4 Tips Memulai Usaha Bisnis Online Modal Kecil

By Admin | bisnis

4 Tips Memulai Usaha Bisnis Online Modal Kecil

Tips memulai bisnis online ~ Harus kita akui bahwa saat ini mencari kerja cukup sulit, bukan hanya karena sedikitnya peluang kerja akan tetapi juga karena persaingan yang ketat antara sesama pencari kerja. Apabila anda kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan anda tak perlu khawatir karena sebenarnya anda bisa membuka peluang usaha sendiri seperti bisnis online modal kecil. sebagaimana kita ketahui saat ini internet menjadi media bisnis yang cukup populer sehingga tak heran kalau banyak yang membuka usaha dan memasarkannya secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Ketika kita berbicara tentang usaha bisnis online kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa ini ada kaitannya dengan modal finansial padahal banyak dari kita yang tidak memiliki modal finansial untuk memulai usaha. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar mengingat tidak semua jenis usaha membutuhkan modal yang besar. Faktanya ada beberapa jenis usaha online yang bisa dijalankan tanpa modal finansial terlebih bila usaha tersebut berupa jasa layanan.

Apabila anda memiliki modal yang terbatas namun anda ingin menciptakan lahan bisnis sendiri maka ada beberapa jenis usaha online yang bisa anda pilih dan anda jalankan, Salah satu bisnis jasa online yang bisa anda jalankan adalah bisnis jasa pembuatan website atau blog. Sebenarnya jenis usaha ini cukup sederhana namun bisa jadi sangat menguntungkan apabila anda menjalankan usaha dengan baik dan benar. Sudah barang tentu anda harus memiliki keterampilan yang cukup untuk membuat website atau blog sebagai modal utama anda. selanjutnya anda hanya membutuhkan seperangkat software atau hardware bila perlu untuk operasional bisnis anda.

Saat ini sudah banyak perusahaan besar maupun kecil yang mempromosikan usahanya secara online baik melalui internet atau blog maka dari itu anda sebenarnya sudah memiliki pangsa pasar yang cukup potensial. Tawarkan jasa layanan anda secara online kepada beberapa perusahaan. Layani permintaan pembuatan blog atau website dengan baik. Penuhi permintaan konsumen terkait desain, fitur dan layanan website atau blog. Berikan sedikit bonus atau diskon untuk menarik minat konsumen dan berikan layanan after sales kepada para konsumen sebagai rasa pertanggung jawaban anda kepada konsumen. Layanan after sales ini diperlukan karena masih banyak pengusaha yang kurang paham bagaimana menjalankan atau mengatasi masalah web atau blog yang anda buat tersebut.

Baca juga:

Kalau anda belum memiliki keterampilan yang cukup untuk membuat blog atau website yang bagus maka bisa menjalankan bisnis online lainnya. Ada banyak jenis bisnis di Internet dengan modal awal kecil seperti bisnis periklanan PPC dan affiliate. atau anda bisa membuat toko online dengan menjual produk orang lain dengan sistem dropship.

Bagaimana Memulai Bisnis Online ?

Buat anda yang ingin menjalankan bisnis di Internet berikut tips memulai usaha bisnis online modal kecil untuk anda :

1. Membeli Laptop dan Modem
Hal pertama yang harus anda persiapkan yaitu laptop atau komputer tapi jika sudah punya tentu bagus sebab anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. kemudian sambungan internet anda bisa membeli modem atau memasang speedy agar bisa terkoneksi dengan internet. Apabila anda belum memiliki laptop dan koneksi internet serta untuk membeli belum ada uang, anda bisa memanfaatkan warnet sebagai awal untuk belajar.

2. Mencari Info Bisnis Apa Yang Ingin di Jalankan
Sebelum memulainya tentu anda harus menentukan terlebih dahulu kira-kira bisnis seperti apa yang ingin anda jalankan. untuk itu anda bisa mencari info di Internet, apakah anda ingin menjual produk atau jasa, mau bisnis periklanan seperti PPC, bisnis affiliate dll. Anda bisa memelih bisnis online yang sesuai dan menurut anda mudah dilakukan sehingga nantinya tidak menyerah ditengah jalan.

3. Membuat Blog/ Website
Langkah awal dalam membangun bisnis online yang perlu dilakukan yakni membuat blog atau website. Pilih topik blog yang sesuai, misalnya topik yang berhubungan dengan keahlian dan minat sehingga lebih mudah dan lebih bersemangat dalam membangunya. Anda bisa memanfaat orang yang memiliki hobby dan minat yang sama dengan anda sebagai audiens.


Jika blog sudah jadi, buatlah menjadi ramai dan banyak pengunjung dengan berbagai cara yang bisa anda pelajari di Internet. Usahakan membuat blog yang profesional sehingga memberikan keuntungan jangka panjang. Kalau blog sudah ramai pengunjung anda bisa memanfaatkannya untuk memasang iklan baik itu Iklan produk sendiri atau menjadi Publiser bisnis PPC seperti Google adsense dan klik saya.

4. Membangun Toko Online
Bagi yang suka jualan produk nyata maka anda bisa membuat Toko online sendiri. Cara termudah membuat Toko online adalah dengan platform WordPres. toko online merupakan salah satu media promosi di Internet yang banyak digunakan untuk menjual produk nyata baik produk sendiri maupun produk orang lain. Lakukanlah riset dan carilah produk cepat laku dan dibutuhkan banyak orang sehingga mudah menjual produk tersebut, kita juga bersemangat dalam menjalankan bisnis online tersebut.

Menjalankan usaha atau bisnis dibutuhkan kemauan yang besar, keyakinan, kesabaran dan tidak mudah menyerah. Sebab kalau kita tidak memiliki semua itu bukan tidak mungkin usaha yang dijalankan nantinya berhenti ditengah jalan alias gagal. mungkin itu saja tips memulai usaha bisnis online modal kecil pada kesempatan ini. semoga bisa bermanfaat terutama untuk anda yang baru menjalankan bisnis internet.


tags: , ,

Related Pos :