Beberapa kandungan zat makanan yang penting bagi tubuh

By Admin | kesehatan

kandungan zat makanan bagi tubuh

Agar tubuh kita tetap sehat, makanan yang kita konsumsi setiap hari harus bergizi dan cukup jumlahnya. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung zat makanan yang penting bagi tubuh.

Zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dibedakan menjadi dua golongan, yaitu zat makanan makro (makronutrien) yang terdiri atas karbohidrat, lemak dan protein serta zat makanan mikro (miktonutrien) yang terdiri atas vitamin dan mineral. Selain itu tubuh kita juga memerlukan air sebagai bahan yang penting dalam pengolahan zat makanan di dalam tubuh.

1. Karbohidrat

Karbohidat sering disebut zat pati atau zat tepung. Dalam karbohidrat terkandung unsur karbon (C), hydrogen (H), dan oksigen (O). fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Kebutuhan setiap orang akan karbohidrat berbeda-beda tergantung pada aktivitas, berat badan, dan jenis kelaminnya.

Selain sebagai sumber energi yang utama, karbohidrat juga berperan dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, serta pembentukan struktur sel, jaringan dan organ tubuh. karbohidrat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berupa zat pati (amilum) dan zat gula. Zat pati banyak terdapat pada padi-padian dan ubi-ubian, sedangkan zat gula banyak terdapat pada buah-buahan.

Menurut besarnya molekul, karbohidrat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Karbihidrat di dalam pencernaan makanan akan dipecah menjadi monosakarida terutama dalam bentuk glukosa. Karbohidrat merupakan sumber energi utama. Setiap 1 gram karbohidrat mampu menghasilkan 4,1 kalori.

Kelebihan karbohidrat di dalam tubuh akan diubah menjadi glikogen dan lemak. Glikogen disimpan di hati dan otot, sedangkan lemak disimpan di perut, sekeliling ginjal, dan di bawah kulit.

Dari uraian di atas jelaslah bahwa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat tidak hanya tergantung pada nasi saja. Berbagai hidangan dapat dimakan sehingga tidak bosan.

2. Lemak

Selain sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin, yaitu vitamin A, D, E dan K, serta berfungsi sebagai pelindung tubuh (dari suhu rendah). Makanan yang banyak mengandung lemak akan lebih lama di dalam perut sehingga akan member rasa kenyang agak lama.


Lemak di dalam tubuh berfungsi sebagai berikut.

  • Pembawa zat-zat makanan yang esensial, termasuk asam-asam lemak serta vitamin A, D, E dan K.
  • Sumber energi tinggi, yang menyediakan lebih kurang 9,3 kalori per gramnya.
  • Pelindung alat-alat tubuh dan pelindung tubuh dari kedinginan dan luka.
  • Penyedap makanan sehingga makanan lebih lezat rasanya.
  • Penahan rasa lapar. Jika tidak ada lemak, pencernaan akan berlangsung lebih cepat, sehingga cepat terasa lapar.

Lemak dalam tubuh disimpan di dalam tempat-tempat tertentu, misalnya di sekitar usus, ginjal, dan di hati. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Setiap 1 gram lemak menghasilkan 9, 3 kalori. Makanan yang banyak mengandung lemak adalah minyak-minyakan, misalnya minyak ikan, minyak kacang, minyak jagung, minyak wijen, susu, dan bahan makanan lain, misalnya daging, mentega, kacang-kacangan, kemiri, dan buah alpukat.

Lemak hewan banyak mengandung sterol yang disebut kolesterol, sedangkan lemak nabti banyak mengandung filosterol dan asam lemak tidak jenuh.

3. Protein

Unit terkecil dari protein adalah asam amino. Sesuai dengan asam amino yang membentuknya, protein diklasifikasikan seperti berikut ini.

  1. Protein sempurna, yaitu protein yang mengandung semua asam amino esensial dan dalam jumlah yang cukup. Contohnya, protein pada susu, telur, daging, ikan, dan protein lain yang berasal dari hewan.
  2. Protein kurang sempurna, yaitu protein yang mengandung asam amino esensial, tetapi jumlahnya hanya sedikit. Contohnya, protein yang terdapat pada gandum.
  3. Protein tidak sempurna, yaitu protein yang tidak mengandung asam amino esensial. Oleh karena itu, protein tidak sempurna tidak dapat menjamin pertumbuhan. Contohnya, protein yang terdapat pada umbi-umbian.

Protein mempunyai tiga fungsi utama dalam tubuh, yaitu.

  1. Sebagai zat pembangunan jaringan tubuh, organ-organ tubuh, kelenjar, darah, dan mengganti sel-sel yang rusak;
  2. Sebagai zat pengatur, yaitu mengatur kadar asam-basa dalam tubuh; dan
  3. Sebagai sumber tenaga.

Protein digunakan sebagai sumber tenaga hanya jika kebutuhan kalori tubuh tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak. Satu gram protein menghasilkan 4,1 kalori. Protein nabati banyak terdapat pada kacang-kacangan. Protein hewan banyak terdapat pada ikan, daging, susu, dan hati.

4. Mineral

Mineral yang dibutuhkan tubuh bermacam-macam. Unsur-unsur pembangunan tubuh yang merupakan mineral dimulai dari kalsium (Ca) sampai kobalt (Co).

Fungsi masing-masing mineral seperti berikut ini.

  1. Kalsium atau zat kapur (Ca), berfungsi untuk pembekuan darah pada waktu terjadi luka. Selain itu, kalsium bersama fosfor dan magnesium berperan dalam pembentukan tulang.
  2. Yodium (I), berfungsi untuk pembentukan hormone pertumbuhan yang mengatur pertumbuhan badan.
  3. Natrium ((Na), kalium (K), dan khlor (CI), berfungsi mengatur tekanan osmosis. Selain itu, juga berfungsi menjaga keseimbangan asam dan basa.
  4. Belerang atau sulfur (S), berfungsi untuk membentuk asam amino cystine, serta untuk pertumbuhan rambut dan kuku.
  5. Besi (Fe), berfungsi untuk membentuk hemoglobin.
  6. Fluor (F), berfungsi mencegah kerusakan gigi.
  7. Zeng (Zn), berfungsi dalam pembentukan insulin serta berperan penting untuk sintesis protein dan glukosa.
  8. Kobalt (Co), merupakan bagian dari vitamin B12 yang penting dalam pembentukan sel darah merah.
  9. Unsur lainnya (Mn, Mo, dan Mg) merupakan bagian dari enzim-enzim.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah merah. Anemia sering dijumpai pada anak-anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil, atau ibu menyusui. Anemia merupakan salah satu masalah kesehtan di Indonesia.

5. Vitamin

Vitamin merupakan zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil, tetapi vitamin penting digunakan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. pada umumnya vitamin tidak dapat dibuat oleh tubuh, kecuali vitamin D. vitamin dibagi dalam dua kelompok besar, yakni vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, K dan vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan C.

Pada prinspnya vitamin berfungsi untuk:

  1. Mengatur dan memperbaiki berfungsinya organ tubuh,
  2. Pertumbuhan sel, dan
  3. Mengatur penggunaan makanan serta penggunaan energi.

Secara lebih terperinci,fungsi tiap-tiap vitamin adalah seperti berikut ini.

  1. Vitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit dan membantu proses pertumbuhan tubuh.
  2. Vitamin D, berfunsi mengatur metabolisme garam dapur, pertumbuhan, serta pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi. Fungsi lainnya adalah mengaktifkan penyerapan kalsium dan fosfor. Vitamin D dapat terbentuk dikulit dari provitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  3. Vitamin E, berfungsi dalam refroduksi, mempercepat penyembuhan luka bakar, menghalangi kerusakan kulit, dan mencegah kelelahan.
  4. Vitamin K, berfungsi mempercepat pembekuan darah setelah terluka dan mencegah pendarahan dalam organ tubuh (hemoragi).
  5. Vitamin B (Thiamine), berfungsi menambah nafsu makan metabolisme karbohidrat, untuk kesehatan jantung, saraf, otot, dan anti beri-beri.
  6. Vitamin B2 (Riboflafin), berfungsi membantu pertumbuhan, kesehatan kulit, rambut, dan kuku; membantu menghilangkan luka pada mulut, bibir, dan lidah.
  7. Vitamin B6 (Piridoxin), berfungsi menanggulangi gangguan saraf dan kulit, mengurangi rasa mual; meredakan mabuk laut, darat, dan udara; mengurangi kejang lengan; membantu pertumbuhan anak dan anti pellagra, yaitu kulit pecah-pecah.
  8. Vitamin B12 (Kobalamin), penting untuk pembentukan sel-sel darah merah, mengurangi alergi, dan memperbaiki kemampuan pemusatan pikiran (konsentrasi).
  9. Vitamin C, (Asam askorbat), berfungsi mempertinggi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit infeksi bakteri, membantu menanggulangi alergi, mengurangi rasa nyeri oleh sengatan panas, menanggulangi skorbut, mempercepat penyembuhan luka iris (kena pisau), menurunkan kolesterol darah, dan membantu menanggulangi influenza.

6. Air

Air merupakan salah satu unzur yang sangat penting bagi tubuh karena air merupakan bagian dari sel-sel tubuh. adapun fungsi air bagi tubuh adalah:

  1. Membentuk cairan tubuh,
  2. Sebagai alat pelarut unsur-unsur gizi,
  3. Sebagai pengangkat sisa-sisa metabolisme yang tidak terpakai oleh tubuh, dan
  4. Mengatur suhu tubuh.

Air yang ada di dalam tubuh diperoleh dari berbagai sumber, antara lain dari air minum, air dari bahanĀ  makananm, dan air dari sisa pembakaran karbohidrat, lemak, dan protein.

Air yang tidak digunakan lagi oleh tubuh dibuang melalui organ-organ kulit, ginjal, dan paru-paru.

7. ASI (Air Susu Ibu)

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, karena ASI mengandung semua unsur gizi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. ASI merupakan makanan bayi yang paling alami, mudah dicerna, selalu bersih, segar dan aman. Selain mengandung semua zat yang diperlukan bagi bayi, ASI juga mengandung zat pelindung (antibodi) yang akan melindungi bayi terhadap berbagai penyakit.


tags: , , , , ,

Related Pos :