21 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet

By Admin | manfaat

Manfaat Belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan – Belimbing wuluh adalah salah satu jenis belimbing yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah belimbing berwarna hijau ini bentuknya bulat lonjong seperti jari dan rasanya asam. Buah belimbing wuluh selain berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

21 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet

Nama ilmiah dari belimbing wuluh adalah Averrhoa bilimbi L. Sebutan dibeberapa daerah untuk buah belimbing ini adalah blingbing buloh (Bali), blimbing wuluh (Jawa Tengah), bhalimbhing bulu (Madura), belimbing asem (Melayu), limbi (Bima), limeng (Aceh), bainang (Makassar), dan uteke (Papua).

Buah belimbing wuluh karena memiliki rasa asam sering dibuat rujak atau asinan, bahkan bisa juga digunakan sebagai asam gulai. Jadi, Manfaat belimbing wuluh tidak hanya digunakan untuk mengobati penyakit, kecantikan dan membantu diet menurunkan berat badan.

#. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Belimbing wuluh memiliki rasa asam dan bersifat sejuk. Pada bagian batang mengandung saponin, tannin, asam format, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, dan peroksida. Pada bagian daun mengandung tarlin, sulfur, asam format, peroksidase, kalsium oksalat, dan kalium sitrat. Efek farmakologis belimbing wuluh, di antaranya menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, peluruh kencing, dan pelembut wajah.

#. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Bagian tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit adalah bunga dan buah. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah ini. Berikut ini adalah manfaat dari belimbing wuluh untuk kesehatan dan pengobatan:

1. Mengobati Batuk pada anak

Bila anak mengalami batuk, anda bisa menggunakan ramuan tradisional dari bunga belimbing wuluh untuk mengobatinya. Cara meramunya yaitu Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh dan 5 butir buah adas kemudian cuci bersih, lalu campurkan menjadi satu. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan 1 cangkir air matang lalu rebus. Setelah dingin, saring dengan sepotong kain untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam ketika perut kosong.

2. Mengobati Darah tinggi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi dapat diobati dengan ramuan tradisional belimbing wuluh. Cara membuat ramuannya yaitu Cuci bersih 3 butir buah belimbing wuluh lalu potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah tersisa 1 gelas biarkan sampai airnya dingin, kemudian saring hasil rebusan tersebut, lalu minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, minum 3 hari sekali dengan jumlah yang sama. Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Darah Tinggi

3. Mengatasi Pegal linu

Mungkin sebagian dari kita sering mengalami pegal linu pada tubuh akibat melakukan aktivitas yang berat. Nah, untuk menghilangkan pegal linu pada tubuh anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan ramuan dari daun belimbing wuluh. Cara membuat ramuannya adalah Ambil daun belimbing wuluh muda sebanyak 1 genggam atau sekitar 25 helai, 10 butir biji cengkih, dan 15 biji lada. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga menjadi bubur lalu oleskan ke tempat yang terasa nyeri.

4. Mengobati Penyakit Rematik

Siapa yang tidak tahu penyakit rematik? Penyakit yang sering menimbulkan rasa nyeri pada bagian sendi ini memang sangat mengganggu. Penyakit rematik banyak dialami oleh orang yang sudah berumur, tapi ada pula orang yang masih muda mengalami penyakit rematik. Salah satu obat tradisional untuk penyakit rematik ini adalah Belimbing wuluh. Cara membuat ramuannya yaitu ambil 1 ons daun muda lalu cuci bersih, tambahkan 10 butir biji cengkih dan 15 butir merica kemudian giling semua bahan tersebut sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga membentuk adonan lalu balurkan ke bagian tubuh yang terasa sakit.

5. Mengobati Sakit gigi berlubang

Bila gigi anda berlubang dan sering mengalami sakit gigi bisa mencoba ramuan belimbing wuluh untuk mengobatinya. Caranya ambil 5 buah belimbing wuluh kemudian cuci sampai bersih lalu makan dengan sedikit garam. Kunyah buahnya pada bagian gigi yang berlubang.Mudah-mudahan setelah mengunyah buah belimbing wuluh yang dicampur garam sakit gigi anda akan sembuh.


6. Mengobati Penyakit gondongan

Buah Belimbing wuluh sangat bermanfaat bagi penderita penyakit Gondongan. Buah ini berkhasiat mengobati penyakit Gondongan dan mampu meredakan peradangannya. Anda bisa memakan buah belimbing wuluh secara rutin untuk mengatasi penyakit gondongan.

7. Sebagai Antioksidan

Salah satu manfaat dari belimbing wuluh adalah sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker. Buah belimbing wuluh mampu menangkal efek radikal bebas yang membahayakan tubuh.

8. Untuk Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah dapat membuat tubuh mudah terserang berbagai jenis penyakit. Nah, khasiat dari belimbing wuluh ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dalam menahan serangan penyakit.

9. Mengobati sariawan

Bila anda terkena sariawan tidak perlu khawatir, untuk mengobatinya bisa menggunakan ramuan alami dari buah belimbing wuluh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada belimbing wuluh mampu meredakan sariawan yang anda alami.

10. Mengatasi diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula darah yang tinggi. Ada banyak ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes dan salah satunya adalah belimbing wuluh ini. Buah ini tidak mengandung banyak gula dan cenderung asam sehingga membuat kadar gula dalam darah menjadi rendah.

11. Mengatasi panu

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang membuat penderitanya merasa kurang percaya diri. Untuk mengatasi panu secara alami bisa menggunakan ramuan dari buah belimbing wuluh yang memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam buahnya. caranya oleskan belimbing wuluh yang sudah dihaluskan pada kulit yang terkena panu dan bisa juga dengan mengkonsumsinya untuk menyehatkan kulit dari dalam.

Baca juga: Manfaat Bidara Upas Untuk Pengobatan

#. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Wajah

Belimbing wuluh juga berkhasiat untuk kulit wajah seperti menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, komedo, dll. Anda bisa menggunakan masker alami dari belimbing wuluh untuk mempercantik wajah. Berikut beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan wajah:

1. Menghambat Proses Penuaan

Jika anda ingin tampil cantik dan awet muda bisa menggunakan belimbing wuluh yang diyakini mampu menghambat proses penuaan. Kandungan Vitamin C dan A yang terdapat dalam buah belimbing wuluh memliki manfaat sebagai antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas. Sebagaimana diketahui bahwa salah penyebab proses penuaan dini adalah akibat radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin dan mineral pada buah ini juga berkhasiat mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit wajah sehingga tampak awet muda.

2. Menghilangkan Jerawat

Bagi sebagian orang jerawat sangat mengganggu terutama bagi wanita karena dapat mengurangi kecantikan mereka. Nah, belimbing wuluh ini ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat diwajah, bagi anda yang sudah menggunakan berbagai jenis obat jerawat namun belum memperoleh hasil yang diharapkan bisa mencoba mengatasinya dengan ramuan tradisional belimbing wuluh. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 6-8 butir buah belimbing wuluh dicuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Campurkan ½ sendok teh garam, dan ¼ gelas air ke dalam hasil tumbukan belimbing wuluh lalu aduk ampai rata. Oleskan pada wajah yang berjerawat 3 kali sehari. Gunakan secara rutin hingga jerawat diwajah anda hilang.

3. Memutihkan Kulit Wajah

Bila anda ingin memutihkan kulit wajah secara alami agar tampil cantik mempesona, masker belimbing wuluh bisa dicoba. Kandungan Nutrisi yang terdapat pada belimbing wuluh ampuh dan efektif membantu memutihkan kulit wajah. Anda bisa memutihkan wajah secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4. Membantu Menghaluskan Kulit

Selain dapat memutihkan kulit pada wajah manfaat belimbing wuluh juga untuk menghaluskan kulit wajah. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini cukup efektif untuk membuat kulit wajah anda lebih halus dan bersih.

5. Mengurangi Minyak Berlebih

Salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah adalah akibat minyak pada wajah yang berlebih. Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya jerawat anda harus mengurangi minyak pada kulit wajah. Caranya bisa menggunakan masker dari buah belimbing wuluh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buahnya mampu mengkat dan mengurangi minyak pada wajah yang berlebih.

6. Membantu Menghilangkan Komedo

Komedo memang menjadi masalah yang sangat menggangu pada wajah. Namun, anda tidak perlu khawatir salah satu manfaat belimbing wuluh adalah bisa menghilangkan komedo pada wajah secara efektif. Anda bisa menghilangkan komedo baik hitam atau putih dengan menggunakan masker alami dari belimbing wuluh ini.

7. Mengecilkan Pori-Pori

Penyebab timbulnya jerawat di wajah juga bisa diakibatkan oleh kotoran atau bakteri yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengatasinya bisa menggunakan masker dari buah belimbing wuluh yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker belimbing wuluh mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah sehingga wajah bisa tampak kembali merona dan bersinar. Anda bisa mencoba menggunakan masker belimbing wuluh untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara alami.

9. Meronakan Warna Bibir

Manfaat Belimbing wuluh berkhasiat untuk meronakan warna bibir secara alami. Setiap wanita pastinya ingin memiliki bibir merona, karena akan terlihat segar dan menawan. Nah, belimbing wuluh ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat, karena mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk menjaga kesegaran bibir dan membuatnya terlihat lebih merah merona.

Kandungan nutrisi dalam buah ini yang mampu membuat bibir merona merah adalah vitamin C dan juga vitamin A. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sebelumnya pada bibir setidaknya dua kali dalam sehari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah ini dengan madu agar kulit mati pada bibir bisa terangkat. Dengan begitu, bibir akan terlihat segar dan merah alami.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh

Bagi anda yang ingin membuat masker dari buah belimbing wuluh untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah. Berikut cara membuat masker wajah dari Belimbing wuluh:

Bahan-bahannya:

  • 10 buah belimbing wuluh
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat masker:

  1. Pertama-tama cuci buah belimbing wuluh sampai bersih.
  2. Masukkan buah belimbing wuluh ke dalam blender dan air hangat secukupnya. Kemudian, blender sampai halus.
  3. Masker belimbing wuluh siap untuk digunakan.

Cara Menggunakannya:

  • Pertama Bersihkan wajah anda dengan air dan sabun pembersih wajah yang biasa anda pakai hingga benar-benar bersih.
  • Kemudian Keringkan wajah, setelah itu balurkan masker belimbing wuluh tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 10 menitan, kemudian gosok kulit wajah secara perlahan supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat.
  • Terakhir bilas wajah Anda menggunakan air yang mengalir.

Adapaun waktu penggunaannya adalah sesaat sebelum tidur. Mengapa demikian sebab pada malam hari, kulit wajah memiliki waktu untuk bernafas dan menyerap nutrisi yang lebih baik. Dengan begitu, pada keesokan harinya wajah anda akan tampak lebih cantik dan cerah.

#. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan yang berlebih belimbing wuluh bisa dijadikan sebagai menu tambahan diet anda. Belimbing wuluh mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Manfaat serat dapat menekan nafsu makan sehingga terhindar dari mengkonsumsi makanan berlebih sedangkan Manfaat vitamin C dari belimbing wuluh untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar lebih lancar sehingga dapat membakar lemak didalam tubuh secara optimal.

Itulah 21 manfaat belimbing wuluh untuk pengobatan penyakit, kecantikan dan diet. mungkin masih ada manfaat lainnya dari belimbing wuluh selain yang sudah kami sebutkan diatas. Jika anda mengalami salah satu penyakit seperti diatas bisa mencobanya dirumah. Demikianlah, semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terima kasih.


tags: , , ,

Related Pos :