9 Tips Cara Memulai Bisnis Jahitan di Rumah

By Admin | bisnis

Bisnis Jahitan merupakan peluang usaha di rumah yang menjanjikan untuk dijalankan. Meski produksi pakaian jadi sudah banyak dipasaran tetapi bisnis ini masih memiliki peluang bagus dan terbuka lebar, asalkan anda memiliki skill dalam bidang jahit menjahit dam mampu berkreativitas dalam membuat desain pakaian yang lebih cantik dan unik dengan berbagai model. Bisnis jahit pakaian bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah dan bisa juga dijadikan sebagai penghasilan utama anda.

9 Tips Cara Memulai Bisnis Jahitan di Rumah

Peluang bisnis jahitan merupakan salah jenis usaha bidang fashion yang dilirik cukup banyak oleh calon pebisnis. Sebab, selain bisa dijadikan sebagai bisnis rumahan, usaha jahitan juga dapat dimulai dengan modal kecil. Bahkan bisnis ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu laki-laki maupun perempuan.

Ibu Rumah tangga dan bahkan anak muda juga bisa menjalankan bisnis jahitan di rumah yang penting punya skill dan kemampuan dalam menjahit pakaian. Akan lebih bagus lagi kalau bisa membuat desain sendiri. Tidak sedikit orang yang meraih sukses di bisnis jahit menjahit dengan membuka usaha fashion designer. Salah satu contoh nya adalah Dea Valencia seorang perempuan muda kreativ yang sukses dengan bisnis Batik Kultur miliknya.

Lalu bagaimana memulai bisnis ini? Yes, dibawah ini ada beberapa tips cara memulai bisnis jahitan di rumah yang bisa anda coba praktekan jika ini membuka usaha jahit pakaian.

9 Tips Memulai Bisnis Jahitan di Rumah

Jika anda tertarik untuk menekuni usaha di bidang fashion khususnya jahit-menjahit, namun bingung bagaimana cara memulainya. Simak 9 Tips Memulai Bisnis Jahitan di Rumah dibawah ini:

1. Mengasah Kemampuan / Skill Menjahit

Dalam bisnis jahit menjahit kemampuan atau skill sangat penting agar bisa sukses. Untuk itu anda harus mengasah kemampuan atau skill anda dalam menjahit meskipun anda sudah handal dalam menjahit tetapi dengan terus mengasahnya maka kemampuan anda akan semakin handal.

Langkah awal sebelum membuka usaha jahit di rumah adalah dengan serius mengikuti program pelatihan menjahit dan terus mengembangkan kemampuan agar lebih bervariasi. Tujuannya selain memberikan jahitan yang berkualitas, Anda juga memudahkan pelanggan yang akan menggunakan jasa Anda.

Penjahit yang baik selalu bisa memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggannya. Anda bisa memilih di antara pelayanan dalam menjahit yang ada, pilih salah satu yang cocok dan bisa dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan Anda, misalnya membuat jahitan kemeja sarimbit atau pasangan. Penawaran seperti itu akan bisa membuat pelanggan merasa yakin jika ingin menjahitkan baju pasangan tersebut kepada Anda yang memang ahli di bidang tersebut.

2. Menyiapkan Peralatan

Jika sudah memutuskan jenis jahitan mana yang menjadi andalan untuk Anda kerjakan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk modal awal. Peralatan untuk membuka usaha jahit di rumah tentu saja mesin jahit beserta perangkat pendukungnya. Kelompokkan alat mana saja yang sudah Anda miliki, dengan begitu akan memudahkan pembelian alat lain yang masih dibutuhkan.

3. Membuat Lisensi

Anda bisa melakukan pengecekan di departemen atau kantor terkait mengenai lisensi yang mungkin dibutuhkan ataupun mengenai besaran pajak yang diharuskan apabila membuka sebuah usaha, di rumah misalnya. Hal ini penting dilakukan mengingat Anda masih baru di dunia bisnis, dan hal ini akan menjadi langkah baik untuk berjaga-jaga jika di masa depan terdapat hal-hal yang di luar kendali.


Dengan payung hukum dan legalisasi yang sudah ada di tangan, Anda bisa menghandel semuanya. Pertimbangkan pula berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memuluskan lisensi itu, karena bisa jadi uang yang Anda siapkan belum cukup untuk menutupi semua pengeluaran di awal saat memulai usaha.

4. Mengalokasi waktu dengan tepat

Hal penting lain yang harus dipikirkan di awal saat membuka usaha adalah adanya alokasi waktu yang harus disisihkan untuk memulai bisnis jahit di rumah. Anda tidak selalu harus melakukan semua pekerjaan seorang diri dan full time. Putuskan saja ingin memulai usaha jahit seperti apa. Jika dilakukan secara full time, maka Anda hanya harus berfokus pada usaha jahit Anda.

Otomatis untuk sementara waktu tidak memerlukan karyawan untuk membantu menjahit. Namun, jika hanya ingin mengerjakannya paruh waktu disela-sela kesibukan yang lain, maka mempekerjakan beberapa karyawan yang nantinya bisa meneruskan pekerjaan Anda setelah setengah hari merupakan solusi yang baik. Karyawan ini bisa terus dipekerjakan selanjutnya sebagai partner yang dari awal sudah mengerti mengenai konsep dan sistem kerja di tempat usaha jahit Anda.

Baca juga:

5. Buat range harga

Dalam sebuah usaha apalagi usaha rumahan, pastinya diperlukan perjuangan yang lebih keras untuk bisa terus bertahan. Hal lain yang harus dipersiapkan adalah mengenai range harga. Harga yang Anda patok bisa beragam, sesuai dengan kebutuhan dan mudah sulitnya sebuah jahitan. Anda bisa melakukan investigasi dan observasi ke tempa-tempat usaha jahitan sekitar untuk menentukan berapa kira-kira patokan harga wajar yang bisa ditetapkan.

Namun jika sulit untuk melakukan observasi langsung ke tempat-tempat usaha lain, Anda bisa langsung menengok ke pameran-pameran busana yang banyak diadakan di pusat-pusat perbelanjaan atau hall. Disana Anda bisa melihat bagaimana pakaian-pakaian dijual dengan harga yang menarik.

Dengan begitu, Anda bisa mempelajari dan menghitung sendiri berapa harga yang harus dipatok. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan bertanya kepada rekan atau kolega Anda mengenai harga-harga yang pantas untuk dipasang di produk yang Anda jual. Biasanya saran dari teman dan kenalan bisa membantu menemukan inspirasi yang baik.

6. Menyiapkan Ruangan di Rumah sebagai Tempat Usaha

Walaupun usaha jahit dilakukan di rumah, bukan berarti semua bisa dikerjakan asal-asalan dan sembarang tempat. Anda harus mencari tempat kosong yang memungkinkn untuk disulap menjadi ruang kerja sederhana yang memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan awal sebagai pengusaha jahit.

Pastikan tempat yang akan dipakai sebagai tempat usaha adalah ruang bebas yang tidak sibuk dengan lalu lalang orang-orang atau keluarga. Di tempat tersebut, Anda bisa menempatkan semua peralatan dan kebutuhan sebagai seorang penjahit. Tempat alternatif yang bisa dipakai adalah garasi.

Garasi bisa Anda jadikan alternatif yang membuat Anda selalu bisa santai dalam bekerja. Letakkan semua peralatan di tempat yang selalu bisa dijangkau di sekitar Anda. Persiapkan semua di awal, dan jangan meremehkan pekerjaan.

7. Melakukan Perencanaan dengan Baik

Dalam semua usaha pasti memerlukan rencana. Baik itu rencana awal, rencana pemasaran ataupun rencana ekspansi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan jika ingin melakukan pemasaran usaha dengan tepat, di antaranya adalah membuat website. Pemasaran melalui web atau internet terbukti ampuh untuk menarik pelanggan, karena dengan zaman yang serba teknologi, orang-orang pun lebih suka mengakses info dari internet.

Rencanakan bagaimana cara pemasaran dan konsep Anda di internet. setelah di pasanag, Anda hanya harus menunggu iklan tersebut dibaca dan direspon. Cara lain yaitu dengan meminta izin pada toko atau tempat bisnis di sekitar untuk membolehkan memasang iklan dan kartu nama di toko mereka.

Pastikan toko tersebut adalah tempat bisnis yang sudah memiliki nama, sehingga akan banyak orang yang datang melihat promo Anda. Cara lain yang lebih komesial yaitu dengan memasang iklan di koran atau radio. Melalui media ini, Anda bisa terus memperluas wilayah manusia yang tahu usaha Anda.

8. Mempersiapkan Rekening

Jikapun sudah memiliki rekening yang biasa dipakai sehari hari, ada baiknya Anda membuka rekening baru yang khusus dipakai dalam bisnis. Ini akan memudahkan untuk menghitung pemasukan, keuntungan dan kerugian jika mungkin. Rekening tambahan juga akan memudahkan proses transaksi tanpa tercampur dengan keperluan pribadi dan pemasukan di rekening lain.

9. Menyiapkan Pembukuan

Anda harus pastikan selalu membuat pembukuan dan rekap pemasukan dan pengeluaran yang Anda terima. Hal ini akan semakin memperjelas berapa pendapatan, keuntungan, hingga mempermudah penghitungan pajak, tagihan, ataupun gaji karyawan jika Anda memilikinya.

Bisnis Jahitan di Rumah termasuk usaha yang mudah dilakukan jika tahu caranya memulainya. Semua akan terasa tampak sulit kalau kita tidak tahu bagaimana kunci untuk meraih sukses dalam bisnis yang akan dijalankan. Dalam menjalankan bisnis jahit menjahit kedepankan kualitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen. Selain itu berikan pelayanan yang ramah dan ketulusan sehingga usaha anda bisa terus berkembang dan sukses.

Demikianlah uraian singkat mengenai tips cara memulai bisnis jahitan di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.


tags: , ,

Related Pos :