Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Penggunaan Komputer

By Admin | pengetahuan

penggunaan komputerWalaupun sudah banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer, namun belum banyak yang menyadari bahwa pemakaian komputer juga dapat menimbulkan masalah sendiri. Masalah yang dimaksud adalah penyakit-penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh pemakaian komputer, terutama bila bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama secara terus menerus.

1. Memasang komputer secara aman

Langkah-langkah umum yang perlu diperhatikan pada saat pemasangan perangkat komputer antara lain. Pastikan permukaan kabel tidak ada yang terkelupas. Chasing perlu diperiksakan dengan tespen, jika terdapat aliran lsitrik, maka perlu pembenahan pada arde jaringan listrik. Pastikan juga layar monitor masih dapat bekerja dengan baik.

Untuk menjaga keselamatans kerja dengan komputer, beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Perhatikan pemasangan kabel yang dipasang pada perangkat komputer, seperti kabel power, VGA, dan kabel jaringan. Pemasangan kabel harus sesuai dengan portnya. Kabel juga jangan sampai mengalami kerusakan fisik, seperti terkelupasnyalapisan luar, karat pada gigi penghubung, basah atau lembab di sekitar stop kontak dan perangkat komputer.
  • Hubungan kabel power dari komputer dengan stop kontak listrik harus dipasang dengan benar, jangan sampai longgar hingga terjadi korsleting.
  • Gunakan stabilizer sehingga arus listik yang mengalir ke komputer selalu stabil meskipun daya listrik mengalami penurunan. Dengan menggunakan stabilizer, kerusakan pada perangkat komputer dapat dihindari. Agar keberadaan hardware ini tidak sia-sia, meka perlu diperhatikan pemasangan yang benar dan menyalakan dengan urutan yang benar. Urutan penyalaan stabilizer yang benar:
  • Pastikan semua hardware dalam keadaan off sebelum menghubungkan stabilizer ke stop kontak.
  • Setelah stavolt terhubung dengan stop kontak, nyatakan secara berurutan dari stabilizer ke CPU dan terakhir pada monitor.
  • Perangkat komputer jangan diletakkan di atas peralatan yang terbuat dari bahan konduktor, seperti besi, baja, dan aluminium. Gunakan perangkat alas yang terbuat dari bahan isolator, seperti kayu dan plastic. Hal ini mencegah terjadinya peenumpukkan arus elektrostatis di sekitar komputer.
  • Rapikan kabel yang ada pasa perangkat komputer. Ikat dengan kuat sehingga tidak ada kabel yang mudah lepas tanpa disadari. Jika ada kabel yang dibiarkan ridak rapid an mudah terlepas, maka ketika bekerja dapat saja terjadi kecelakaan dan pekerjaan menjadi terganggu.
  • Jangan biarkan ada kabel yang berhubungan dengan arus listrik dibiarkan terlepas. Jika tidak digunakan atau rusak, sebaiknya kabel tersebut dilepaskan dari kontak listrik.
  • Matikan komputer dan cabut kabel yang berhubungan dengan stop kontak listrik. Hal ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan konsleting. Konsleting dapat menyebabkan percikan api yang dapat menimbulkan kebakaran.

2. Menggunakan komputer dengan posisi yang benar

Apabila Anda sering menggunakan komputer, maka Anda harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja. Hal ini disebabkan dalam penggunaan komputer secara terus-menerus dapat menyebabkan otot sering pegal pada jari tangan, punggung, dan pinggang, serta mata menjadi agak kabur akibat pandangan kita sering terlalu dekat dengan layar komputer. Dengan demikian, maka kita perlu mengetahui cara-cara penggunaan komputer dengan baik agar dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan tersebut. Setiap orang harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar nyaman pada saat menggunakan komputer. Rasa nyaman itu akan mencegah gangguan kesehatan yang ditimbulkan saat bekerja dengan komputer. Berdasarkan bahaya yang ada dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemakai komputer perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1) Mengatur posisi tubuh

Agar produktivitas dan efektivitas kerja dapat maksimal, posisi tubuh harus nyaman. Perubahan posisi tubuh sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi tulang punggung, otot, persendian, dan sistem peredaran darah.

  • Posisi kepala dan leher

Pada saat bekerja dengan kmputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah, karena dapat menyebabkan sakit pada leher.

  • Posisi kaki

Posisi kaki yang baik harus menapak ke lantai dengan kuat dan nyaman. Sediakan ruangan yang cukup untuk kaki agar dapat bergerak dengan bebas di bawah meja kerja. Setelah beberapa saat bekerja, luruskan kaki agar peredaran darah kembali lancar. Jika perlu berjalan-jalanlah sebentar.

  • Posisi punggung

Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak morong ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman. Posisi punggung disesuaikan dengan postur tubuh, usahakan tegak lurus jangan membungkuk ke depan karena dapat menggangu tulang belakang Anda, jangan terlalu jauh bersandar ke belakang, Karena akan member beban berlebihan pada tulang belakang Anda. Gunakan sandaran kursi untuk menopang punggung, jika perlu gunakan kursi yang dapat diatur.


  • Posisi pundak dan siku

Ketika sedang berada di depan komputer, posisi pundak dan siku harus benar-benar rileks jangan dipaksakan jika kurang enak dan nyaman. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi ketegangan otot, pundak yang terlalu terangkat dan terlalu ke bawah akan menyebabkan ketegangan otot. Selain itu, siku harus diletakkan dengan nyaman disesuaikan dengan posisi keyboard.

  • Posisi tangan

Salah satu keluhan bagi sebagian user komputer adalah rasa nyeri pada jari. Agar terjindar dari sindrom tersebut, posisikan tangan sesuai dengan kenyamanan sendiri. Hal ini sangat relative, tidak semua orang sama dan umumnya ditentukan oleh diri sendiri sebab antara orang yang satu dengan orang yang lainnya kenyamanan bekerja tidaklah sama. Hal yang penting adalah pada saat melakukan pekerjaan, tangan merasa nyaman baik saat melakukan penekanan tombol-tombol keyboard dan mouse,  siku membentuk 90 derajat. Aturlah dengan benar, sebab posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi (repetitive strain injury).

  • Kesehatan mata

Lindungi dan sayangilah mata Anda ketika bekerja menggunakan komputer, sebab mata adalah organ yang sangat vita. Aturlah jarak pandang dengan layar monitor untuk menjaga agar tidak terjadi gangguan  pada mata dan sebaiknya ditambahkan kaca peredam (screen filter) sebab monitor memiliki intensitas cahaya yang cukup tinggi. Selain itu, alat ini mampu meredam atau mengurangi kelelahan pada mata. Usahakan monitor tidak terlalu terang atau terlalu redup, sebab hal itu akan menyulitkan Anda untuk melihat dengan jelas. Penampilan monitor jangan terlalu mencolok atau terlalu terang, karena akan menyakitkan mata. Sebagai alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memilih dan menggunakan monitor yang efek pancaran sinarnya rendah, sehingga tidak menimbulkan kelelahan pada mata serta daya listriknya rendah. Jika Anda membeli monitor, maka pilihlah jenis TFT LCD. Karena selain efek radiasi pancaran sinar relatif rendah, juga tidak menimbulkan kelelahan pada mata. Selain itu, layar TFT LCD hanya memerlukan daya lsitrik yang relatif dibandingkan jenis monitor CRT.

2) Mengatur tata letak komputer

Tata letak komputer perlu diatur agar kita dapat bekerja dengan nyaman. Hal-hal ini dapat dilakukan untuk mengatur tata letak komputer adalah sebagai berikut.

  • Posisi monitor

Pengaturan monitor yang baik akan mengurangi ketegangn mata dan otot. Jarak pandang yang tepat antara monitor dengan mata, yaitu 46-47 cm dengan sudut pandang 0,15 derajat. Ketinggian monitor tidak boleh menyebabkan kepala kita terlalu menunduk atau mengadah. Ketinggian monitor harus diatur sedemikian rupa sehingga baris teks paling atas pada monitor sejajar dengan mata kita.

  • Keyboard dan mouse

Saat ini banyak diproduksi keyboard dan mouse dengan tipe-tipe seksi dan menawan. Terlebih lagi keyboard dan mouse wireless (tanpa kabel) atau menggunakan gelombang elektromagnetik melalui sinar inframerah. Di samping kabel tidak berseliweran, kerja kita pun bagus dan rapi. Namun jika Anda masih menggunakan keyboard dan mouse berkabel, maka Anda harus meletakkan sedemikian rupa sehingga saat menggunakannya posisi tubuh tetap nyaman. Letakkan keyboard tepat di tengah-tengah Anda, sedangkan mouse diletakkan di samping kanan keyboard.


tags: , , ,

Related Pos :