tetap menjalankan pekerjaan yang sudah ada selama ini. Apalagi usaha sampingan yang kita jalankan berpotensi memberikan penghasilan yang lebih besar.

Memulai usaha tidaklah harus mahal dan membutuhkan tempat khusus. Faktanya, dalam memulai usaha, pengeluaran terbesar selain untuk modal produk dan equipment ternyata juga pada biaya sewa atau beli tempat. Maka sungguh disayangkan apabila seseorang tidak kunjung memulai usaha hanya semata-mata dikarenakan tidak adanya biaya untuk sewa tempat. Faktanya, dengan ide yang tepat, memulai usaha sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. Dengan begitu, biaya-biaya yang tidak perlu, seperti untuk sewa tempat usaha, bisa kita hindari.

Dalam memilih bisnis sampingan di rumah dengan modal kecil yang tepat perlu melalui berbagai pertimbangan sehingga usaha yang dijalankan nantinya bisa berjalan lancar dan sukses. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bisnis. Pertama pilihlah bisnis yang sesuai minat dan bakat dengan begitu kita akan enjoy dan mudah dalam menjalankannya tanpa kebosanan. Kedua memilih bisnis yang belum banyak saingan. Ketiga memilih bisnis yang prospeknya cerah dan produknya dicari banyak orang.

Apa Bisnis Sampingan Yang Bisa dijalankan di Rumah?

Lalu usaha jenis apa sajakah yang bisa kita kerjakan dari rumah? Banyak! Berikut ini adalah 22 peluang bisnis sampingan modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah. Selain modal yang dibutuhkan kecil, jenis usaha berikut ini juga mudah dilakukan dan cocok untuk hamper segala tempat, baik itu di kota besar maupun di pedesaan. Yang terpenting adalah memilih jenis usaha yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar, dan juga anda merasa nyaman dan senang untuk menjalankan bisnis tersebut.

1. Usaha Warung Makan

Usaha warung makan tidak ada matinya, dan dimanapun anda berada, warung makan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa memanfaatkan lahan tak terpakai disekitar rumah untuk membangun warung kecil-kecilan sebaagi permulaan. Atau jika memungkinkan anda bisa menyulap area garasi untuk menjadi warung makan pada siang hari, dan sebagai tempat penyimpanan kendaraan pada malam harinya. Ini tentu sangat menghemat biaya daripada anda harus menyewa tempat terpisah. Selain itu dengan membuka warung makan di rumah, anda setidaknya sudah mengerti dan hapal dengan selera masyarakat sekitar untuk nantinya memudahkan anda dalam pemilihan menu produk.

2. Usaha Katering Kue

Jenis usaha ini tidak membutuhkan usaha khusus dan bahkan anda tidak perlu menyediakan etalase atau display produk. Alih-alih anda bisa mengandalkan media visual seperti katalog untuk menunjukkan berbagai pilihan produk yang anda tawarkan kepada pelanggan. Untuk media pemasaran anda bisa memanfaatkan teman-teman dekat serta tetangga untuk membantu mempromosikan usaha anda, tentunya dengan memberikan sampel produk pada mereka. Untuk memudahkan anda nantinya, ada baiknya untuk merekrut karyawan lepas untuk membantu anda saat datang orderan skala besar.

3. Usaha Minuman Dingin

Jualan minuman dingin sangat mudah dan murah. Pengeluaran agak besar mungkin ada pada pembelian booth minuman, yang kita butuhkan agar usaha kita lebih visible dan menarik. Untuk peralatan, paling-paling anda hanya butuh satu atau dua blender untuk membuat minuman. Untuk bahan dasar, kini banyak tersedia supplier bubuk minuman yang bisa anda contact untuk menjalin kerja sama. Bahkan jika anda ingin lebih mudah lagi, bisa mengikuti salah satu program franchise minuman dingin, dimana segala sesuatunya akan disediakan oleh perusahaan franchise, anda hanya tinggal meneruskannya saja.

4. Usaha Laundry

Minat masyarakat untuk menggunakan jasa Laundry kian hari kian meningkat. Ini bisa dilihat dari banyaknya usaha laundry yang kepenuhan order. Usaha ini sangat cocok bagi anda yang tinggal dekat kos-kosan mahasiswa maupun karyawan, karena merekalah pangsa pasar terbaik untuk usaha ini. Untuk modal, anda bisa memulainya dengan memanfaatkan mesin cuci yang sudah anda miliki, sambil lalu menabung untuk pengadaan mesin baru di masa mendatang. Bisnis Laundry pakaian sangat cocok buat anda yang ingin memiliki usaha sampingan di rumah dengan modal kecil.

5. Usaha Konter HP dan Pulsa

Jenis usaha ini sudah banyak dijalankan oleh masyarakat luas. Dan terbukti, usaha konter HP dan pulsa selalu dibutuhkan oleh masyarakat tidak hanya di perkotaan. Pangsa pasar produk ini menyeluruh di segala kalangan masyarakat, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Bahkan jika anda tinggal di area perumahan, jenis usaha ini masih sangat cocok untuk dijalankan, sambil lalu anda kembangkan marketing usaha anda kepada teman-teman luar area perumahan untuk memperlancar arus jual-beli pulsa via sms.

6. Usaha Rental Game

Usaha rental game seperti playstation dan sebagainya sudah kian menjamur. Jenis usaha ini bisa kita temukan tidak hanya di pinggir jalan utama namun juga hingga di pelosok pedesaan. Ada banyak alasan mengapa jenis usaha ini patut untuk anda pertimbangkan, salah satunya adalah karena tingginya minat para remaja akan jenis permainan ini. Modal yang dibutuhkan memang lumayan besar dikarenakan untuk pengadaan mesin PS serta TV nya. Namun jika dijalankan dengan serius, modal akan dapat kembali dengan cepat.


7. Usaha Jahit-Menjahit

Jika anda memiliki keterampilan jahit menjahit maka hal ini bisa anda jadikan modal dasar untuk memulai bisnis sampingan jahit atau permak pakaian. Manfaatkan lahan depan rumah untuk usaha baru anda. Atau anda bisa juga menyulap area garasi atau ruang tamu sebagai galeri hasil jahitan anda. Mungkin usaha anda tidak akan memberikan hasil yang signifikan di bulan-bulan pertama, hal tersebut sangatlah lumrah dan bisa jadi merupakan awal dari kesuksesan anda di masa mendatang.

8. Usaha Bimbingan Belajar atau Les

Maraknya bimbingan belajar menunjukkan kian meningkatnya kesadaran para orang tua akan pentingnya pendidikan buah hati mereka. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda untuk memulai usaha bimbingan belajar di rumah. Mulailah dengan menawarkan jasa anda pada para orang tua di sekitar tempat tinggal anda. Jika pelayanan yang anda berikan memang bagus, lambat laun pelanggan dari tempat lain akan mulai berdatangan dengan sendirinya.

9. Usaha Pangkas Rambut

Satu lagi jenis usaha modal kecil yang bisa anda jalankan dari rumah adalah usaha pangkas rambut. Peralatan yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit ditemukan, dan dengan berbekan keahlian memotong rambut, andapun kini bisa memulai usaha ini. Untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan baru, anda bisa menawarkan paket promosi atau diskon pada hari atau jam-jam tertentu. Juga pastikan tempat anda nyaman sehingga pelanggan yang antri tidak merasa bosan.

10. Usaha Toko Online

Berjualan barang kini tidaklah harus memiliki tempat yang representative. Dengan memanfaatkan media online, siapapun kini bisa mulai berjualan barang dan jasa dari rumah. Buatlah katalog barang yang ingin anda jual dan upload ke media online untuk dilihat oleh para konsumen anda. Juga dengan cara yang sama anda bisa menjadi perantara atau istilah kerennya afiliasi atau reseller dari produsen produk tertentu. Selain tidak butuh modal besar, resiko kerugian juga sangat minim.

11. Bisnis Tempat Penitipan Anak

Bagi orang tua yang keduanya sibuk bekerja tanggung jawab mengasuh anak akan diberikan kepada pembantu. Akan tetapi tidak semua orang memiliki pembantu di rumah sehingga tempat penitipan anak menjadi tempat mereka menitipkan anaknya. Kebutuhan akan tempat penitipan anak terutama dikota besar yang cukup tinggi membuat bisnis ini cukup menjanjikan. Anda bisa membuka Jasa penitipan anak di rumah. Untuk membuka usaha ini anda perlu menyiapkan kamar atau ruang beristirahat, arena bermain bagi anak serta menyediakan makanan dan minuman yang sehat.

Memulai bisnis penitipan anak memerlukan modal cukup besar bila anda menyewa sebuah tempat. Akan tetapi untuk menghemat biaya anda bisa memanfaatkan rumah sendiri. dan sebagai langkah awal anda bisa mempromosikannya kepada masyarakat disekitar tempat tinggal anda. Mereka tentu akan lebih mudah percaya dengan anda untuk menitipkan anaknya karena mereka sudah mengenal anda dan keluarga. Bila jasa penitipan anak anda sudah mulai ramai barulah anda mencari tempat yang lebih besar dan mulai mempromosikannya melalui brosur atau iklan.

12. Membuka Toko Kelontong

Salah satu bisnis sampingan di rumah yang cukup digemari masyarakat adalah Toko Kelontong. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong dibagian depat rumah untuk membuka toko kelontong. Bila disekitar lingkungan anda tinggal belum ada warung atau sudah ada tapi agak jauh maka bisnis ini cukup menjanjikan untuk dijalankan. Anda bisa mengisi toko dengan berbagai kebutuhan pokok seperti minyak, kopi, gula, beras, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Patoklah harga yang tidak telalu mahal sehingga masyarakat disekitar tempat tinggal anda tertarik untuk membeli di toko milik anda. agar bisa menjual dengan harga yang sama dengan toko lainnya atau bisa lebih murah maka carilah agen besar menawarkan harga sedikit lebih murah. Lengkapi terus toko kelontong tersebut sehingga isinya lengkap. Untuk mengelolanya bila anda bekerja bisa dilakukan oleh istri, adik atau siapapun.

13. Bisnis Souvenir Pernikahan

Bagi anda yang memiliki keterampilan dalam membuat berbagai kerajinan tangan maka ini merupakan peluang bisnis yang bagus dan bisa dikerjakan di rumah. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan untuk souvenir pernikahan. Sekarang ini permintaan souvenir pernikahan cukup tinggi. Souvenir diberikan kepada para tamu undangan sebagai ucapan terima kasih dan sebagai kenang-kenangan dari sepasang pengantin.

Bisnis souvenir pernikahan memiliki prospek cerah dan menjanjikan keuntungan besar. Apalagi bila didukung dengan kreativitas tinggi dalam membuat berbagai macam jenis souvenir yang bagus dan unik. Modal usaha ini tidak terlalu besar, bahkan anda bisa memanfaatkan uang pembayaran pesanan souvenir sebagai modal. Untuk mempromosikannya anda bisa mulai dari masyarakat sekitar kemudian bisa juga menyebar brosur dan memasang iklan dikoran atau di internet.

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

14. Usaha Jasa Penitipan Motor

Usaha di bidang otomotif memang menjanjikan, hal dilihat dari banyaknya kendaraan mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat. Prospek bisnis otomotif sangat cerah terutama di kota-kota besar. Salah satunya adalah usaha jasa penitipan motor. Bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi anda yang memiliki halaman rumah cukup luas dan dekat dengan perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Bisnis ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang bekerja lebih suka menitipkan motornya ketimbang diparkir sebab lebih terpercaya dan keamanannya cukup terjamin. Anda bisa membuka usaha jasa penitipan motor murah sekitar 2.000-3000 rupiah mulai dari pukul 6.00-22.00. Ketimbang parkir di parkiran yang hitungan jam 1000 rupiah orang tentu lebih memilih penitipan motor.

15. Usaha Cuci Motor dan Mobil

Apabila lokasi rumah anda berada dipinggir jalan raya usaha cuci mobil dan motor bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan di rumah dengan modal kecil. Prospek usaha ini sangat menjanjikan karena kendaraan yang semakin banyak dan juga orang lebih suka mencuci di steam ketimbang mencuci sendiri. Alasannya selain lebih bersih mereka juga tidak repot.

Untuk membuka bisnis cuci mobil dan motor (steam) anda bisa membuat tempat pencucian mobil dan motor di depan rumah. Sebagai permulaan untuk pencucian mobil buat satu dulu saja dan untuk motor buat untuk 3 buah motor sekali cuci. Namun anda harus memiliki tempat sedikit luas sebagai tempat parkir mobil sehingga kendaraan yang sudah dicuci dapat diparkirkan. Untuk mengerjakannya tentu anda bisa merekrut beberapa orang sebagai karyawan, biasanya banyak anak-anak muda yang mau mencuci mobil dan motor.

16. Budidaya Pembesaran Ikan Lele

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang cukup gemari masyarakat Indonesia, selain harganya yang murah ikan lele juga lezat. Bahkan tidak sedikit rumah makan yang menggunakan ikan lele sebagai menu andalannya. Nah, ini merupakan peluang bisnis bagus dan menjanjikan yang bisa dijalankannya di rumah. Anda bisa membuka usaha rumahan budidaya pembesaran ikan lele dengan kolam terpal dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah.

Budidaya pembesaran ikan lele dengan kolam terpal tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membuat kolam dan membeli bibit ikan kemudian pakan ikan. Selain itu ikan lele juga cepat besar dan mudah dipasarkan dan keuntungannya juga menggirukan. Banyak orang yang memanfaatkan bisnis lele kolam terpal sebagai usaha sampingan di rumah dan anda juga bisa melakukannya.

17. Agen Gas Elpiji

Sekarang ini hampir setiap rumah menggunakan kompor gas untuk memasak. Apalagi sejak pemerintah melakukan program konversi dari menyak tanah ke gas elpiji kebutuhan akan gas yang berukuran 3 kg pun sangat tinggi. Akan tetapi tidak semua wilayah agen gas elpiji tersebar merata sehingga dibeberapa tempat masyarakat harus membeli ke tempat yang jauh untuk mendapatkan gas elpiji.

Nah, ini tentu menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan untuk anda. Anda bisa menjadi agen gas elpiji di seiktar tempat tinggal anda agar masyarakat tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkannya. Selain menyediakan untuk kebutuhan masyarakat, anda juga bisa mengisi warung-warung kecil. Keuntungan usaha ini cukup menjanjikan dan anda pun bisa membuka agen gas elpiji di rumah sebagai bisnis sampingan.

18. Bisnis Isi Ulang Air Minum Galon

Bisnis isi ulang air minum galon masih cukup menjanjikan meskipun depot air minum sudah banyak. Hal ini karena kebutuhan akan air bersih sangat tinggi terutama dikota-kota besar yang sangat sulit mendapatkan air bersih. Selain itu air galon isi ulang cukup murah sehingga masyarakat lebih senang membeli air galon ketimbang memasak air sendiri menggunakan kompor gas yang mana harga gas elpiji semakin mahal.

Apabila disekitar tempat tinggal anda belum ada depot air minum isi ulang atau jumlahnya masih sedikit maka anda bisa membuka usaha ini di rumah. Tentunya pelanggan utama anda adalah masyarakat disekitar anda, namun anda juga bisa merekrut karyawan untuk mengambil galon di rumah masyarakat yang cukup jauh dengan depot. Untuk memulai usaha isi ulang air galon memang dibutuhkan modal cukup besar terutama untuk membeli mesin isi ulang air galon dan tong penampungan air. setidaknya dibutuhkan modal sekitar 25 jutaan itupun kalau anda menggunakan rumah sebagai tempat usaha sehingga tidak menyewa tempat.

19. Bisnis Kolam Pemancingan

Kolam pemancingan merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika disekitar rumahmu terdapat lahan kosong cukup luas yang tidak terurus, Maka bisa dimanfaat sebagai usaha kolam pemancingan. Anda bisa membuat kolam pemancingan ikan lele, ikan mas, patin dan jenis ikan lainnya.

Banyak sekali orang yang hobi memancing sehingga bisnis ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk memulainnya anda bisa menginvestasikan modal sekitar 4 jutaan. dengan modal tersebut anda sudah bisa membuat kolam pemancingan yang cukup luas dengan fasilitas yang memadai.

20. Bisnis Online

Di era modern dan teknologi sekarang ini internet merupakan media yang sangat membantu bagi banyak orang baik itu untuk mencari informasi, berkomunikasi, menjalankan bisnis dan lain sebagainya. Dewasa ini internet menjadi salah satu sumber penghasilan banyak orang, karena berbagai macam bisnis online ada di internet.

Bagi anda yang ingin memiliki usaha sampingan di rumah maka bisnis online bisa anda coba. Ada banyak peluang bisnis di internet yang bisa dijalankan seperti jualan produk secara online, bisnis affiliate, bisnis dropship, bisnis periklanan, bisnis PPC (seperti google adsense) dan lain sebagainya. Untuk memulainya tidak terlalu sulit asalkan anda mau belajar dan berusaha. Modal utama yang dibutuhkan adalah seperangkat komputer dan jaringan internet.

21. Servis Kendaraan Bermotor

Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia semakin meningkat dan dari tahun ke tahun jumlahnya terus bertambah baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jumlah kendaraan yang begitu tinggi membuat jasa servis kendaraan juga meningkat terutama kendaraan roda dua seperti motor.

Ini tentu menjadi peluang usaha bagus dan menjanjikan, memang bengkel servis kendaraan bermotor sudah menjamur akan tetapi belum sebanding dengan pengguna kendaraan yang jumlahnya jauh lebih banyak. Untuk membuka usaha ini tentu anda perlu mencari tenaga yang memiliki keahlian di bidang otomotif yang tentunya sudah berpengalaman.

22. Kursus Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing terus meningkat dari tahun ke tahun. Pengaruh Globalisasi dan modernisasi membuat bisnis kursus bahasa asing memiliki prospek yang sangat bagus. Selama ini bahasa asing yang banyak diminati adalah bahasa inggris, akan tetapi semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin mengadu nasib bekerja di Luar Negeri membuat bahasa asing lainnya seperti bahasa jepang, korea, bahasa arab dan bahasa asing lainnya mulai diminati.

Ini tentu saja menjadi peluang bisnis bagus, bagi anda yang memiliki keterampilan berbahasa asing. Anda bisa membuka kursus bahasa asing di rumah. Untuk waktu kursus anda bisa memanfaatkan waktu libur kerja seperti sabtu atau minggu.

Bagaimanapun, usaha yang terbaik adalah jenis usaha yang anda merasa senang dan enjoy untuk melakukannya. Oleh karenanya, pilihlah satu diantara 22 Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Bisa dikerjakan Di Rumah diatas, dan sesuaikan dengan minat anda sehingga akan terasa lebih mudah dijalankan. Tidak mudah memang untuk memulai usaha dari nol, namun dengan ketekunan dan kemauan yang kuat, siapapun bisa menjadi entrepreneur sukses berikutnya. Bisa jadi andalah yang akan menjadi wirausahawan sukses selanjutnya di lingkungan anda. Tetaplah bersemangat dan jangan mudah putus asa sampai anda menemukan jenis usaha yang cocok dengan minat anda.


tags: , , , ,

Related Pos :