9 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

By Admin | bisnis

Tips sukses cara memulai bisnis kuliner untuk pemula. Cocok buat kamu yang baru membuka usaha atau akan memulai usaha di bidang kuliner. Buat kamu yang bingung bagaimana langkah-langkah dalam memulai bisnis kuliner simak ulasannya sampai habis.

9 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Bisnis kuliner seperti makanan dan minuman merupakan jenis usaha yang menguntungkan dan menjanjikan. Usaha kuliner makanan dan minuman dapat menjadi bisnis jangka panjang karena setiap orang membutuhkan makan dan minum. Apalagi ketika ada muncul kuliner baru sebagian besar orang ingin mencobanya.

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis kuliner banyak dilirik oleh calon pebisnis. Bahkan tidak hanya para pemula saja, para pebisnis yang sudah memiliki usaha pun tidak sedikit yang kemudian membuka usaha baru di bidang kuliner. Hal ini tentu saja didasari oleh segmentasi pasar yang luas dan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi. Sehingga memungkinkan seorang pemula sekalipun dapat menjalankan bisnis ini hingga sukses.

Peluang bisnis di bidang kuliner masih memiliki prospek cerah dan menjanjikan meskipun persaingan sangat ketat karena pebisnis kuliner sudah menjamur. Mencari bisnis kuliner terbaru yang ngetrend dan sedang booming merupakan langkah pertama yang perlu anda lakukan jika ingin sukses dan meraih untung besar.

9 Tips Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula Agar Sukses

Bagi anda yang hobi kuliner dan tertarik untuk membuka usaha ini. Berikut beberapa tips memulai bisnis kuliner untuk pemula agar sukses menjalankannya:

1. Menyiapkan Modal Usaha

Ketika ingin membuka sebuah usaha maka tentu kita harus menyiapkan modal. Ada banyak cara untuk mendapatkan jika anda kekurangan modal, misalnya dengan mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

Jika modal Anda sangat tipis dan ingin melakukannya sendiri itu lebih baik, karena Anda tak akan pusing dalam hal lain Anda dapat fokus dalam hal pemasaran. Namun, berhematlah Sisihkan separuh keuntungan untuk tambahan modal kelak. Jika memilih usaha patungan, sebaiknya Anda membuat surat perjanjian yang mengatur pembagian wewenang dan hasil usaha guna menghindari masalah di kemudian hari.

Jika modal usaha anda di peroleh dengan meminjam dari lembaga keuangan, maka biasakan untuk membuat laporan keuangan setelah usaha berjalan. Laporan keuangan tersebut mencantumkan pemasukan, pengeluaran dan aset usaha yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar lembaga keuangan tersebut mengetahui secara pasti perkembangan usaha kuliner yang anda jalankan.

Baca juga: 8 Usaha Rumahan Bidang Kuliner yang Menjanjikan

2. Menentukan Target Pasar

Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha kuliner makanan dan minuman. Walaupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala.


Memang target pasar di dunia kuliner sangat luas, namun jika di tentukan lebih spesifik maka Anda akan dengan mudah menentukan tujuan selanjutnya. Sebagai contoh jika Anda membuka bisnis kuliner di area kampus, maka target pasar Anda adalah mahasiswa. Jadi Anda dapat membuka restoran dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang dapat menunjang mahasiswa untuk berlama-lama di restoran Anda.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Dalam menentukan lokasi usaha terutama bisnis kuliner sebaiknya memilih lokasi usaha yang strategis yakni banyak dikunjungi atau dilalui orang. Sejumlah lokasi usaha kuliner makanan dan minuman yang strategis antara lain di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, serta tempat wisata.

Saat menentukan lokasi usaha juga penting untuk memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Hal ini supaya modal Anda tidak terkuras hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Anda pun dapat melakukannya tanpa mempunyai tempat usaha tapi dengan menitip produk usaha Anda dengan memilih ke lokasi strategis atau tempat usaha mitra Anda.

4. Memiliki Konsep yang Menarik

Di dalam menjalankan bisnis apapun, membuat sebuah konsep menarik akan menjadi nilai tambah tersendiri terhadap bisnis tersebut. termasuk juga didalam bisnis kuliner. Bahkan di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen anda.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner sebaiknya Anda memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original sehingga berbeda dari bisnis sejenis kebanyakan. Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian Anda akan mudah menjaring konsumen.

Sebagai contoh konsep yang sudah tidak asing lagi dalam bisnis kuliner adalah nama yang “nyeleneh” atau konsep dekorasi yang tidak lazim. Meski nama bisnisnya nyeleneh Tapi hal ini terbukti dapat membuat konsumen penasaran dan memaksa konsumen untuk mencobanya. Apalagi Masyarakat kita saat ini suka sekali mencoba sesuatu yang baru terutama yang unik, mereka sudah bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja.

Dalam bisnis kuliner memiliki rasa masakan yang enak saja tidak cukup untuk bisa membuat konsumen loyal. Oleh karena itu Buatlah konsumen berkesan dengan makanan atau pelayanan dan tempat yang menarik sehingga mereka akan menjadikan tempat makan Anda menjadi favorit mereka.

5. Berinovasi untuk Menciptakan Menu Andalan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, fakta masyarakat kita saat ini sedang berada di titik jenuh terhadap kuliner yang itu-itu aja. Maka hal penting yang wajib Anda lakukan agar dapat bersaing di bisnis kuliner yang ketat ini adalah dengan berinovasi. Jangan melakukan atau membuka bisnis yang sama persis dengan bisnis orang lain, mungkin jika ingin meniru maka lebih baik mengambil konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan kesan yang “wah” maka sebaiknya berinovasi dan menelurkan produk baru yang membuat konsumen penasaran. Anda bisa menjadikan menu baru tersebut sebagai menu andalan. Tapi Jika tidak bisa berinovasi, anda dapat mengikuti alur yang ada. Hanya saja bisnis anda dapat dipastikan akan mengalami perlambatan, atau mungkin akan lumpuh diperiode tertentu. Maka Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya mulailah membuat ide gila dengan berinovasi menciptakan menu baru yang membuat konsumen merasakan kesan berbeda setelah mencoba produk dan layanan Anda.

6. Pemasok bahan baku

Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi. Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, Anda pun dapat menjadi orang kepercayaan jika Anda dalam keadaan sulit atau terjepit modal, selain itu Anda juga bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

7. Memberikan Harga yang Terjangkau

Sudah tidak asing lagi, perilaku konsumen kita yang selalu ingin mendapatkan harga terjangkau namun dengan layanan yang maksimal. Sebagi pebisnis kita tidak bisa menyalahkan hal tersebut, yang harus kita lakukan adalah beradaptasi dengan perilaku konsumen yang demikian itu.

Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis kuliner maka kami sarankan untuk memberikan harga terbaik pada konsumen kita. Dengan begitu Anda telah memilki alasan pertama yang membuat konsumen membeli produk Anda. Apalagi jika Anda menjual produk kuliner dengan harga terjangkau namun dengan pelayanan yang baik pula. Sudah dipastikan bisnis Anda akan berkembang lebih cepat, karena kedua point ini adalah salah satu alasan konsumen untuk membeli.

8. Memberikan Pelayanan Terbaik

Bisnis yang bertahan lama adalah bisnis yang mampu menjaga reputasinya. Tidak terkecuali di bisnis kuliner, bisnis kuliner bisa dibilang sensitif terhadap issue. Oleh karena itu sebaik mungkin untuk dapat menjaga reputasi contohnya dengan tetap memberikan pelayanan yang maksimal, tetap menjaga kehigienisan makanan dan kebersihan restoran. Dengan begitu konsumen akan tetap mempercayai restoran dan makanan Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Penting untuk menjaga sikap maupun perilaku Anda saat berhadapan konsumen, semakin Anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan Anda. Coba Anda bayangkan apakah Anda mau berbelanja pada pedagang yang sombong, pelit atau jutek? Apalagi kalau kucel dan dekil.

9. Promosi yang tepat

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha Anda ke banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nanti mereka pun bisa menjadi pelanggan setia anda.

Dari pelanggan setia ini lah cerita tentang keunggulan usaha Anda akan menyebar ke publik. Bila anda memiliki dana lebih, tidak ada salahnya mempromosikan usaha lewat media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, atau lewat jejaring sosial yaitu Facebook atau twitter. Baca juga: Tips Memulai Bisnis Jahitan di Rumah

Nah, itulah 9 tips sukses memulai bisnis kuliner untuk pemula. tips-tips tersebut di atas bisa jadi masukan bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner seperti makanan dan minuman.


tags: , ,

Related Pos :