Makanan & Minuman Untuk Wajah Berminyak dan berjerawat

By Admin | kecantikan

makanan dan minuman alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat
Makanan memang bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan jenis kulit seseorang menjadi berminyak dan berjerawat. Bahkan hubungan antara makanan dengan kulit berminyak dan berjerawat merupakan hal yang tampak tersirat jauh. Akan tetapi, tanpa disadari pada umumnya keduanya memiliki rantai yang sangat dekat. Sebab selain telah terbukti sangat baik bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi makanan juga dapat membantu performa kulit wajah yang berjerawat dan berminyak.

Dari beberapa hasil penelitian para ahli tentang makanan dan minuman serta pemicunya terhadap kulit berminyak dan berjerawat, bahkan juga telah dibuktikan oleh berjuta orang, membuktikan bahwa adanya perubahan fisik yang nampak pada kulit wajah setelah membiasakan menjalankan pola hidup sehat dengan mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Dalam menjalankan pola hidup sehat dengan mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi, para ahli menganjurkan agar memilih makanan dan minuman alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. Berdasarkan kondisi kulit seseorang yang mengalami masalah karena minyak dan jerawat terdapat beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari dan ada pula yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

A. Makanan dan minuman alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat yang sebaiknya dihindari

Menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak berlebih adalah salah satu solusi utama dalam menjaga kesehatan kulit wajah dari jerawat dan minyak berlebih. Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya untuk dihindari bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit wajah berminyak dan berjerawat agar tidak dikonsumsi. Berikut daftarnya:

1. Daging merah dan olahan daging yang berlemak

Menghindari mengkonsumsi daging merah dan olahan daging berlemak sangat dianjurkan dalam mencegah kulit berminyak dan berjerawat. Sebab daging merah berlemak mengandung banyak lemak jenuh yaitu sejenis lemak yang berbentuk yang dapat menyebabkan obesitas, sakit jantung, dan inflamasi. Namun, jika memang harus memakannya satu atau dua kali, maka pilih menu makanan yang dihidangkan dengan cara dibakar, atau direbus. Jangan digoreng, karena kandungan lemaknya dapat berkali-kali lipat.

2. Susu dan olahan produk susu

Mengkonsumsi produk susu dan olahannya seperti keju, yoghurt dengan tambahan manis dan rasa akan membuat jerawat timbul jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Satu gelas susu orang dewasa yang memiliki kulit berminyak akan membuat produksi lemak berlebih hingga dua kali lipat. Meskipun tidak secara langsung membentuk jerawat namun pada prosesnya dapar memperburuk keadaan kulit wajah dan membuat proses penuaan semakin cepat akibat kelenjar sebacea yang terus merangsang pembentukan minyak. Namun, karena kalsium sangat penting, Anda dapat mengganti kandungan kalsium susu dengan kalsium yang terdapat pada sayuran hijau, seperti brokoli atau olahan kedelai seperti tofu.

3. Gula

Mengkonsumsi makanan yang manis-manis dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kenaikan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan naiknya hormone insulin yang salah satunya dapat menyebabkan kinerja darah terhambat sehingga pori-pori pada kulit wajah pun akan tersumbat. Hal ini akan membuat resiko timbulnya jerawat semakin besar.


Membatasi asupan gula sejenis glukosa memiliki indeks glikemik tinggi sehingga sangat dihindari. Usahakan untuk membatasi asupan gula pada orang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Gula secara alami dapat diambil dengan mengkonsumsi makanan alami seperti ubi manis yang banyak mengandung betakaroten. Betakaroten ini dapat membantu menghilangkan noda hitam pada wajah. Adapun beberapa makanan mengandung gula yang sebaiknya dihindari yaitu: sirup manis, olahan cake, manisan, gula putih, cokelat manis, permen.

4. Makanan ringan

Snack yang banyak mengandung garam akan semakin memperburuk kondisi wajah yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena menyebabkan meningkatnya proses inflamasi dalam kulit. Kebanyakan makanan ringan yang dijual dipasaran seperti potato chips, keripik, kentang goring, singkong keju banyak mengandung lemak trans yang menimbulkan pengaruh buruk bagi kondisi wajah yang berminyak. Selain itu makanan ringan banyak diketahui mengandung tambahan bahan perasa maupun pewarna yang tidak bagi metabolisme tubuh.

5. Serealia, roti dan pasta

Olahan gandum, tepung dibentuk melalui proses yang dapat menyebabkan hilangnya serat nutrisi yang baik. Hasil olahan tepung banyak mengandung lektin yang akan tersimpan dalam jaringan otot yang akan menyebabkan lambatnya pembakaran kalori dan menurunnya kecepatan metabolisme. Makanan yang tidak segera diolah akan disimpan sebagai lemak, sehingga tepung dan olahannya akan menjadi salah satu faktor tingginya kadar minyak dalam kulit.

Sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat untuk mengatur asupan roti, pasta, dan nasi dalam porsi sedang. Sangat dianjurkan untuk mencoba roti yang mengandung kecambah gandum gluten rendah dan serat tinggi. Makanan yang dihindari dapat dikonsumsi sewaktu-waktu namun tetap harus dikontrol jumlah asupannya.

6. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan

Makanan yang dibuat dari olahan kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan merupakan salah satu faktor pemicu hadirnya jerawat. Terlebih berbagai makanan dari olahan yang terbuat dari kacang tanah. Hal ini disebabkan di dalam sumber makanan tersebut terdapat protein dan lemak yang sangat tinggi, sehingga makanan tersebut dapat memicu produksi kadar minyak berlebih pada kulit wajah yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

7. Makanan cepat saji

Junk food atau makanan cepat saji ini banyak diolah dengan digoreng yang otomatis mengandung minyak yang sangat tinggi. Banyak penelitian yang telah menyokong fakta bahwa keberadaan makanan cepat saji ini terbukti meningkatkan tingkat obesitas, penyakit jantung dan risiko diabetes.

Di negara maju seperti Belanda, Jerman, Inggris bahkan di negara asalnya, Amerika, restoran penjual makanan cepat saji ini mengalami penurunan dan dijaga ketat oleh pemerintah sehingga keberadaannya tidak sebanyak yang ditemukan di Asia terlebih di Indonesia. Tingkat lemak yang tinggi memacu stres sehingga pola metabolisme terganggu. Banyak para selebriti tersohor yang telah merasakan efek konsumsi junk food pada wajah mereka yang pada akhirnya menyebabkan jerawat bermunculan. Hal ini memacu stres yang akan memperburuk kulit wajah.

8. Alkohol dan soda

Minuman yang mengandung alkohol maupun yang hanya mengandung soda banyak diteliti memiliki hubungan dengan timbulnya jerawat pada wajah. Orang yang meminum alkohol, sering ditemukan mengalami masalah dalam mengelola tekanan dalam hidupnya.

9. Kopi hitam

Mengkonsumsi kopi hitam sangat tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini dikarenakan, minuman ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memicu terjadinya stres yang merupakan faktor pencetusan jerawat.

B. Makanan dan minuman alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat yang baik untuk dikonsumsi.

Diet dengan pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah dengan kulit yang berminyak dan berjerawat dimulai dari memilih makanan yang masuk pada tubuh kita. Makanan yang banyak mengandung antioksidan dan rendah lemak akan memberikan dampak positif pada wajah yang berminyak dan berjerawat.

Diet sehat artinya memakan banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang akan menyuplai vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Beberapa vitamin ditemukan pada makanan mampu menstimulasi kulit wajah dan membantu pembentukan sel-sel baru. Vitamin-vitamin yang fokus sebagai antioksidan tersebut yaitu:

a. Vitamin C merupakan vitamin yang esensial untuk pembentukan kolagen yang mendukung mekanisme pembentukan kulit. Vitamin ini juga akan membuat warna kulit dan tekstur kulit wajah semakin baik. Vitamin C banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau dan buah-buahan.

b. Vitamin A berperan mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh. vitamin A banyak ditemukan di wortel, ikan, bayam dan telur.

c. Vitamin E memberikan kekuatan pada jaringan otot dan membantu perkembangan kulit. Vitamin E membantu kulit mempertahankan elastisitasnya.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan bagi mereka yang berjenis kulit berminyak dan berjerawat:

1. Makanan yang berserat tinggi

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti bayam, wortel, sawi, jeruk, dan brokoli, telah terbukti dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan dan mengatur gerakan usus yang bisa mencegah konstipasi serta meminimalkan timbulnya jerawat. Sebab salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah adanya gangguan pada system pencernaan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga akan membantu seseorang dalam mengatur pola makannya karena makanan yang kaya serat akan member efek mengenyangkan lebih lama. Makanan berserat ini juga akan meningkatkan perkembangan kulit wajah.

2. Mentimun

Buah mentimun merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan paling baik dan dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mentimun terbuat dari 95% air yang mampu mengeliminasi toksin dengan mengeluarkan dari tubuh kita. Cara mengkonsumsi mentimun paling baik adalah dengan mengkonsumsinya secara mentah.

3. Air putih

Mengkonsumsi air putih sebanyak lebih kurang 8-10 gelas perhari dipercaya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Dengan mengkonsumsi air putih ini merupakan sumber hidrasi utama di dalam tubuh akan membuat kulit terlihat lebih sehat. Air putih secara sederhana dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh kita.

4. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 sangat baik untuk dikonsumsi karena rendah lemak dan tidak mengandung lemak jahat pada tubuh. Makanan yang kaya lemak omega 3 sangat penting bagi kesehatan kulit. Seseorang yang kekurangan lemak ini akan mengalami kulit kering dan rentan terhadap jerawat. Adapun beberapa makanan yang mengandung omega 3 di antaranya seperti, ikan salem, ikan sarden, ikan cod, ikan makarel, salmon.

5. Makanan sehat tinggi antioksidan

Selain makanan yang mengandung serat, antioksidan juga termasuk salah satu nutrisi yang sangat penting di dalam mengatasi masalah pada wajah yang berminyak dan berjerawat. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah radikal bebas perusak kulit. Likopen adalah jenis antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga dan merawat wajah agar tetap sehat dan awet muda. Makanan yang mengandung antioksidan tersebut diantaranya, yaitu anggur, bluberi, jeruk, apel dan plum.

6. Makanan kaya seng

Mengkonsumsi makanan kaya akan seng merupakan salah satu cara jitu untuk mencegah dan menghilangkan jerawat . makanan tersebut diantaranya adalah kacang tanah, daging sapi rendah lemak, daging domba dan biji labu panggang.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. Semoga bermanfaat!

Related Pos :