20 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

By Admin | manfaat

minyak-zaitunMinyak zaitun merupakan salah satu minyak hasil olahan yang dihasilkan dari buah zaitun itu sendiri, dimana didalamnya terdapat berbagai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Khasiat dari minyak zaitun pun sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Kalian pasti mengenal Ratu Cleopatra yang merupakan ratu Mesir di zaman kuno yang
sangat terkenal akan kecantikan dan kemulusan kulitnya bukan? Dan apakah kalian tahu apa salah satu rahasia dari kecantikannya tersebut? Ya, tepat sekali, hal itu dia dapat tentunya hasil dari khasiat minyak zaitun. Jadi, tidak heran jika sampai saat ini banyak kaum hawa yang memanfaatkan minyak zaitun dalam memelihara kecantikan mereka.

Adapun beberapa kandungan yang terdapat dalam ekstrak minyak zaitun di antaranya yaitu, triasilgliserol yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat). Kadar omega 9 sekitar 55-83% dari total asam lemak. Karena lemak tersebut baik untuk tubuh sebab berjenis lemak tak jenuh tunggal, resiko tubuh teroksidasi lebih sedikit ketimbang omega-6 dan omega-3.
Kandungan lainnya yang terdapat di dalam minyak zaitun adalah vitamin E. Berfungsi untuk merawat rambut agar lebih sehat karena terus mendapat suplai nutrisi dari luar.
Berikut 20 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Menyehatkan Usus
Salah satu manfaat minyak zaitun yang dapat kita ambil yaitu dapat menyehatkan usus, dimana di dalamnya terdapat kandungan senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini sangat mempunyai peran penting untuk kesehatan usus karena senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia atau biasa dikenal dengan penyakit kekurangan darah.

2. Menangkal Radikal Bebas
Manfaat minyak zaitun yang lain adalah dengan adanya kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat mengupayakan tubuh dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi tidak seimbang sehingga dapat dengan ampuh menangkal serangan radikal bebas.

3. Mengurangi Peradangan Sendi
Disinyalir dari Majalah AMJ CLIN NUTR yang terbit pada bulan November 1999 M, bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien penderita sakit persendian yang berada di negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit peradangan sendi yang mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek yang manjur dalam mengurangi sakit radang sendi ini.

4. Mengurangi Resiko Kanker Rahim
Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen.

5. Mengurangi Resiko Penyumbatan dan Penebalan Pembuluh Darah
ternyata nutrisi yang terkandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi sedikitnya pengaruh negatif lemak dari dalam makanan yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya pembekuan darah, dan terlebih lagi dapat mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

6. Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag
Ternyata gizi yang ada di dalam minyak zaitun mampu memberikan efek positif untuk melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag.

7. Menghilangkan Penyakit Artritis
Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan dikonsumsi dalam campuran makanan atau dengan mengoleskan sedikit minyak pada otot atau sendi yang nyeri.

8. Mematikan Kutu Kepala
Penggunaan minyak zaitun untuk dijadikan minyak rambut yang terkena kutu, terbukti hanya dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

9. Menghilangkan Nyeri
Kandungan oleokantal yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang, hampir sama dengan penghilang rasa sakit yakni ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya. Selain menghilangkan nyeri manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa digunakan untuk obat lecet, luka bakar, luka sobek atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.


10. Mencegah Terjadinya Gejala Kanker
Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan antioksidan dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang di tubuh. Tidak heran jika manfaat minyak zaitun tentu bisa mencegah penyakit mematikan ini.

11. Menurunkan Kolestrol Yang Tinggi
Manfaat minyak zaitun lainnya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Di dalam zaitun sendiri juga terkandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghilangkan dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

12. Minyak Zaitun Sama Seperti ASI
Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak ada di dalam ASI tergolong jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak yang paling baik dan memang yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah salah satu lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun.

13. Menyehatkan Usus
Didalam minyak zaitun ternyata juga terdapat senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini sangat mempunyai peran penting untuk kesehatan usus karena senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia atau biasa dikenal dengan penyakit kekurangan darah.

14. Memberikan Kelembaban Alami Kulit
Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :
• Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitun
• Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

15. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada :
• manfaat kacang hijau
• manfaat anggur

16. Menghilangkan Noda Jerawat
Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

17. Mengatasi Wajah Berminyak
Berlebihnya jumlah minyak pada wajah dapat memperburuk penampilan seseorang, oleh sebab itu sangat penting mencari solusi sehat agar tidak lagi mengalami masalah tersebut.
Langkah utama yang bisa Anda coba adalah menggunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Kalau bisa lakukan saat wajah terasa lelah, biarkan masker menempel 15 menit lamanya. Terakhir basuh wajah untuk mengangkat masker menggunakan air dingin, keringkan wajah menggunakan tisu atau tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan.

18. Mengangkat Kotoran Di Wajah
Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, yang pastinya tidak luput dari serangan debu yang bertebaran yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, maka minyak zaitunlah solusinya. Pertama cuci wajah Anda menggunakan air hangat, hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori yang tertututp. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Jika sudah bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah mengecil.

19. Lotion Rambut Alami
Rambut yang sering mengalami pengeritingan, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut . Caranya :
• Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala
• Beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala
• Kemudian tutuplah rambut dengan handuk selama 10 menit
Kombinasikan pemakaian minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau dengan manfaat madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan.

20. Mengembangkan rambut secara alami
Melakukan perawatan rambut tidak selamanya harus pergi ke salon. Kamu bisa memakai campuran minyak zaitun dan madu untuk menjaga kesehatan rambut.
Siapkan sebuah mangkuk, masukan dua butir telur, dan kocok dengan menggunakan sendok.
• Tambahkan minyak zaitun satu cangkir yang sudah dicampur madu. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata, lalu diamkan 2 menitan agar kalis.
• Selanjutnya balurkan mulai dari akar sampai ujung rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan keramas.

Itulah 20 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, bagi Anda yang belum pernah mencoba khasiat dari minyak zaitun ini, mulai sekarang silahkan dicoba deh, tapi pastikan juga dalam memilih minyak zaitun sebaiknya yang sudah terjamin kemanannya. Selamat mencoba!


tags: , ,

Related Pos :