Cara Memilih Makanan yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

By Admin | kesehatan

cara memilih makanan yang tepat bagi penderita diabetes

Bagaimana cara memilih makanan yang tepat bagi penderita diabetes? American Diabetes Associaton (ADA) mengeluarkan sebuah panduan untuk membantu pasien diabetes dalam menemukan menu makanan yang cocok untuk mereka konsumsi sehari-hari. Dan secara umum menu makanan tersebut dapat dibagi menjadi enam kategori. Keenam kategori menu makanan tersebut di kelompokkan berdasarkan pertimbangan kadar karbohidrat, protein dan lemak yang terdapat di dalam makanan.

Pembagian menu makanan diabetes tersebut bertujuan agar dapat membantu para penderita diabetes dalam mengatur pola makan yang sehat secara umum, karena kebanyakan dari mereka tidak banyak yang terlalu mengetahui tentang menu makanan yang memiliki nilai gizi seperti apa yang mereka butuhkan.

Pada umumnya menu makanan diabetes yang telah disusun sedemikian rupa ini dapat dikonsumsi berdasarkan susunan nomor yang akan di tuliskan nanti, jadi semakin akhir nomor menu makanan yang disebutkan maka semakin sedikit pula kelompok makanan tersebut yang boleh untuk dikonsumsi atau dihindari oleh para penderita diabetes.

Berikut ini merupakan beberapa kelompok makanan yang telah dibagi menjadi enam kategori seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, diantaranya:

1. Biji-bijian dan tepung

Makanan yang berasal dari biji-bijian dan tepung merupakan kelompok makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti beras, gandum, rye, jagung, kentang, kacang polong, kacang pinto dan makanan lainnya yang biasa menggunakan biji-bijian termasuk dalam kelompok ini.

2. Sayuran

Sayuran secara alami rendah dalam konten lemak, rendah kalori, dan kaya vitamin, mineral, serat dan zat gizi makanan.

3. Buah-buahan

Kelompok makanan dalam bentuk buah-buahan juga termasuk kedalam salah satu urutan yang hampir sama dengan kelompok makanan sayuran. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat dan juga karbohidrat.


4. Susu

Kelompok susu mengandung banyak protein dan kalsium serta kaya akan gizi vitaminnya. Namun, dalam memilih susu penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak.

5. Daging, pengganti daging dan protein lainnya

Kelompok ini bersama kelompok susu dalam urutan kategori menu makanan diabetes yang mengandung protein dalam jumlah yang sangat tinggi dan mengandung vitamin serta mineral yang sangat banyak.

6. Lemak minyak, manis, dan alkohol

Kelompok makanan yang terakhir ini menandakan bahwa kelompok makanan hanya boleh di konsumsi sedikit oleh penderita diabetes dan sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa cara didalam memilih makanan yang tepat bagi para penderita diabetes, semoga bermanfaat dan semoga cepat lekas sembuh!

Related Pos :