8 Ide Usaha Rumahan Bidang Kuliner yang Menjanjikan

By Admin | bisnis

Ada banyak ide usaha rumahan bidang kuliner yang bagus dan menjanjikan. Asalkan anda jeli dan pandai menangkap peluang yang ada disekitar anda maka anda bisa menemukan ide bisnis di rumah dengan modal kecil dan berpotensi memberikan untung besar. Salah satu jenis usaha di rumah yang memiliki prospek cerah dan akan terus eksis adalah bisnis kuliner seperti makanan dan minuman.

8 Ide Usaha Rumahan Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Tidak sedikit orang yang mempunyai niat untuk membuka sebuah usaha tetapi batal terealisasi. Alasannya sederhana yaitu kurangnya modal. Padahal untuk memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal besar, jika memang dana kita terbatas buka usaha dengan modal kecil saja dahulu. Namun, kebanyakan orang ingin langsung membuka usaha yang besar sedangkan dana yang dimiliki terbatas sehingga niat untuk berbisnis pun batal terlaksana.

Modal memang menjadi kendala umum yang sering dihadapi calon pebisnis yang membuat mereka terkadang batal berbisnis. Padahal modal tidak hanya berupa uang saja, ada modal lain yang jauh lebih penting untuk menjadi pengusaha sukses yaitu modal non uang seperti niat, tekun, kerja keras, keterampilan, pantang menyerah dan masih banyak lagi. Kalau modal yang dimiliki memang terbatas buka usaha kecil-kecilan saja dan memulainya dari rumah. Bahkan perusahaan besar seperti Google dan Amazon dirintis dari garasi rumah hingga kemudian menjadi besar seperti sekarang ini.

8 Ide Usaha Rumahan Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Bila anda mencari ide usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan dan berpotensi untung besar, bisnis bidang kuliner bisa menjadi pilihan bagus. Mengapa demikian? karena usaha kuliner akan terus eksis dan tak akan pernah mati asalkan anda berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan berbagai menu andalan.

Sekarang ini usaha rumahan makanan dan minuman merupakan jenis usaha yang paling banyak diminati karena selain modalnya kecil juga bisa memberikan untung besar. tidak heran bila ada saja bisnis kuliner baru yang muncul.

Buat kamu yang sedang ide usaha rumahan bidang kuliner, dibawah ini kami berikan beberapa contoh bisnis kuliner yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda untuk menciptakan ide bisnis baru yang lebih menjanjikan:

1. Kedai Sarapan Pagi

Bila rumah anda berada di pinggir jalan raya yang dilalui banyak orang maka Usaha kedai sarapan pagi bisa menjadi ide bisnis rumahan yang bagus. Tidak sedikit karyawan atau pegawai kantoran yang belum sarapan ketika berangkat bekerja sehingga mencari sarapan pagi diluar. Usaha ini cukup menjanjikan sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan mungkin bila ramai bisa menjadi penghasilan utama suatu saat nanti. Untuk memulainya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar apalagi lokasinya usaha di depan rumah. Anda bisa menjual berbagai menu sarapan pagi seperti nasi putih dengan lauk telor, ikan atau sayur. Bisa juga nasi uduk atau lontong yang juga banyak disukai orang sebagai menu sarapan.

2. Jualan Gorengan

Dari dulu hingga sekarang gorengan selalu disukai masyarakat baik anak-anak, tua maupun muda. Berbagai macam gorengan seperti tahu isi, tempe goreng, bakwan, pisang goreng, ubi goreng dan lain sebagainya merupakan gorengan yang umum dijual oleh pedagang. Meskipun sudah banyak penjual gorengan akan tetapi usaha ini masih cukup menjanjikan karena peminatnya yang sangat tinggi dari berbagai lapisan masyarakat. Nah, anda pun bisa mencoba membuka bisnis gorengan sebagai usaha rumahan. Untuk menarik konsumen anda bisa membuat sedikit kreasi seperi bakwan isi udang, tahu isi pedas, dan lain sebagainya. Kemudian sebagai pendampingnya anda buatkan kuah empek-empek atau kuah sate selain cabe dan sambal. Hal ini cukup ampuh menarik konsumen untuk membeli gorengan.

3. Usaha Kue dan Roti

Bagi para ibu yang memiliki keahlian dalam membuat kue atau roti maka usaha kue dan roti rumahan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Usaha ini juga tidak memerlukan modal terlalu besar apalagi untuk membuat kue anda bisa memanfaatkan alat-alat memesak yang sudah ada di rumah. Anda tinggal membeli alat yang belum ada saja. Anda bisa membuat berbagai macam kue mulai dari kue atau roti tradisional hingga kue modern yang sekarang digemari banyak orang.

4. Kedai Minuman Dingin

Kebutuhan minuman harus dipenuhi oleh setiap orang setiap hari sehingga menciptakan peluang besar untuk membuka bisnis kedai minuman. Minuman akan menjadi penyegar ketika orang sedang kehausan saat berolaharaga, saat jalan-jalan ataupun ketika melakukan aktivitas lainnya. Kita bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada dirumah untuk membuka untuk membuka kedai minuman seperti garasi atau halaman rumah. Kita bisa menjual berbagai menu minuman mulai dari minuman yang tidak dingin hingga minuman dingin. Pada musim panas usaha ini bisa sangat menguntungkan karena banyak orang mencari minuman segar dan dingin.


5. Usaha Kerupuk Rumahan

Kerupuk merupakan makanan ringan yang disukai semua orang dari segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kerupuk yang renyah bisa dijadikan sebagai camilan saat santai dan bisa juga dijadikan sebagai teman saat makan. Selain modalnya tidak terlalu besar membuat kerupuk juga tidak sulit. Selain itu memasarkan kerupuk juga sangat mudah karena disukai banyak orang. Usaha kerupuk rumahan bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk anda yang ingin memiliki usaha di rumah.

6. Usaha Katering

Bisnis katering merupakan salah satu bisnis yang tidak tergerus dimakan zaman. Sejak dahulu bisnis ini selalu ramai dan diminati masyarakat. Hal ini disebabkan banyaknya para ibu rumah tangga yang sibuk bekerja diluar rumah sehingga terlalu repot jika harus masak sendiri di rumah.

Selain itu banyak pula para karyawan yang akhirnya memilih memesan katering dengan berbagai alasan. Bisa menikmati makan siang saat istirahat tanpa harus antre menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk memesan katering. Makanan katering pun terjamin kebersihannya dibanding harus mencari makanan diluar kantor. Bahkan sekarang ini banyak pula masyarakat yang mengadakan acara pesta pernikahan atau kantor menggunakan jasa katering untuk menyiapkan makanan. Tidak heran jika usaha katering dilirik banyak orang karena cukup menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi usaha ini dapat dilakukan di rumah kemudian makanan diantarkan ke konsumen yang memesan makanan.

7. Usaha Rumah Makan

Usaha rumah makan banyak kita temui diberbagai tempat. Akan tetapi meski usaha ini sudah banyak tetap saja bisnis rumah makan menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi jika lokasi usaha strategis seperti dekat jalan raya yang merupakan jalan utama, dekat perkantoran atau kampus. Anda bisa membuka usaha rumah makan di rumah tentunya dengan menu yang berbeda dari usaha sejenis namun diminati oleh banyak orang. Akan tetapi untuk membuka rumah makan anda harus memiliki keahlian dalam memasak dan jika anda tidak ahli dalam memasak maka anda perlu mencari orang yang pandai memasak.

8. Makanan Khas Daerah

Salah satu usaha rumahan yang sedang trend sekarang ini dan menjanjikan untuk dijalankan adalah bisnis makanan khas daerah. Bisnis kuliner makanan khas daerah peluang bisnis yang bagus saat ini. Apalagi jika daerah anda merupakan salah satu tempat wisata yang dikunjungi banyak turis maka oleh-oleh khas daerah bisa menjadi buah tangan bagi mereka untuk dibawa pulang. Bahkan artis seperti Teuku Wisnu dan Dude Harlino pun membuka usaha kuliner makanan khas daerah.

Nah, itulah 8 usaha rumahan bidang kuliner yang menjanjikan buat kamu yang sedang mencari ide bisnis baru dan bagus untuk dijalankan. Semoga bisa menjadi refrensi buat anda semua yang sedang mencari peluang usaha khususnya di bidang kuliner.


tags: , , ,

Related Pos :