13 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

By Admin | manfaat

manfaat-buah-pepayaBuah pepaya termasuk salah satu tumbuhan jenis genus yang berasal dari daerah Meksiko bagian Selatan dan Amerika Serikat bagian Utara. Bahkan penyebarannya pun sudah hampir mencakup seluruh daerah tropis di dunia. Buah ini juga termasuk salah satu tanaman yang mudah ditemukan, karena hampir di seluruh pekarangan rumah warga di Indonesia terdapat pohon pepaya.
Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin A-nya lebih tinggi dibandingkan dengan wortel dan kandungan vitamin C-nya yang lebih tinggi dari jeruk menjadikan buah ini memiliki khasiat antioksidan yang sangat ampuh.
Kadar protein dalam pepaya cukup rendah yakni 4-6 gram per kilogram berat buah. Kandungan enzim papain di dalam buah pepaya ini juga membuat buah ini mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dai ukurannya sendiri. Khasiat dari papain ini salah satunya adalah dapat memecah protein menjadi arginin yang merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Proses pembentukkan arginin dengan papain ini turut mempengaruhi kinerja Human Growth Hormone (HGH) yang berperan dalam meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Buah pepaya juga berperan sebagai antiseptik alami sehingga penggunaan pepaya sebagai alat kesehatan juga akan membantu meningkatkan kecantikan.
Berikut 13 manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui:
1. Menyehatkan pencernaan
Manfaat buah pepaya dalam menyehatkan pencernaan mungkin adalah salah satu khasiat dari buah pepaya yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan, pepaya memiliki kandungan papain yang mampu mengatasi masalah dalam sistem pencernaan, dan juga kaya akan serat sehingga membantu meminimalisir terjadinya sembelit.

2. Menyehatkan mata
Manfaat lain dari buah pepaya yaitu mampu membantu menjaga kesehatan mata, karena pepaya banyak memiliki vitamin A dan dapat menjadi beta karoten ketika dicerna oleh tubuh sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

3. Menyehatkan kulit
Pepaya memiliki beberapa kandungan zat nutrisi (papain) di dalam buahnya yang berfungsi membantu sel-sel kulit mati sehingga menjadikan kulit tampak lebih bercahaya dan dapat juga mencegah munculnya jerawat pada wajah.

4. Mencegah kanker usus
Manfaat buah pepaya selanjutnya yaitu dapat membantu dalam mencegah kanker usus besar, hal ini dikarenakan pepaya kaya akan serat serta memiliki kandungan zat lycopene.

5. Antiperadangan
Kandungan protein-enzim yang baik bagi pencernaan yang dimiliki pepaya (papain dan chymopapain) membuat pepaya menjadi buah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Selain dari pada itu pepaya merupakan buah yang baik untuk penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

6. Menurunkan berat badan
Adanya kandungan serat dan kadar air yang tinggi di dalam buah pepaya mampu menjadikan perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu dalam program diet Anda.

7. Mengurangi sakit osteoporosis
Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk adanya enzim inflamasi yang dapat meminimalisir perasaan sakit bagi orang-orang yang menderita osteoporosis.

8. Mencegah penyakit jantung
Kandungan enzim pada pepaya dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Seperti serat, kalium, dan vitamin, peningkatan asupan kalium yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang paling penting yang dapat mengurangi penyakit jantung.

9. Mencegah penyakit asma
Kandungan nutrisi (beta karoten) yang terdapat di dalam buah pepaya mampu membantu mencegah terjadinya penyakit asma. Hal ini terbukti, dari sekian banyaknya orang-orang yang mengkonsumsi pepaya cenderung lebih rendah terkena resiko penyakit asma dibanding yang tidak mengkonsumsi pepaya.

10. Mempercepat penyembuhan luka
Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

11. Baik dikonsumsi bagi penderita diabetes
Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.


12. Mencegah infeksi
Buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi mencegah terjadinya infeksi, pilek dan flu.

13. Kesehatan rambut
Buah pepaya dapat membantu mencegah terjadinya kebotakan, ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan pada rambut.

Itulah 13 manfaat buah pepaya bagi kesehatan. Nah, sekarang Anda sudah tahu kan, bahwa buah pepaya ternyata memang kaya akan manfaat. Jadi, mulailah jaga kesehatan Anda dengan mengkonsumsi buah pepaya, karena sehat itu mahal!

tags: , ,

Related Pos :