3 Tahapan Cara Mendeteksi Gejala Penyakit Asam Urat

By Admin | kesehatan

cara mendeteksi gejala penyakit asam urat

Cara Mendeteksi Gejala Penyakit Asam Urat ~ Setelah kita mengetahui perbedaan mendasar antara asam urat dengan rematik, maka langkah selanjutnya sebelum melakukan pengobatan secara herbal, kita harus mampu mendeteksi berbagai gejala-gejala asam urat.

Mengenal gejala asam urat merupakan hal yang darurat untuk dilakukan. Bagaimana mungkin kita bisa mengatasinya, jika kita sendiri tidak mampu mendeteksi gejala-gejalanya. Ini artinya, mengetahui gejala penyakit asam urat sangat penting, baik bagi si penderita maupun orang yang tidak menderita.

Langkah mendeteksi semata-mata untuk mencegah dari ganasnya penyakit ini. Bagi seseorang yang sudah terjangkit salah satu gejala penyakit asam urat, maka akan memudahkan seseorang tersebut dalam melakukan antisipasi agar tidak menyebar pada gejala yang lain.

Baca juga : Apa itu Penyakit Asam Urat?

3 Tahapan Mendeteksi Penyakit Asam Urat

Gejala asam urat yang tidak segera ditangani dengan cepat akan menjadikan gejala penyakit asam urat yang kronis. Ketika sudah kronis tentu akan menyulitkan seseorang dalam proses penyembuhannya. Apabila salah satu dari tanda-tanda asam urat di bawah ini menimpa anda dan telah mempengaruhi tubuh anda, segeralah lakukan tindakan pencegahan melalui hidup sehat dengan olahraga dan diet yang teratur. Gejala penyakit asam urat sangatlah khas, ia memiliki tiga tahapan, yaitu sebagai berikut.

# Gejala Tahap I

Pada gejala tahap 1 ini, seringkali dinamakan dengan tahapan artritis gout akut (peradangan asam urat akut). Di mana para penderita akan mengalami serangan artritis. Serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan selama 5-7 hari. Karena cepat hilang, biasanya para penderita menduga kakinya keseleo, sehingga banyak yang mengabaikannya. Padahal, kondisi tersebut merupakan gejala dari asam urat.

Dokter pun terkadang tidak menduga bahwa penderita tersebut sedang mengalami gejala penyakit asam urat. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan gejala asam urat dengan sendirinya akan menghilang. Bukan berarti ini pertanda sembuh, sebaliknya kondisi ini baru gejala yang akan berdampak akut.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah pola gejala penyakit asam urat tahap 1 :

  • Pertama, ia mengalami serangan Artritis
  • Kedua, penderita akan masuk pada gout interkritikal.
  • Ketiga, pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu.
  • Keempat, jangka waktu antara seseorang dengan lainnya berbeda.
  • Kelima, Ada setahun, ada pula yang sampai 10 tahun rata-rata 1-2 tahun.
  • Keenam, Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan penderita lupa bahwa ia menderita artritis gout (gejala penyakit asam urat).

# Gejala Tahap 2

Memasuki gejala tahap 2, penderita asam urat biasanya terkena sindrom atritis. Tahap 2 ini, dalam dunia medis disebut dengan istila tahap artritis gout akut intermiten. Sebelumnya ditandai dengan melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun. Kondisi ini ditandai dengan serangan artritis (peradangan akut).

Adapun gejala asam urat tahap 2 ini memiliki pola sebagai berikut :


  • Pertama, ia mengalami artritis gout akut intermiten.
  • Kedua, penderita akan melewati gout interkritikal.
  • Ketiga, selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan semakin lama semakin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.
  • Keempat, pada tahapan ini penderita baru menyadari kalau dirinya sudah terkena gejala asam urat.
  • Kelima, Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit ketimbang pada tahap pertama.

# Gejala Tahap 3

Gejala asam urat tahap 3 disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus.

  • Pertama, penderita akan mengalami artritis gout kronik bertofus.
  • Kedua, penderita akan divonis positif apabila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih.
  • Ketiga, terjadi benjolan-benjolan disekitar sendi.
  • Keempat, tofus akan mengakibatkan kerusakan pada sendi.

Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Itulah uraian tentang 3 tahapan cara mendeteksi gejala penyakit Asam Urat. Nah, buat anda yang sering merasa nyeri pada sendi coba perhatikan dengan baik apakah anda mengalami asam urat atau tidak. Jangan dibiarkan saja sebab lama kelamaan bisa kronis.

tags: , ,

Related Pos :