14 Manfaat Umbi Bidara Upas Untuk Pengobatan Penyakit

By Admin | manfaat

Manfaat Bidara Upas sungguh luar biasa untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. tidak heran jika tanaman ini sangat terkenal di dunia herbal. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah umbinya. Umbi bidara upas sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit serta gangguan kesehatan.

14 Manfaat Umbi Bidara Upas Untuk Pengobatan Penyakit

Gambar: manfaat umbi bidara upas

Umbi Bidara upas memang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati penyakit dan gangguan kesehatan. Mulai dari yang ringan seperti batuk dan tifus bisa diobati oleh tanaman ini. Selain itu Umbi tanaman bidara upas juga dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kencik batu, kanker, diabetes dan penyakit lainnya.

Ciri-ciri Kandungan Kimia dan Efek Farmakologi Bidara Upas

Tanaman Bidara Upas memiliki nama Ilmiah Merremia mammosa bahasa asingnya jujube atau Chinese date. Bidara Upas sebutan untuk orang Sumatera sedangkan di Jawa tanaman ini disebut Widara Upas dan di Ambon disebut Hailae. Tanaman Bidara upas disinyalir berasal dari Fhilipina kemudian menyebar keseluruh penjuru Dunia.

Ciri-cirinya batang kecil, licin dan berwarna gelap dengan tinggi bisa mencapai 6 meter. Bentuk daunnya mirip jantung berwarna hijau tua sedangkan Bunganya bergerombol, sekilas mirip seperti lonceng dan pada umumnya warna bunganya putih.

Bidara upas memiliki rasa pahit dan berifat sejuk. Bahan kimia yang terkandung dalam bidara upas, di antaranya dammar, resin, pati, dan zat pahit. Efek farmakologis bidara upas, di antaranya antiradang, menghilangkan rasa sakit, menghilangkan bengkak, pencahar, dan menetralkan racun.

14 Manfaat Umbi Bidara Upas Untuk Mengobati Penyakit dan Mencegah Gangguan Kesehatan

Manfaat bidara upas memang laur biasa untuk mengobati beberapa penyakit dan gangguan kesehatan. Berikut Manfaat Ubi bidara upas dan cara meramunya untuk pengobatan:

1. Mengobati Batuk rejan

Batuk rejan dapat diobati dengan Ubi bidara upas. Cara meramunya ambil 15 gr umbi segar bidara upas lalu cuci bersih kemudian parut. Setelah diparut tambahkan air sebanyak 2 sendok makan lalu peras hasil parutan tersebut kemudian saring untuk mengambil sarinya. Masukan air hasil saringan kedalam gelas lalu tambahkan 1 sendok makan madu kemudian minum sampai habis sebelum tidur malam. Lakukan secara rutin sebelum tidur malam dengan dosis yang sama.

2. Mengobati Berak berdarah dan berlendir

Apabila anda mengalami berak berdara dan berlendir bisa diatasi dengan minum air rebusan umbi bidara upas secara rutin. Cara membuatnya ambil 50 gr umbi bidara upas kemudian cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Tambahkan gula merah secukupnya setelah itu saring, lalu minum sedikit-sedikit sampai sembuh.

3. Mengobati Difteri

Umbi bidara upas berkhasiat mengobati penyakit Difteri. Carameramunya ambil dan Cuci bersih 60 gr umbi segar bidara upas, parut, lalu peras sampai diperoleh 100-150 ml air perasan. Gunakan air perasan yang diperoleh untuk berkumur-kumur selama 2-3 menit, lalu minum. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

4. Melawan Racun Gigitan ular

Salah satu khasiat dari Umbi bidara upas adalah dapat melawan racun gigitan ular sehingga bisa digunakan sebagai pengobatan awal ketika terkena gigitan ular sebelum mendapatkan bantuan medis. Cuci bersih umbi segar bidara upas secukupnya lalu parut. Setelah itu tempelkan hasil parutan ke bagian luka yang terkena gigitan ular lalu balut.

5. Mengobati Kencing manis (Diabetes)

Penyakit kecing manis atau Diabetes dapat diobati dengan ramuan tradisional umbi bidara upas. Cara membuat ramuannya yaitu Cuci bersih 50 gr umbi segar bidara upas, parut, peras. Setelah air perasan terkumpul sebanyak 50 ml, minum air perasan tersebut 1 kali sehari sebelum sarapan pagi. Lakukan secara teratur setiap pagi. Baca juga: Manfaat kulit Buah Manggis untuk Diabetes


6. Mencegah Kusta dan Kanker

Umbi bidara upas oleh banyak orang diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan kusta. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 15 gr umbi segar bidara upas kemudian cuci bersih lalu parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras kemudian saring untuk mengambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air perasan umbi bidara upas yang tersaring. Minum sekaligus air yang tersaring 2 kali sehari pagi dan sore. Baca juga: Manfaat Serat Buah Naga untuk Mencegah Kanker

7. Mengobati Luka Gores pada kulit

Apabila anda mengalami luka gores akibat terkena suatu benda untuk mengobatinya bisa menggunakan umbi bidara upas. Cara meramunya Ambil umbi bidara upas secukupnya kemudian Cuci dan iris tipis-tipis lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka.

8. Mengobati Muntah darah dan tifus

Untuk mengatasi muntah darah dan mengobati penyakit tifus gunakan ramuan tradisional bidara upas. Cara membuat ramuannya yaitu Cuci bersih 60 gr umbi segar bidara upas lalu parut hingga halus lalu peras untuk mengambil airnya. Minum sekaligus air perasan tersebut 1 kali sehari.

9. Mengobati Radang usus buntu

Salah satu sifat dari bidara upas adalah sebagai anti radang sehingga dapat digunakan untuk mengatasi radang usus buntu. Cara meramunya Cuci bersih 15 g umbi segar bidara upas, parut, lalu peras. Saring hasil perasan, lalu minum air yang tersaring sekaligus bersama 1 sendok makan air gula. Lakukan di pagi dan sore hari sebelum makan.

10. Mengatasi Penyakit Sifilis (syphilis)

Ramuan tradisional umbi bidara upas diyakini dapat mengatasi penyakit syphilis. Cara membuat ramuannya Cuci bersih 100 gr umbi segar bidara upas kemudian parut lalu tambahkan 2 sendok makan air matang setelah itu peras dan ambil airnya dengan cara disaring. Kemudian masukkan 1 sendok makan madu ke dalam air perasan umbi bidara upas. Bagi air yang tersaring menjadi tiga bagian yang sama banyak. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 bagian pagi, siang dan malam.

11. Mengobati kencing batu

Penyakit kencing batu memang sangat menyiksa penderitanya sehingga harus segera diobati. Nah, Untuk meluruhkan batu kandung kemih tersebut bisa menggunakan ramuan tradisional bidara upas. Cara membuat ramuannya yaitu Siapkan 10 gram umbi bidara upas, 15 gram daun keji beling dan 10 gram daun kumis kucing. ketiga bahan ini dicuci bersih, kemudian diiris-iris. langkah berikutnya, rebus semua bahan dengan 1 liter air, hingga air yang tersisa hanya 150 ml. Setelah itu biarkan airnya menjadi dingin, barulah kemudian saring. Bagi air rebusan tersebut masing-masing sebanyak 50 ml, minum 3 kali sehari pagi, siang dan malam.

12. Mengatasi luka bakar

Jika anda terkena luka bakar Untuk mempercepat proses pemulihan jaringan pada kulit bisa menggunakan umbi bidara upas. Caranya ambil umbi bidara upas secukupnya lalu Parut sampai halus, kemudian tempelkan pada pada kulit yang terkena luka bakar. Biarkan ramuan tersebut selama 30 menit, baru setelah itu dibilas dengan air bersih.

13. Mengatasi keracunan makanan

Ada sebagian orang yang menderita alergi terhadap jenis makanan tertentu, sehingga menimbulkan gejala seperti keracunan misalnya mual, pusing, dsb. Untuk mengatasi gangguan akibat alergi makanan, anda bisa menggunakan umbi bidara upas. Cara membuat ramuannya adalah Ambil umbi bidara upas secukupnya lalu Parut sampai halus kemudian peras untuk memperoleh ½ gelas sarinya. Setelah itu Minum airnya dengan segera.

14. Mengobati batuk kering dan radang tenggorakan

Radang tenggorokan dan batuk kering sangat menyiksa dan membuat aktivitas menjadi terganggu ditambah lagi Suara menjadi parau. Untuk mengatasinya gunakan umbi bidara upas. Caranya Sediakan 8 gram umbi bidara upas, 3 gram biji kapulaga, 3 lembar daun sirih, 6 gram kencur serta sedikit air. Semua bahan ditumbuk halus kemudian campur dengan air. Gunakan ramuan ini sedikit untuk berkumur dan sisanya diminum dua kali dalam sehari.

Itulah 14 manfaat umbi bidara upas untuk pengobatan dan mengatasi gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat. Anda bisa mencoba ramuan tradisional umbi bidara upas untuk mengobati penyakit yang anda derita.

tags: , ,

Related Pos :